Marketing

Menu Viral, Riding the Wave or Hell NO - Part 2

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 27 Desember 2023

 

 

"Wah lagi ada menu yang lagi viral banget nih cromboloni, gila orang sampe antri-antri berjam-jam buat dapetin produknya dan juga teryata di bakery / coffeeshop lain juga banyak yang ikut viral manfaatin menu ini" ..... Sering yah kita mendapatkan atau melihat informasi terkait sesuatu yang viral di dunia F&B, sayangnya kadang kala kita telat untuk memutuskan atau bahkan tidak paham juga harus ngapain, sehingga akhirnya lewatlah moment ini, kita melihat orang berpesta-pora dengan omset dan exposure, kita nya hanya jadi penonton.

Jika bisnis kita kebetulan dalam kategori yang sama seperti contoh kasus cromboloni, tentu saja hal ini bisa jadi LOST OPPORTUNITY yang besar bagi brand dan bisnis kita (baca part 1: Menu Viral Cromboloni, Riding the Wave or Hell NO? di sini).

So, sebagai business owner, jika kita mendapatkan informasi menu viral dari tim kita atau dari yang kita lihat sendiri di berbagai media seperti TikTok dan Instagram, apa sih yang harus kita lakukan agar kita jangan sampai ketinggalan "pesewat"? Di mana akhirnya malah brand lain yang menuai omset dan traffic yang sangat besar? Yuk coba kita bahas.

 

1. Putuskan Dengan Cepat

  • Putuskan segera apakah kita akan mengeluarkan menu ini atau tidak
  • Segera lakukan management meeting untuk dibahas
  • Jangan lebih dari 1 minggu setelah ada yang viral, segera putuskan!
  • Ada resiko apakah betul akan memberi impact atau tidak
  • Tapi lebih rugi jika ternyata trendnya meledak dan waktunya panjang
  • Jadi hati-hati kehilangan moment menu viral ini
  • Resiko menu tidak terlalu heboh dan viral tidak terlalu lama
  • Tinggal kita batasi resiko, jangan stock inventory berlebihan

 

2. Lakukan Riset Online dan Offline

  • Lakukan riset terkait menu yang lagi viral/trend
  • Lakukan riset di social media TikTok dan Instagram
  • Liat seberapa massive penyebaran kontennya
  • Pantau juga percakapan target market terkait menu tersebut
  • Pantau brand yang pertama kali memviralkan, apakah brand yang kuat
  • Jika brand kuat dan modal besar mereka kemungkinan serius
  • Lakukan juga pantauan offline dengan mengunjungi brand yang sudah launching
  • Lihat apakah memang menu tersebut ramai dibeli oleh konsumen

 

3. Tentukan Tujuan Launching

  • Setelah diputuskan untuk kita riding the wave segera tetapkan target
  • Target wajib ditetapkan dan di setting untuk New Product Launching
  • Perhatikan 2 hal ketika menetapkan target, yaitu TC & APC
  • TC = Total Check, berapa banyak jumlah konsumen yang datang membeli
  • APC = Average Per Check, apakah kontribusinya meningkatkan nilai belanja
  • Satu hal lagi yang perlu dipertimbangkan adalah HPP produk tersebut
  • Jangan sampai menganggu Profitability % target gara-gara menu tersebut laku

 

4. Buat Itung-Itungan yang Jelas

  • Ingat selalu On Top Numbers dalam bisnis kuliner
  • Buat hitungan terkait dengan launching menu tersebut
  • Mulai dari target omset di poin no 3, target cost sampe target profit
  • Cost pasti muncul, misalnya kita harus bayar KOL / Influencer
  • Bisa jadi COGS juga lebih tinggi karena menunya di outsource ke vendor
  • Tapi ujungnya tetep, apakah omset tercapai, cuan (profit) sesuai target
  • Angkakan semua hal, intinya jadi kita bener-bener yakin dalam eksekusi
  • Jangan pake asumsi apalagi feeling, karena ini resiko dan kesempatan

 

5. Kordinasi Internal jangan SILO

  • Cepat langsung lakukan koordinasi internal untuk menu viral ini
  • Semua harus terlibat di dalamnya agar bisa sukses dan cepat
  • Semua harus saling mendukung dan saling percaya dengan tujuan yang sama
  • Semua bagian penting dengan perannya masing-masing tentunya
  • Ada hal yang mungkin tidak ideal, bisa jadi banyak proses di hilangkan
  • Tapi asal semua support dan saling mendukung semua kita bisa sukses
  • Tunjuk pimpinan projek untuk meluncurkan menu viral ini
  • Tetep perlu "Project Manager" agar berjalan dengan cepat dan tepat
  • Project manager ini yang memastikan semua berjalan sesuai rencana
  • Biasanya project manager ini dipegang oleh Head Marketing.

 

6. Siapkan Strategi ATM, ATP or AKI

  • Teknik memanfaatkan menu viral ini bisa gunakan 3 pendekatan
  • Kita ambil contoh cromboloni saja yah yang memang lagi viral parah
  • ATM (Amati Tiru Modifikasi), misalnya tambahkan varian baru 
  • Bisa juga modifikasi bentuk yang lebih besar atau punya warna warni
  • Bisa juga bisa isian lebih ekstrim sampe luber or muncrat
  • ATP (Amati Tiru Plek-Plek), nah ini gampangnya samain ajah
  • Pesaing atau benchmarking jual apa, yah tiru persis ajah
  • Bahkan cara beriklan atau kontennya juga sekali ajah tiru
  • Toh udah terbukti bisa viral kan hehe, asal ga merasa gengsi ajah
  • AKI (Amati Kasih Inovasi), nah kalau ini sudah different level 
  • Ada inovasi-inovasi tambahan yang dilakukan bukan nyontek doang
  • Misal, cromboloni isi daging, cromboloni sushi, dll
  • Yang mana saja ok, yang penting punya WOW FACTOR buat NGONTEN

 

7. Siapkan Ledakan Lewat Launching

  • Siapkan strategi untuk melaunching menu yang kita miliki
  • Siapkan budget untuk KOL & Influencer
  • Siapkan brief yang detail apa yang harus di kontenkan oleh KOL
  • Pastikan juga produk tersedia dan supplynya siap
  • SOP operasional juga wajib disiapkan dengan semua kemungkinan
  • Contoh, misalnya terjadi SERBUAN konsumen, barang habis dalam 1 jam
  • Nah kita harus ngapain dengan kondisi seperti itu?
  • Persiapan yang matang serta konten yang powerful jadi kunci penting
  • Pastikan lebih intens untuk meeting kordinasi terkait launching ini

 

8. Lakukan Evaluasi & Improvement

  • Day 1 menu di launching pantau hasil dan proses yang terjadi
  • Segera lakukan evaluasi dalam berbagai hal terkait launching
  • Mulai dari timeline, kualitas, kegiatan operasional, respon konsumen
  • Pastikan semua dipantau dalam waktu yang disepakati 
  • Lakukan juga meeting rutin seminggu sekali untuk evaluasi 
  • Segera lakukan improvement terkait berbagai hal yang terjadi dilapangan
  • Evaluasi juga hasil sementara misal dalam 1 minggu 
  • Serta evaluasi secara menyeluruh setelah masa launching selesai

 

Nah Sahabat Foodizz, kira-kira inilah 8 hal yang harus dilakukan dalam menyikapi terjadinya sesuatu yang viral di dalam dunia kuliner, contohnya ada menu yang viral, apa yang mesti kita lakukan secara internal sehingga kita tidak kehilangan moment atau kesempatan yang mungkin sangat penting bagi bisnis kita.

 

Baca juga Artikel Part 1:
Menu Viral Cromboloni, Riding the Wave or Hell NO?

 

Nah semoga artikel kali ini memberikan insight buat temen-temen semua, doain yah agar Foodizz Academy bisa terus berbagai dengan konsisten untuk Sahabat Foodizz semua agar industri kuliner di Indonesia makin berkembang, banyak brand lokal dan sukses dan tentu memberi manfaat bagi masyarakat.

Foodizz Academy
www.foodizz.id
www.sekolahkuliner.com

 

Tanya detail klik disini: foodizz.id/csfoodizz

 

Disclaimer:

  • Artikel ini diperbolekan untuk di share & di posting ulang dengan mencantumkan sumber artikel www.foodizz.id/artikel 
  • Artikel ini tidak diperkenankan untuk penggunaan komersial, untuk penggunaan komersial wajib mencantumkan ijin tertulis yang diajukan melalui e mail: info@foodizz.id
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru