Sales

20 Cara Bikin Laris Warung Bebek dan Ayam Goreng

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 15 Maret 2023
Sumber Gambar: Canva.com

 

"Foodizz, saya punya bisnis tenda jualan ayam goreng dan bebek goreng, bagaimana yah kira-kira biar bisnis saya bisa lebih laris, banyak konsumennya, sehingga ke depan bisa berkembang banyak cabang"

Nah Sahabat Foodizz, cukup banyak pertanyaan sejenis yang Foodizz dapatkan selama ini, kali ini kita coba bahas yah 20 Tips Bikin Laris yang semoga bisa dimanfaatkan Sahabat Kuliner yang sedang menjalankan bisnisnya.

 

Setiap poin bisa diambil intisarinya, tidak semua harus dikerjakan, bisa pararel kerjakan dulu yang mana lebih possible untuk dijalankan, yang penting segera ACTION. Yuk kita mulai.

 

1. SAMBEL YANG ISTIMEWA BANGET

  • Coba riset dan buat sambel yang memang sangat istimewa
  • Misal menggunakan kombinasi bahan baku yang unik
  • Contoh sambal Seruit Lampung, Tempoyak Palembang, Sambal Kosek, dll
  • Kasih nama sambelnya yang unik dan mudah diingat
  • Lakukan dulu test konsumen terhadap rasa sambelnya
  • 30 - 50 konsumen, 80 persen wajib hasilnya bilang ENAK BANGET
  • Nah sambel ini yang akan diingat dan membuat konsumen balik lagi

 

2. PILIHAN MENU YANG BERVARIASI

  • Produk utama tentu ajah ayam dan bebek
  • Tentu perlu juga untuk menu-menu tambahan, seperti: tempe, tahu, usus, paru, dll
  • Menu ini agar konsumen tidak bosan tapi yang paling penting adalah
  • Menu ini bisa meningkatkan Penjualan (Up Selling)
  • Konsumen akan membeli Bebek + Tempe + Kol Goreng misalnya
  • Nah tentu ajah penjualan kita jadi bisa naik khan.
  • Menu minuman juga bisa jadi opsi, misalnya ada Es Jeruk, Lemon, dll
  • Bisa juga ada variasi sambel yang sudah disiapkan, selain sambel andalan.

 

3. LEVEL SERVICE YANG BEDA DENGAN PESAING

  • Akrab kan diri dengan pelanggan, misalnya dengan menyapa ramah
  • Pelanggan senang jika di sapa dengan ramah, sehingga mahal dikit ga apa-apa
  • Ini juga bisa membuat kita berbeda dengan pesaing
  • Senyum, senyum, senyum, dan tulus ini kuncinya
  • Rekrut karyawan yang memang ramah dan mudah senyum
  • Berikan dan wajibkan untuk selalu senyum dan menyapa pelanggan
  • Keramahan akan membekas dan lekat di hati, selalu ingat hal ini
  • Pelanggan bahkan dengan senang hati merekomendasikan brand kita

 

4. MENU KILLER DENGAN RESEP RAHASIA

  • Bisnis wajib punya menu WOW atau killer menu
  • Bisa dari bebeknya atau bisa juga dari ayamnya, salah satu
  • Misalnya bebek di kukus dengan rempah rahasia selama 12 jam
  • Sehingga rasa bebek atau ayamnya meresap, gurih, lembut, dan nikmat
  • Nah killer menu ini juga bisa dijadikan CERITA agar bisa dibicarakan
  • Resep sekarang sudah banyak di youtube, jadi rajin-rajinlah untuk dicoba-coba.
  • Killer menu harus BIKIN KANGEN, klo kangen konsumen jadi balik lagi

 

5. COLEK INFLUENCER ATAU AJAK KERJASAMA

  • Rajin-rajin ajak kerjasama atau undang influencer untuk datang
  • Bisa juga kita kirimin produk kita ke alamat mereka
  • Penting untuk punya CERITA / STORY yang menarik agar mereka mau datang
  • CERITA / STORY bisa dari sisi PRODUK bisa juga dari sisi EMOSIONAL
  • Beritahu mereka perjuangan, dedikasi, dan harapan Anda dgn bisnis ini
  • Jangan cepat menyerah jika tidak direspon, coba lagi.
  • Bisa juga tawarkan kerjasama bisnis atau bagi hasil

 

6. NAMA MEREK / BRAND YANG MENARIK DAN GAMPANG DIINGAT

  • BAKSO JANDA NGAMUK
  • SOP BALUNGAN DINOSAURUS
  • KOPI JANJI JIWA, KOPI KENANGAN
  • BEBEK GORENG LAS VEGAS
  • Intinya buat nama yang tidak "wajar" sehingga mudah diingat
  • Nama harus UNIK, menarik, out of the box, tapi jangan SARA
  • Nama yang unik akan memudahkan brand kita jadi dikenal
  • Nama brand juga sebaiknya dilekatkan dengan produk utama, contoh di atas

 

7. BUAT TAGLINE YANG MENGGODA DAN GAMPANG DIBACA

  • Kalimat penguat "tagline" itu penting sekali bagi kuliner UMKM
  • SOTO PA MAMAT, Jagoan Soto Koya.
  • SOP BUNTUT DIPATIUKUR, Dagingnya Lepas Lepas
  • BLACK HOLE COFFEE, Nongkrong, Kerja, 24 jam
  • AYAM GORENG HJ.Cuan, Garing sampe tulang-tulangnya
  • Kambing Bakar Kairo, Terenak no 2 di Timur Tengah
  • Tagline memperjelas kita bisnis apa
  • Tagline juga memperkuat KEHEBATAN brand kita apa
  • Tagline mempermudah konsumen inget dengan kekuatan brand kita
  • Tagline biasanya diletakan dibawah nama brand menjadi satu kesatuan

 

8. WARNA ATAU BENTUK TENDA ATAU OUTLET YANG BERBEDA

  • Salah satu cara membuat kita BERBEDA adalah dari sisi warna atau bentuk.
  • Hal ini penting agar tenda atau toko kita lebih mudah dikenali
  • Misalnya spanduk warna stabilo (hijau menyala) Sop Ayam Pak Min
  • Nah klo kita ke Yogya, udah biasa tuh liat spanduk sop ayam Pak Min
  • Contoh kita jualan Ayam Bakar, Spanduknya Warna PINK
  • Contoh lain, sering liat Holand Bakery khan, nah langsung kebayangkan
  • Contoh lain toko bahan bangunan WA WA WA di Yogya yg unik
  • Intinya hal ini akan cepat membuat konsumen MENGENALI brand kita.

 

9. SIAPKAN DAN BANGUN CERITA TENTANG KAMU

  • Konsumen senang dengan CERITA, apalagi yang menginspirasi
  • Gali cerita yang bisa kita tampilkan, sesuatu yg jujur
  • Misal cerita perjuangan kita dalam menjalankan bisnis
  • Cerita bagaimana kita menciptakan RESEP andalan kita
  • Cerita bagaimana kita memilih bahan baku terbaik dan khas
  • Cerita perjuagan kita untuk membuka lapangan pekerjaan
  • Cerita itu original, membuat jadi sulit ditiru oleh kompetitor
  • Cerita juga membuat konsumen terdorong memberikan SUPPORT untuk kita
  • Jadi, carilah CERITA yang bisa DIJUAL

 

