Mindset

10 Cara Meningkatkan Omset Warung Pecel Lele

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 30 Desember 2022
Sumber Gambar: Canva.com

 

"Halo Foodizz, saya punya warung tenda pecel lele, bagaimana yah biar lebih laku dan lebih banyak konsumen yang datang?"

Banyak sekali pertanyaan dari seperti ini yang didapatkan oleh Foodizz selama ini, pertanyaan dari temen-temen UMKM Mikro yang memang bisnisnya bisa dibilang lebih "sederhana", menggunakan tenda atau gerobakan, biarpun blom tentu yah omsetnya sederhana hehe, ada juga tendaan omset bisa belasan juta per hari.

 

Nah kesempatan kali ini, Foodizz akan coba ulas tentang bagaimana kita bisa meningkatkan penjualan, di mana bisnis kita memang mikro dan modelnya warung tenda yang biasa kita lihat di berbagai lokasi di Indonesia.

 

1. Berani Tampil Beda

  • Kasih nama brand yang unik dan menarik
  • Tendanya warna pink misalnya, sehingga menarik perhatian
  • Kostum / seragam karyawan dibuat keren seperti barista coffeeshop 
  • Alat-alatnya pake stainless agar memiliki persepsi bersih
  • Ada musik kekinian (yangs edang viral di TikTok)

"Wah beberapa ide butuh modal tuh Foodizz", yes memang betul, klo misalnya ada sedikit budget mengapa tidak, jikapun blom cukup budget, bisa pake ide-ide lain yang lebih sederhana dulu, misalnya pake kaos pink, dll. Intinya cobalah tampai BEDA, punya DIFFERENTIATION (perbedaan) di bandingkan dengan pesaing.

 

2. Punya WOW Factor

  • Menu yang WOW (lele goreng crispy)
  • Sambel yang WOW (sambel kosek)
  • Packaging yang WOW (warna shocking pink)
  • Pecel lele bayar pake QRIS (tinggal diajuin ke bank)
  • Jualan ayam kampung hitam, batasi ajah jumlahnya.
  • Nasi paket lele filet cuma 5.000 an

Poin utamanya adalah coba buat sesuatu yang orang akan bilang WOW, dan kemudian faktor WOW inilah yang bisa jadi KONTEN dan DIKONTENKAN oleh banyak orang. Jika WOW factor di kontenkan sama orang, kita bisa mendapatkan promosi gratis yang bisa juga terjadi viral.

 

3. Buat STORY / CERITA yang menggugah

  • Dipecat dari kerjaan kemudian mendirikan bisnis pecel lele
  • Buat bisnis pecel lele untuk membuka lapangan pekerjaan
  • Beli langsung dari petani lele sehingga kehidupan mereka lebih baik

Cerita / story yang menarik bisa membuat VIRAL effect di social media seperti TikTok. Reels dan Youtube jadi penting sekali untuk membangun CERITA yang sedikit di dramatisir sehingga menarik untuk diikuti kisahnya.

"Bangun persepsi ini lele yang memang bersih dan organik"

 

4. Layanan yang ramah dan istimewa

  • Sapa konsumen dengan ramah dan asik
  • Ingetin nama konsumen yang sering datang kembali
  • Tanya kepuasan konsumen dan masukannya
  • Kasih hadiah yang mengejutkan sekali-kali (misal: free es teh manis)

Layanan adalah kunci penting dalam persaingan bisnis, konsumen akan senang untuk kembali datang jika mendapatkan layanan yang ramah apalagi memang produk kita enak. Selain mereka datang lagi, yg terpenting juga mereka akan dengan senang hati merekomendasikan brand kita ke orang lain. Layanan yang ramah dimulai dari DIRI ANDA SENDIRI, yuk coba PRAKTEKIN dan kasih CONTOH ke karyawan agar mereka juga jadi terbiasa.

 

5. Main social media khususnya TikTok

  • Rajin-rajin ngonten kegiatan di warung
  • Pas belanja di pasar bisa jadi konten juga
  • Konten petani lelenya
  • Buat juga konten uji coba resep
  • Konten testimonial / tanya konsumen

Jaman sekarang konten adalah kunci untuk membuat promosi yang murah namun punya dampak besar terhadap bisnis kita khususnya konten yang kita publikasikan di TikTok dan Reels Instagram. Lakukan ajah secara konsisten, ga usah mikirin viral atau tidak, karena kegiatan sehari-hari yang kita lakukan

 

6. Colek influencer untuk datang

  • Sapa (via Direct Message Instagram) influencer / KOL
  • Ceritakan WOW factor atau story yang kita miliki
  • Ajak mampir dengan ramah
  • Kirimin produk andalan jika blom sempat mampir
  • Lakukan secara konsisten, jangan cepat menyerah

Jika influencer datang, maka kita bisa mendapatkan publikasi yang cukup luas dan gratis tentunya (mungkin modal makanan ajah) dan hal ini sangat penting bagi bisnis kita tentunya.

 

7. Terima order WA (box) & online

  • Tulis di tenda, terima order catering / kantor / box
  • Kasih kartu nama sama yang sedang makan
  • Minta tolong ke konsumen untuk kasih rekomendasi ke temennya
  • Siapkan paket nasi box yang menarik
  • Pastikan no WA di balas dan di respon dengan cepat

Ratusan atau ribuan konsumen yang datang setiap bulan ke warung tenda kita bisa jadi punya potensi order nasi box untuk kegiatan acaranya, jadi pastikan mereka tau kita juga terima order nasi box atau order skala besar.

 

8. Banyakin ilmu bisnis

  • Luangkan waktu untuk belajar (dari Youtube Channel Foodizz)
  • Jika ada program Pemerintah diikuti untuk membangun wawasan dan memperkenalkan bisnis kita.

Ilmu adalah kunci untuk mengangkat derajat kita dan mendekatkan kesempatan untuk kita bisa berhasil walaupun bisnis dimulai dari warung tenda. Banyak sekali ilmu yang gratis saat ini melalui channel-channel youtube, group telegram, atau WA yang dapat dimanfaatkan. Luangkan waktu.

 

9. Miliki foto & design yang menarik

  • Foto yang menarik mengundang selera
  • Makanan jadi terlihat enak karena foto yang bagus
  • Coba cek jasa foto di daerah kita, apakah terjangkau
  • Jika tidak, coba tawarkan bayar dengan voucher makan

Foto yg menarik sangat penting dalam bisnis kuliner, sehingga coba usahakan untuk bisa memilikinya, sisihkan sedikit budget juga boleh untuk bisa mendapatkan beberapa stok foto yang bisa digunakan di buku menu, sosial media, dan WA.

 

10. Sedekah & berdoa

  • Sisikan sedikti rezeki untuk bersedekah
  • Tiap Jumat misalnya berbagi 10-20 box
  • Discount khusus buat yang berpuasa Senin-Kamis
  • Selalu banyakin doa dan jangan tinggalkan ibadah

Dalam bisnis itu selalu ada "pertolongan Allah" bagi yang percaya, setidaknya apa yang kita hasilkan adalah sesuatu yang berkah, tentu lebih luar biasa lagi ketika dibarengin juga dengan rezeki yang besar. Mintalah pertolongan yang Di Atas melalui sedekah dan doa setelah semua kerja keras yang kita lakukan.

 

Nah Sahabat Foodizz semua, semoga bermanfaat yah, yuk pratekin.

 

Oh ya Januari 2023 ini, Foodizz akan ada kelas signature nih:

DENGAN BERBAGAI STUDI CASE TERBARU, MBK 24 NOW COMING IN BANDUNG!

1000 Alumni lebih yang sudah mengikuti Memulai Bisnis Kuliner dari Nol (MBK) yang saat ini memasuki angkatan ke 24, mulai dari brand seperti Haus, Waroeng Steak, Kabobs yang sekarang berkembang sangat besar, Andakah selanjutnya?
 

Belajar dan sharing selama 4 Hari Full materi Bisnis Kuliner Terupdate dan Terbaru: 

  • Idea, Business Model & Marketing 
  • Social Media, Promotion & Multi Channel Sales 
  • Operation, COGS, Supply Chain & Human Resources 
  • Financial & Investment 
     

Akan dibahas juga 8 IDE BISNIS 2023 dan dapatkan contoh FINANCIAL PROJECTION dalam mencari investor.

  • 4 Hari Full Day 
  • 11 - 14 Januari 2023
  • Bandung
     

Yuk berkoneksi & kolaborasi dengan pebisnis kuliner lainnya dari berbagai daerah!

Segera daftarkan diri Anda karena seatnya terbatas

https://bit.ly/mbk_24
https://bit.ly/mbk_24

atau hubungi WA CS Foodizz di 0813-1214-7974 atau Dm Instagram Foodizz di @foodizz.id atau klik foodizz.id/csfoodizz sekarang juga!

 

Semoga Bermanfaat & Keep Learning

 

www.foodizz.id
1st F&B Edtech in Indonesia

www.sekolahkuliner.com
Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol

www.vendorkuliner.com
Pusat Informasi Vendor Kuliner Terkurasi

*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.

 

Jadi Member Foodizz klik disini I Belajar SEKOLAH BISNIS KULINER klik disini
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru