Memulai Bisnis Kuliner

Masalah Dalam Memulai Bisnis Minuman & Teh Kekinian

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 29 Agustus 2022
Sumber Gambar: Unsplash.com

 

Dibalik potensi selalu tersimpan masalah dalam memulai Bisnis Kuliner termasuk juga memulai Bisnis Minuman & Teh Kekinian. Hal ini karena Bisnis Minuman Kekinian dan Teh Kekinian sangat menarik untuk dijadikan peluang bisnis bagi Anda, khususnya yang ingin membangun Local Brand dan digadang-gadang sebagai bisnis yang mudah untuk dimulai (karena keperluan modalnya cenderung rendah) tapi peluang pendapatannya sangat besar:

  • Dari data, pasar kedai minuman kopi dan teh Indonesia diperkirakan tumbuh pada CAGR 11,0% hingga mencapai valuasi Rp23,4 triliun pada 2024
  • Berdasarkan riset “The Habit of Food Online Delivery” by JAKPAT pembelian tertinggi minuman di online delivery adalah minuman boba, coffee base, dan minuman campuran buah
  • Potensi brand lokal untuk menggarap bisnis minuman kekinian dan teh masih terbuka sangat lebar seperti contoh brand Tekun, Yotta, Esque, dan lainnya. Brand lokal punya kekuatan dari sisi kecepatan inovasi, memahami market lokal, serta punya engagement dengan lokal.
  • Lokal brand juga dapat mengembangkan menu berdasarkan ketersediaan bahan baku lokal yang membuat brand nasional menjadi sulit bersaing dari sisi produk.
  • Sudah banyak brand dalam negeri dan luar negeri yang membuktikan besarnya peluang bisnis minuman dan teh kekinian
  • Es Teh Indonesia 700an Outlet di seluruh Indonesia (Sumber: estehindonesia.com)
  • Haus 197 Outlet dengan omzet 250 Miliar (Sumber: haus.co.id & kompas.com)
  • Menantea 204 Toko di 74 kota (Sumber: Official IG @menantea.toko)
  • Chatime 1000an cabang di 30 Negara (Sumber: Wikipedia)
  • Mixue 10Rb an cabang di Tiongkok 300an cabang di Indonesia (Sumber: Foodizz Article)
    dan masih banyak lagi!

 

Sumber Gambar: Unsplash.com

 

Eits tapi di balik peluang tersebut ada kendala-kendala yang harus diantisipasi dan segera dicari solusinya bagi yang juga ingin mencicipi manisnya pasar teh dan minuman kekinian tersebut. Ini dia masalah-masalah yang sering terjadi:

 

1.Kehabisan Modal

Modal habis tapi hasil penjualan tidak sesuai harapan sehingga tidak lagi punya cash flow untuk menjalankan bisnis dan melakukan kegiatan marketing.

 

2. Sales Jeblok atau Tidak Sesuai Target

Tidak paham ilmu sales, marketing, dan sosmed sehingga setelah buka ternyata konsumen membeli dan antri ketika ada discount, setelah tidak ada discount konsumen menghilang. 

 

3. Brand Tidak Menarik

Produk sudah siap, harga juga menarik, dan operasional juga siap, namun ternyata banyak dari Foodpreneur tidak paham bagaimana membangun brand sehingga akhirnya bisnis hanya berjalan sebentar, serta tidak memiliki keunggulan yang kuat dibandingkan pesaing. Bisa jadi di awal-awal promo ramai tapi setelahnya sepi.

 

4. Tidak Punya Akses Vendor

Salah memilih vendor atau tidak punya akses vendor akan membuat biaya bahan baku menjadi mahal dan kualitasnya menjadi tidak sesuai standar.

 

5. Tidak Ada Investor yang Tertarik

Mencari investor juga menjadi kendala banyak Foodpreneur, dan biasanya hal ini disebabkan oleh konsep yang kurang kuat dan tidak punya “hitung-hitungan” atau business plan, sehingga akhirnya konsep dan ide yang keren tidak bisa dieksekusi sama sekali.

 

6. Tidak Punya Resep yang Menjual & Kekinian

Memilih variasi produk dan resep juga harus sesuai dengan SELERA PASAR dan apa yang AKAN DIBELI oleh pasar, bukan selera OWNER. Selain itu dengan tahu selera pasar juga masih akan jadi PR besar untuk mendevelop menu dan resepnya yang akhirnya dengan menu seadanya membuat produk kita menjadi tidak unik.

 

Maka peluang yang besar adalah satu hal, tapi kesiapan kita sebagai pebisnis terutama dari sisi ilmu juga jadi penentunya, kita bisa berhasil atau tidak dalam memulai dan mengembangkan usahanya.

 

Kirimkan nama Anda ke Customer Service Foodizz melalui link ini untuk waiting list menjadi peserta KELAS SET UP TEH DAN MINUMAN KEKINIAN yang akan segera di selenggarakan dalam waktu dekat! Di sini semua kelengkapan dalam persiapan Anda memulai bisnis ini sudah dipersenjatai dengan lengkap! Wih seru banget, langsung aja waiting list di sini.

 

Semoga bermanfaat & Keep Learning
Jangan lupa di share ke temen-temen lain agar banyak yang mendapatkan manfaat dari artikel ini.


www.foodizz.id
1st F&B Edtech in Indonesia

www.sekolahkuliner.com
Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol

www.vendorkuliner.com
Pusat Informasi Vendor Kuliner Terkurasi


*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.

 

Jadi Member Foodizz klik disini I Belajar SEKOLAH BISNIS KULINER klik disini
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru