Digital Marketing

Nge BOOMING in Bisnis Kuliner melalui KOLABORASI dgn IKOBE (Influencer/ Key Opinion Leader/ Buzzer)

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 29 Juli 2021
Sumber gambar: pixabay.com

 

Salah satu cara cepat untuk BOOMING dalam bisnis kuliner adalah dengan bekerjasama dengan Influencer/ Key Opinion Leadear/ Buzzer, kita singkatkan dengan IKOBE, baik itu booming untuk bisnis yang baru maupun misalnya dalam taktikal program seperti launching produk baru.

 

Mengapa IKOBE sangat strategis dalam mem BOOMING kan bisnis kuliner kita?

  • IKOBE punya follower/ fanbase (FF) yang biasanya memang sudah cukup besar.
  • IKOBE biasanya cukup kuat dari sisi engage dengan FF, hal ini bisa di cek dengan data analyticnya.
  • IKOBE juga biasanya punya relevansi cukup tinggi dengan bisnis yang kita jalankan, misal sama-sama di bidang kuliner.
  • IKOBE juga cukup banyak insight untuk bisa membuat bisnis berkembang lebih cepat dan booming dalam waktu singkat, apalagi memang bisnis baru dengan product dan brand yang menarik


Nah temen-temen kuliner, kolaborasi dengan IKOBE sebetulnya solusi yang sangat membantu jika temen-temen memiliki keterbatasan dana dan tidak terlalu paham tentang strategi komunikasi branding, khususnya ketika ingin memulai bisnis kuliner loh.


Contoh, misalnya Nyapii (Sei sapi) yang ketika launching menggandeng dan berkolaborasi dengan Edho Zell, yang dalam waktu singkat langsung booming dan dalam beberapa bulan cabangnya langsung berkembang lebih dari 20 di berbagai daerah.

 

Pertanyaannya, gimana biar bisa kerjasama dengan IKOBE dan bentuk kerjasamanya seperti apa yah? Yuk kita bahas satu per satu biar lebih jelas.

 

A. Gimana caranya agar bisa kerjasama?

  1. Cari IKOBE di daerah kamu lewat Instagram/ TikTok/ Facebook.
  2. DM (Direct Message) or call mereka melalui sosmed tersebut. Jangan malu atau sungkan, ingat kita mau nawarin KOLABORASI kok.
  3. Ajak bertemu atau undang ngopi-ngopi untuk bisa ngobrol lebih detail.
  4. Infokan ke IKOBE kita pengen ketemu untuk bahas bisnis bareng dan juga kemungkikan placement (pasang iklan), info pasang iklan ini strategi ajah biar IKOBE nya lebih tertarik ketemu hehe..
  5. Siapkan penawaran dan ide kolaborasi kita.
  6. Ketika ketemu, gali juga insight-insight dan informasi-informasi terkait dengan dunia bisnis kuliner.

 

B. Gimana bentuk kerjasamanya?

  1. Paling awam yah pasang iklan di mereka, tapi ini lebih kerjasama bisnis as usual ajah, kolaborasinya lebih ke develop konten yang bisa membuat bisnis/produk kita lebih booming. Poin 1 ini diistilahkan KOLABORASI BUAT KONTEN.
  2. KOLABORASI BISNIS BARENG, artinya kita dan IKOBE punya saham (bisnis bareng) dengan KPI masing-masing tentunya, misal mereka punya kewajiban socmed handling, posting di akun mereka, dan juga ngeboomingnya bisnis bareng kita ini.
  3. KOLABORASI REVENUE SHARING, artinya kita sepakat dengan IKOBE misalnya untuk launching sebuah menu atau launching bisnis dengan sistem bagi hasil dari SALES dalam periode tertentu (misalnya 3 bulan). Nah di sini temen-temen kuliner bisa hemat budget banget dan lebih punya peluang untuk booming, apalagi kalo ga paham soal branding.

 

Nah temen-temen kuliner, semoga artikel di atas memberikan inspirasi buat temen-temen untuk bisa nge booming in bisnis/produk nya, tidak terlalu sulit khan, yang pernting persistance untuk terus dicoba dan diusahakan, tentu akan ada penolakan, mungkin dari beberapa IKOBE tapi jgn cepet nyerah, sejelek-jelek nya klo di tolak khan tetep dapet temen dan kenalan baru, plus dapet insight-insight.

 

Selamat Pagi

Let's get SCALE

 

Foodizz Team

#keepsharing

#keeplearning

#spreadknoweledge

 

Baca juga artikel menarik lainnya:

Hindari Boncos Waktu Nge-Endorse Dengan Memperhatikan 7 Hal Penting Berikut!

8 Tips Membangun Relasi dengan Influencer

 

Semoga Bermanfaat.

Foodizz
1st F&B EduTech in Indonesia
Belajar Bisnis Kuliner ..... Yah di Foodizz.

www.foodizz.id
www.sekolahkuliner.com
Join Telegram Group di t.me/foodizzid

 

*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.

 

Jadi Member Foodizz klik disini I Belajar SEKOLAH BISNIS KULINER klik disini
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru