Ekspansi, Kemitraan, & Franchise

12 Pelajaran Penting dari Mixue, 10 Ribu Cabang lebih di Tiongkok

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 09 Juli 2022
Sumber Gambar: https://en.mxbc.com/

 

Brand Mixue ini lagi sering jadi topik pembicaraan akhir-akhir ini, selain agresivitas pembukaan cabangnya dalam 1 tahun ke belakang sangat massive, harga jualnya juga bikin geleng-geleng kepala banyak pemain Outlet Minuman.

Sebetulnya sih klo bicara murah banyak juga yang lebih murah, khususnya brand lokal, namun karena ini brand yang memang "di impor" langsung dari Tiongkok, menjadi cukup menarik ketika mereka mampu mendeliver harga yang sangat bersaing dan terjangkau di middle low market khususnya. Selain itu dari sisi produk juga sangat ok, packaging bagus, serta tampilan outletnya juga menarik.

Selain itu dengan model "Kemitraan" membuat ekspansinya makin cepat dan massive, bahkan merangsek masuk ke berbagai daerah, plus denger-denger Pay Back Period nya juga cukup cepat, karena memang dengan Price Point nya mereka mampu menciptakan traffic yang cukup tinggi, selain menurut saya pribadi produknya memang enak sih untuk harga yang mereka berikan.

 

"Oh iya iseng saya nanya mau buka area Bandung kota, sudah SOLD out"

 

Ok tentu buat kita yang paling penting adalah BISA BELAJAR apa kita dari brand Mixue ini sehingga kelak ada juga brand-brand lokal yang punya cabangnya bukan lagi puluhan, bukan pula ratusan tapi sudah ribuan dan belasan ribu .... Yuk ah bisa pasti brand lokal.

 

Dari berbagai sumber yang coba Foodizz cari dan pelajari, setidaknya ada 12 Pelajaran (insight) yang bisa kita ambil dari Brand Mixue ini, apa ajah? Yuk kita bahas.

 

1. Low Price & Affordable Pricing = Harga Terjangkau.

Ini salah satu kekuatan Mixue baik di Tiongkok, ataupun di Indonesia di mana mereka bisa mendeliver harga yang sangat terjangkau oleh banyak kalangan konsumen. Di bandingkan dengan kompetitornya, harga yang diberikan oleh Mixue relatif lebih rendah atau kompetitif namun tetap didukung oleh produk yang bagus, packaging yang menarik, serta design outlet yang menarik sehingga variabel pendukung ini membuat Mixue tidak hanya terjangkau (affordable), namun juga layak (worthy) untuk dibeli.

Dengan harga yang mereka deliver, pendapat pribadi saya, brand nya bisa masuk sampai ke kecamatan di banyak daerah di Indonesia. Affordable price ini juga strategi yang sangat baik dengan kondisi ekonomi saat ini karena menjangkau market yang sangat besar sesuai dengan kondisi perekonomian, sehingga kita bisa mendapatkan TRAFFIC yang mungkin saja melakukan pembelian berulang dan lebih sering.

Anda tentu akan lebih sering membeli minuman harga 10 ribu dibandingkan harga 30 ribu bukan? Okelah tidak semua, tapi hampir kebanyakan dari kita masih bersikap rasional terhadap harga.


2. Leading in Supply Chain Management = Kekuatan dalam Rantai Pasok

Ini jadi kunci penting bagaimana Mixue bisa mendeliver Low Price & Affordable to target market, yakni membangun KEUNGGULAN dalam supply chain management, sehingga hal ini sangat sulit diikuti oleh competitor yang mencoba untuk bersaing langsung.

A. Low cost material = Harga Bahan Baku Murah
(Biaya Bahan Baku) karena jumlah cabangnya sangat banyak, otomatis VOLUME Pembelian sangat besar yang membuat harga bahan baku menjadi murah. (FYI jumlah cabang Mixue sendiri mencapai 13 ribu cabang hanya di Tiongkok saja, belum dengan jumlah cabang yang juga tergolong masif di luar Tiongkok).

B. Negotiation Power = Negosiasi Kuat
Terkait dengan poin pertama, Mixue secara corporate punya kekuatan untuk melakukan negosiasi terkait dengan berbagai termin pembelian dan juga kualitas bahan bakunya, dengan 13 ribu cabang mereka dapat menekan supplier untuk memberikan harga terbaiknya. Contoh, misalnya untuk cup harga standarnya Rp 600, mungkin dengan powernya Mixue mereka bisa mendapatkan harga Rp 300 (sebagai contoh ajah), hal ini tentu langsung berdampak signifikan terhadap COGS (Harga pokok penjualan) mereka yang pada akhirnya membuat mereka bisa memberikan harga affordable kepada target market.

C. Production Capacity = Fasilitas Produksi
Jika dibaca dari beberapa liputan yang beredar, Mixue juga memiliki fasilitas produksi yang cukup besar sehingga membuat mereka dapat lebih efisien dalam banyak hal, khususnya terkait dengan harga jual produknya. Dengan kemampuan melakukan produksi dalam skala besar, Mixue dapat terus menekan cost untuk dapat mendeliver produk dengan harga terjangkau untuk market yang sangat luas.

D. Distribution Capability = Kemampuan Distribusi
Sejalan dengan kemampuan Mixue dalam hal Production Capacity, kemampuan mereka dalam membangun sistem supply chain management terbukti sangat baik. Pada tahun 2014, Mixue mendirikan pusat logistiknya sendiri yang kapasitasnya memungkinkan untuk menyuplai seluruh outlet yang ada setiap hari. Dengan menghilangkan margin laba menengah, Mixue berhasil menjaga biaya produksi seminimal mungkin.

E. Standard Quality Products = Kualitas Produk Bagus
Sambil menjaga ongkos transportasinya tetap di titik minimum, Mixue juga memastikan bahan-bahan baku yang mereka gunakan selalu dalam keadaan paling segar ketika diterima oleh outlet-outlet mereka. Hal ini memudahkan Mixue untuk menyajikan produk dengan standar kualitas terbaik ke tangan konsumen.

 

3. Grow Fast with License Model = Tumbuh Cepat dengan Kemitraan

Ini salah satu strategi yang cukup ciamik yang digunakan untuk memperluas market dengan cepat dan banyak yaitu memberikan lisensi merek (kemitraan) secara individual maupun corporate. Dengan kekuatan poin 1 dan 2, poin nomor 3 ini adalah syarat penting dan hal ini bisa cepat terjadi dengan konsep kemitraan tentunya.

Konsep kemitraan ini juga membuat Mixue dapat menggarap market yang sangat besar dari berbagai kalangan di berbagai daerah, apalagi Biaya lemitraannya masih tergolong standar dengan potensi sales yang cukup potensial karena segmen yang digarapnya sangat luas, jika mengacu dari harga jual yang mereka tetapkan.

 

4. Mid Low Target Market = Menyasar Target Market Menengah Bawah

Menerapkan strategi pricing yang rendah, nampak jelas bahwa Mixue menyasar target market menengah ke bawah yang menjadi proporsi terbesar dari populasi di Indonesia saat ini. Sebagian besar pelanggan Mixue adalah golongan pelajar dan pekerja (sumber: pandaily.com) yang semua memiliki satu fitur terpenting, yakni sesitivitas harga. Mixue berhasil mengatasi kebutuhan tersebut dengan memberikan harga jual yang sesuai.

 

5. Good Quality Product = Memiliki Produk yang Berkualitas

Di saat yang sama, para konsumen yang menjadi target market mereka pun merasa sangat senang karena selain dari harga yang jelas ramah di kantong, mereka bisa mendapatkan pengalaman produk yang terkesan premium. Hal ini tampak dari kemasan produk yang cantik dan sedotan yang juga dibungkus plastik sehingga terkesan bersih, rasa yang enak, hingga bahan-bahan baku yang segar. Hal ini menjadi alasan kenapa Mixue begitu digemari dan mendapatkan respon pasar yang sangat positif.

 

6. Low Capex = Biaya Modal Pembukaan Outlet Kecil

Konsep toko/store dengan ukuran yang kecil (15 sampai 20 m persegi) yang diusung oleh Mixue membuatnya sangat ramping dalam hal capex jika dibandingkan pesaing-pesaingnya yang rata-rata memiliki ukuran store hingga 150 m persegi. Hal ini juga dilakukan dalam menunjang model produk mereka yang bersifat to-go alias untuk dibawa pergi atau take away, meski di beberapa outlet mereka juga menyediakan sedikit area untuk konsumen yang ingin nongkrong dan bersantai. Ditambah dengan konsep kemitraan yang mereka tawarkan, menarik banyak investor untuk memiliki kemitraan Mixue karena capex dan management cost-nya yang tergolong rendah.

 

7. Trading Area = Mengandalkan Area yang Padat

Dengan konsep yang sama yang mereka terapkan di seluruh negara yang dimasukinya, yaitu dengan mendekati kota-kota kecil, daerah-daerah padat penduduk hingga pusat-pusat pendidikan seperti sekolah dan universitas, sangat sesuai dengan titik-titik pusat aktivitas target market mereka yang mana adalah kelompok menengah ke bawah. Didukung desain outlet yang ciamik, mengundang semua orang untuk datang dan membeli produknya.

 

8. Growth Product Category (Ice Cream + Tea) = Jenis Produk Masih Terus Tumbuh Pasarnya

Meskipun pada awalnya fokus di produk es krim, Mixue terus agresif mengeksplorasi kemungkinan pengembangan lini produk lainnya yang berdekatan dengan produk utamanya. Produk-produk seperti teh hingga sundae dengan variasi boba hingga gula buah menjadi andalannya saat ini, mengisi kekosongan kategori di antara kopi dan teh yang persaingannya sedang ramai di pasar.

Secara market size, kategori minuman juga masih terus tumbuh di Indonesia, dari beberapa sumber nilai transaksi kategori outlet Tea & Coffee akan terus tumbuh menjadi nilai transaksi 23 triliun dalam beberapa tahun ke depan. "BTW jangan sampe nih market yang gede ini tidak digarap maksimal oleh brand lokal"

 

9. Product R&D = Memiliki Riset & Development yang Kuat

Pada awal 2012, MXBC mendirikan pabrik pusat dan pusat R&D sendiri, mencapai produksi independen sebagian besar komponen inti. Pusat R&D yang dibekali dengan beberapa teknologi canggih yang dipatenkan, memungkinkan Mixue mendapatkan percepatan dalam aktivitas riset yang menyempurnakan kualitas produk hingga efektivitas dan efisiensi sistem manajemen operasi.

 

10. Branding Activity = Aktif Melakukan Komunikasi Brand

Di Indonesia kegiatan Branding Activity nya mungkin tidak terlalu massive dilakukan saat ini karena mungkin dengan banyaknya outlet yang buka di sebuah daerah sudah menjadi Point of Branding tersendiri bagi Mixue, seperti contoh di area sebelum Nagrek menuju Garut, jika dihitung di sepanjang jalan yang sama ajah ada 3-4 outlet Mixue.

Blom lagi harga, variant dan kemasannya juga membuat image dari brand Mixue ini bisa dibangun dengan sangat cepat tanpa aktivitas branding yang massive, namun jika melihat di Tiongkok https://en.mxbc.com/ kegiatan branding mereka pada dasarnya cukup kreatif dan inovatif. Mungkin ke depan hal ini akan mulai dilakukan dengan lebih massive di Indonesia bersamaan dengan jumlah outletnya yang sudah sangat banyak.

 

11. Pay Back Period = Pengembalian Modal Usaha Relatif Cepat

Dengan keseluruhan konsepnya yang menarik, Mixue menjanjikan performa keuangan yang juga tak kalah mentereng. Dengan percaya diri, Mixue mematok pay back period atau waktu yang dibutuhkan hingga mencapai balik modal adalah 12 hingga 24 bulan. Sebetulanya hal ini relatif standart untuk ukuran outlet minuman namun dibeberapa info yang didapatkan banyak juga mitra yang bisa mencapai Pay Back Period nya dibawah 1 tahun sehingga hal ini membuat kemitraan dari Mixue ini semakin menarik.

 

12. Keep on Innovation = Terus Berinovasi

Mixue juga konsisten melakukan berbagai inovasi pengembangan produk yang awalnya menjual es krim masuk kemudian ke dalamnya tea, buah, dan berbagai inovasi lainnya. Ini baru sisi pengembangan inovasi produk, belom lagi inovasi dalam sisi Supply Chain, Technology, dan Business Model yang membuat mereka bisa terus tumbuh dan menjadi sangat besar seperti saat ini dengan revenue $ 6.5 B dengan net profit $ 800 Million.

 

Satu hal yang menarik sebetulnya jika dilihat dari aggresivitas Mixue ini berarti pangsa pasar minuman masih sangat besar dan sangat menarik tentunya untuk dijadikan pertimbangan membuat bisnis di kategori ini namun tentu dengan Positioning Brand dan Differensiasi yang kuat dan unik yah, bukan cuman asal jiplak.

 

Hal terakhir yang mungkin menjadi pertanyaan besar saya sebagai edukator adalah sustainability Mixue dalam jangka panjang dengan mengusung konsep kemitraan di Indonesia, karena kita tau sendiri tantangan kemitraan sangat besar khususnya konsistensi SOP dan layanan, namun jika Mixue kemudian melakukan TECH ENABLE dalam supply chain, SOP dan training, branding, finance, dan back office lainnya, bukan tidak mungkin mereka akan terus kuat dalam jangka panjang.

 

Semoga bermanfaat & Keep Learning
Jangan lupa di share ke temen-temen lain agar banyak yang mendapatkan manfaat dari artikel ini, tentunya dengan mencantumkan sumber nya: www.foodizz.id/artikel, yuk kita saling menghargai karya dan upaya dalam membuat konten

 

www.foodizz.id
1st F&B Edtech in Indonesia

www.sekolahkuliner.com
Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol

www.vendorkuliner.com
Pusat Informasi Vendor Kuliner Terkurasi

 

*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.

 

Sumber:
https://www.linkedin.com/pulse/bubble-tea-franchise-valued-3-billion-whats-its-recipe-?trk=organization-update-content_share-article

https://pandaily.com/id/merek-bubble-tea-mxbc-viral-setelah-24-tahun-berdiri-apa-saja-yang-ada-dalam-formulanya/

https://www.cbbc.org/news-insights/what-marketers-can-learn-chinas-top-and-coming-domestic-brands

https://en.mxbc.com/

 

Jadi Member Foodizz klik disini I Belajar SEKOLAH BISNIS KULINER klik disini
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru