"Wah lagi ada menu yang lagi viral banget nih cromboloni, gila orang sampe antri-antri berjam-jam buat dapetin produknya dan juga teryata di bakery / coffeeshop lain juga banyak yang ikut viral manfaatin menu ini" ..... Sering yah kita mendapatkan atau melihat informasi terkait sesuatu yang viral di dunia F&B, sayangnya kadang kala kita telat untuk memutuskan atau bahkan tidak paham juga harus ngapain, sehingga akhirnya lewatlah moment ini, kita melihat orang berpesta-pora dengan omset dan exposure, kita nya hanya jadi penonton.
Jika bisnis kita kebetulan dalam kategori yang sama seperti contoh kasus cromboloni, tentu saja hal ini bisa jadi LOST OPPORTUNITY yang besar bagi brand dan bisnis kita (baca part 1: Menu Viral Cromboloni, Riding the Wave or Hell NO? di sini).
So, sebagai business owner, jika kita mendapatkan informasi menu viral dari tim kita atau dari yang kita lihat sendiri di berbagai media seperti TikTok dan Instagram, apa sih yang harus kita lakukan agar kita jangan sampai ketinggalan "pesewat"? Di mana akhirnya malah brand lain yang menuai omset dan traffic yang sangat besar? Yuk coba kita bahas.
1. Putuskan Dengan Cepat
Putuskan segera apakah kita akan mengeluarkan menu ini atau tidak
Segera lakukan management meeting untuk dibahas
Jangan lebih dari 1 minggu setelah ada yang viral, segera putuskan!
Ada resiko apakah betul akan memberi impact atau tidak
Tapi lebih rugi jika ternyata trendnya meledak dan waktunya panjang
Jadi hati-hati kehilangan moment menu viral ini
Resiko menu tidak terlalu heboh dan viral tidak terlalu lama
Tinggal kita batasi resiko, jangan stock inventory berlebihan
2. Lakukan Riset Online dan Offline
Lakukan riset terkait menu yang lagi viral/trend
Lakukan riset di social media TikTok dan Instagram
Liat seberapa massive penyebaran kontennya
Pantau juga percakapan target market terkait menu tersebut
Pantau brand yang pertama kali memviralkan, apakah brand yang kuat
Jika brand kuat dan modal besar mereka kemungkinan serius
Lakukan juga pantauan offline dengan mengunjungi brand yang sudah launching
Lihat apakah memang menu tersebut ramai dibeli oleh konsumen
3. Tentukan Tujuan Launching
Setelah diputuskan untuk kita riding the wave segera tetapkan target
Target wajib ditetapkan dan di setting untuk New Product Launching
Perhatikan 2 hal ketika menetapkan target, yaitu TC & APC
TC = Total Check, berapa banyak jumlah konsumen yang datang membeli
APC = Average Per Check, apakah kontribusinya meningkatkan nilai belanja
Satu hal lagi yang perlu dipertimbangkan adalah HPP produk tersebut
Jangan sampai menganggu Profitability % target gara-gara menu tersebut laku
4. Buat Itung-Itungan yang Jelas
Ingat selalu On Top Numbers dalam bisnis kuliner
Buat hitungan terkait dengan launching menu tersebut
Mulai dari target omset di poin no 3, target cost sampe target profit
Cost pasti muncul, misalnya kita harus bayar KOL / Influencer
Bisa jadi COGS juga lebih tinggi karena menunya di outsource ke vendor
Tapi ujungnya tetep, apakah omset tercapai, cuan (profit) sesuai target
Angkakan semua hal, intinya jadi kita bener-bener yakin dalam eksekusi
Jangan pake asumsi apalagi feeling, karena ini resiko dan kesempatan
5. Kordinasi Internal jangan SILO
Cepat langsung lakukan koordinasi internal untuk menu viral ini
Semua harus terlibat di dalamnya agar bisa sukses dan cepat
Semua harus saling mendukung dan saling percaya dengan tujuan yang sama
Semua bagian penting dengan perannya masing-masing tentunya
Ada hal yang mungkin tidak ideal, bisa jadi banyak proses di hilangkan
Tapi asal semua support dan saling mendukung semua kita bisa sukses
Tunjuk pimpinan projek untuk meluncurkan menu viral ini
Tetep perlu "Project Manager" agar berjalan dengan cepat dan tepat
Project manager ini yang memastikan semua berjalan sesuai rencana
Biasanya project manager ini dipegang oleh Head Marketing.
6. Siapkan Strategi ATM, ATP or AKI
Teknik memanfaatkan menu viral ini bisa gunakan 3 pendekatan
Kita ambil contoh cromboloni saja yah yang memang lagi viral parah
ATM (Amati Tiru Modifikasi), misalnya tambahkan varian baru
Bisa juga modifikasi bentuk yang lebih besar atau punya warna warni
Bisa juga bisa isian lebih ekstrim sampe luber or muncrat
ATP (Amati Tiru Plek-Plek), nah ini gampangnya samain ajah
Pesaing atau benchmarking jual apa, yah tiru persis ajah
Bahkan cara beriklan atau kontennya juga sekali ajah tiru
Toh udah terbukti bisa viral kan hehe, asal ga merasa gengsi ajah
AKI (Amati Kasih Inovasi), nah kalau ini sudah different level
Ada inovasi-inovasi tambahan yang dilakukan bukan nyontek doang
Yang mana saja ok, yang penting punya WOW FACTOR buat NGONTEN
7. Siapkan Ledakan Lewat Launching
Siapkan strategi untuk melaunching menu yang kita miliki
Siapkan budget untuk KOL & Influencer
Siapkan brief yang detail apa yang harus di kontenkan oleh KOL
Pastikan juga produk tersedia dan supplynya siap
SOP operasional juga wajib disiapkan dengan semua kemungkinan
Contoh, misalnya terjadi SERBUAN konsumen, barang habis dalam 1 jam
Nah kita harus ngapain dengan kondisi seperti itu?
Persiapan yang matang serta konten yang powerful jadi kunci penting
Pastikan lebih intens untuk meeting kordinasi terkait launching ini
8. Lakukan Evaluasi & Improvement
Day 1 menu di launching pantau hasil dan proses yang terjadi
Segera lakukan evaluasi dalam berbagai hal terkait launching
Mulai dari timeline, kualitas, kegiatan operasional, respon konsumen
Pastikan semua dipantau dalam waktu yang disepakati
Lakukan juga meeting rutin seminggu sekali untuk evaluasi
Segera lakukan improvement terkait berbagai hal yang terjadi dilapangan
Evaluasi juga hasil sementara misal dalam 1 minggu
Serta evaluasi secara menyeluruh setelah masa launching selesai
Nah Sahabat Foodizz, kira-kira inilah 8 hal yang harus dilakukan dalam menyikapi terjadinya sesuatu yang viral di dalam dunia kuliner, contohnya ada menu yang viral, apa yang mesti kita lakukan secara internal sehingga kita tidak kehilangan moment atau kesempatan yang mungkin sangat penting bagi bisnis kita.
Nah semoga artikel kali ini memberikan insight buat temen-temen semua, doain yah agar Foodizz Academy bisa terus berbagai dengan konsisten untuk Sahabat Foodizz semua agar industri kuliner di Indonesia makin berkembang, banyak brand lokal dan sukses dan tentu memberi manfaat bagi masyarakat.
Foodizz Academy www.foodizz.id www.sekolahkuliner.com
Artikel ini diperbolekan untuk di share & di posting ulangdengan mencantumkan sumber artikel www.foodizz.id/artikel
Artikel ini tidak diperkenankan untuk penggunaan komersial, untuk penggunaan komersial wajib mencantumkan ijin tertulis yang diajukan melalui e mail: info@foodizz.id
{{ comment.length }} Comment
Sort By
{{ comment.username }}
{{ comment.body }}
Dikomomentari pada {{ comment.formatted_published_at }}