10. HARGA DAN PORSI YANG BERSAING

  • Suka tidak suka target market tenda memang concern terhadap harga
  • Tidak semua, tapi sebagian besar tentu harga jadi pertimbangan
  • Tapi tidak berarti kita harus menjual paling murah
  • Tapi tidak juga menjadi terlalu ekstrim berbeda dengan pesaing
  • Ketika kita punya KILLER MENU, SPECIAL MENU, bisa jual lebih mahal
  • Ketika kita punya LAYANAN lebih baik, boleh juga lebih mahal sedikit
  • Ketika tempat kita BERSIH, STAINLESS, justru jualah sedikit lebih mahal
  • Munculkan persepsi KUALITAS yang membuat konsumen mau spending lebih mahal
  • Tetap diikuti dengan PORSI yang sesuai harapan konsumen

 

11. HALAL DAN BERSIH JADI KEUNGGULAN

  • Kadang warung tenda punya isu soal kebersihan
  • Nah ini justru bisa kita manfaatkan untuk jadi kelebihan kita loh
  • Misalnya, gunakan meja, dll stainless food grade dan infokan ke konsumen
  • Memang investasi lebih mahal, tapi anggap ajah biaya marketing
  • Konsumen jadi tidak ragu lagi soal kebersihan produk kita
  • Hal ini juga bisa jadi NILAI JUAL buat di viralkan
  • "Pecel Ayam di sini pake stainless food grade loh, keren banget"
  • Selain itu hal penting juga urus HALAL, memang sulit untuk tenda
  • Tapi coba dulu ajah usahakan, klo bisa dapet bakal keren banget deh.

 

12. ADA ALTERNATIF PEMBAYARAN (cash, QR, transfer)

  • Jaman sekarang punya opsi buat pembayaran itu penting banget
  • Konsumen kadang suka tidak bawa cash, apalagi di perkotaan
  • Duitnya ada tapi di dompet digital (GoPay, OVO, dll)
  • Nah minimal bisa transfer bank, biar gampang lagi pake QR scan
  • Tinggal tempel di meja, kemudian konsumen scan buat bayar
  • Usaha sedikit coba buat rekening di bank dan ajukan untuk QR
  • Klo ga punya rekening yah dibuat, bisa milik suami, atau milik istri
  • Konsumen bisa cancel beli loh gara-gara ga bisa bayar pake QR
  • Pun klo masih banyak cash nya, khan ga ada salah juga punya

 

13. PILIHAN PACKAGING ATAU KOTAK MAKANAN

  • Biasanya di warung tenda, bungkusnya pake kertas coklat minyak
  • Ga masalah tetep punya dan dipakai secara umum
  • Tapi coba punya juga pilihan kotak yang lebih bagus dan menarik
  • Tujuannya untuk catering, nasi box, event, dll
  • Jangan sampe produk kita enak tapi orang ga order karena box nya jelek
  • Kotak makanan yang bagus juga meningkatkan IMAGE brand kita
  • Bahkan jika kita rame, box nya bisa dikasih oleh sponsor loh
  • Jadi coba di design dan di cetak box versi lebih bagusnya

 

14. PAKE APLIKASI P.O.S (POINT OF SALES)

  • Usahakan biarpun tenda sudah pake P.O.S untuk catat transaksi
  • Hal ini penting agar bisnis kita jadi rapih dan teratur
  • Apalagi kita mau berkembang misalnya jadi 3-5 tenda atau toko
  • Akan sulit diawal untuk adaptasi, tapi setelahnya akan sangat membantu
  • Paksakan karyawan untuk disiplin, wajib bayar pake P.O.S
  • Nanti kalo sudah 2-3 cabang (amin) nah manfaatnya makin kerasa
  • P.O.S juga membuat kita punya track record transaksi
  • P.O.S sekarang banyak yg ringan pake tablet atau HP

 

15. BELAJAR DAN GUNAKAN SOCIAL MEDIA

  • Mainkan social media karena ini cara paling murah untuk promosi
  • Instagram dan TikTok wajib mulai dipelajari dan digunakan
  • Instagram lengkapi dgn produk, kontak HP booking order dan alamat jelas
  • TikTok gunakan untuk NGONTEN setiap hari, kontennya posting juga di IG
  • Buat konten sehari-hari ajah, lagi masak ayam, konsumen rame, dll
  • Konten KEUNGGULAN produk, kebersihan outlet (stainless) juga bisa dipake
  • Kalo blom sanggup bayar karyawan, kerjakan sendiri sambil kerja
  • Bisa juga minta tolong anak mahasiswa magang untuk bantu NGONTEN

 

16. KENALI KONSUMEN & PUNYA DATABASE KONSUMEN

  • Kenal dengan konsumen akan membuat konsumen senang kembali lagi
  • Jadi coba latih karyawan untuk menghafal konsumen yang sering datang
  • Eh bro Alex "biasa bro, ayam goreng paha 2 buah?"
  • Database bisa dalam P.O.S atau juga sekedar no WA
  • Apalagi database yang biasa order nasi box
  • Dengan punya database biaya marketing promo kita bakal lebih murah
  • Secara berkala coba konsumen di sapa melalui WA
  • Sekalian juga kasih benefit nya yang dapet WA ini diskon 20%

 

17. SEGERA ACTION

  • Nah, jangan dibaca ajah, segera lakukan action
  • Tidak penting mulai nomor yang mana, yang penting adalah memulai
  • Cari yang paling gampang dan cepat untuk dilakukan
  • Buat rencana sederhana waktu setiap poin yang ingin dikerjakan
  • Konsisten kerjakan jika sudah ada rencananya
  • Bagi tugas atau bisa juga minta bantuan untuk mengejakan setiap poin
  • Jika ada yang belom sesuai rencana, lakukan perbaikan, bukan berhenti

 

18. SEDEKAH DAN BERDOA

  • Ikuti semua ikhtiar yang ada dengan perbanyak sedekah dan berdoa
  • Sedekah dan berdoa artinya kita melibatkan Invisible Hand
  • Ada hal yang tidak bisa dicapai dan diukur dengan rencana matang
  • Karena itu kita akan selalu butuh Allah untuk hasil terbaik
  • Selain tentu bukankah ini yang menjadi tujuan bisnis? yaitu IBADAH
  • Sedekah dan doa juga menjaga bisnis kita Insya Allah diberkahi

 

19. PASRAH DAN TETAP SEMANGAT

  • Apapun hasilnya, Insya Allah pasti yang terbaik untuk kita saat ini
  • Jangan patah semangat jika blom berhasil
  • Perbanyak syukur dan berbagi ketika terlihat hasil
  • Pada akhirnya tugas kita adalah BERUSAHA memberikan yang terbaik
  • Hasil akhir bukan lagi jadi tugas kita
  • Percayakan ajah sama ALLAH

 

20. BAGIKAN LAGI ILMUNYA

  • Nah jangan lupa, bagikan juga ilmu ini jika berguna
  • Agar temen-temen lain juga bisa mendapatkan manfaatnya
  • Bukan hanya bisnis kita berkembang, kita juga bantu bisnis lain maju
  • Dan jangan takut bersaing karena ilmunya dibagikan ke temen-temen lain
  • Karena rezeki sudah di atur sama Allah sesuai kadar dan usahanya

 

Sahabat Foodizz, semoga bahasan kali ini bermanfaat buat sahabat semua dan saling mendoakan untuk kebaikan kita semua, bisnis Sahabat Foodizz berkembang, pun demikian Foodizz Academy juga bisa terus berkembang dan menjadi manfaat bagi Sahabat Kuliner semua.

 

#Penjualan
#Sales

 

Baca juga artikel menarik lainnya:
10 Cara Meningkatkan Omset Warung Pecel Lele

10 Tips Sukses Launching Warung Makan atau Resto

 

www.foodizz.id
1st F&B Edtech in Indonesia

www.sekolahkuliner.com
Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol

https://lms.foodizz.id/
Aplikasi Training & Edukasi Perusahaan

 

*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.

 

Jadi Member Foodizz klik disini I Belajar SEKOLAH BISNIS KULINER klik disini
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru