Marketing

Bakso Tetelan Janda Ngamuk

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 13 Mei 2022
Sumber Gambar: unsplash.com

Hehe, klo ditanya kok bisa viral, udah taulah jawabannya khan? Yes WOW FACTOR, apa yang jadi WOW FACTOR nya, klo temen-temen pernah baca artikel yang ini 8 Teknik WOW EFFECT, Bikin SALES MELEDAK secara CEPAT pasti bisa kebayang salah satu yang membuat hal ini bisa viral dengan cepat karena BRAND NAME nya yg WOW banget haha..

Klo dari sisi produk sih sebetulnya model bakso dengan varian menu seperti Bakso Tetelan Janda Ngamuk (BTJN) sudah banyak di berbagai daerah, bukan sesuatu yang baru, namun ketika foodpreneur pahami ilmu marketing, salah satunya WOW factor ini, nah coba liat, selalu ada CELAH dan KESEMPATAN khan untuk bisa OUT OF CROWD / keluar dari KERUMUNAN dan menjadi VIRAL serta dibicarakan banyak orang.

Ok kita balik lagi bicara WOW Factor dari sisi BRAND NAME, ini buat foodpreneur yang baru akan memulai bisnis bisa jadi IDE BAGUS nih untuk mulai memikirkan nama brandnya, tapi buat yang bisnisnya sudah jalan, WOW factor dari sisi penamaan ini juga bisa digunakan untuk meluncurkan MENU BARU, sudah di tulis di sini sebelumnya 7 Strategi New Product Launching (NPL)

 

Nah apa sih keunggulan jika kita bisa mencitapkan WOW factor dari sisi brand name / nama merek kita? *disclaimer dulu yah, WOW Factor bukan berarti kemudian menabrak norma-norma apalagi hukum yah, tetap pada koridor yang baik karena foodpreneur khan ingin bisnis jangka panjang bukan sekedar sebulan or setahun. Yuk coba kita diskusikan 5 keunggulan dari brand name yang punya WOW factor.

 

1. MUDAH DIINGAT

Nama brand yang punya unsur WOW factor membuat konsumen jadi mudah untuk mengingatnya. Apalagi didukung oleh produk yang kuat, enak, dan harga sesuai target market, wah ini sih komposisi yang mantap untuk bisa MELEDAK.

Seringkan kadang-kadang kita melihat ada konten di TikTok atau Instagram atau misalnya lewat di sebuah tempat nah beberapa hari kemudian pas kita mau cobain tempat tersebut kita lupa namanya apa "eh waktu itu namanya apa yah yg sempet muncul di TikTok". So nama brand dengan WOW factor itu sangat penting untuk membuat brand kita mudah diingat.

 

2. MENARIK DIJADIIN KONTEN

Nama brand yang punya WOW factor menarik untuk dijadikan KONTEN oleh Konten Kreator, apalagi masa sekarang di mana konten itu sangat powerfull untuk membuat bisnis kita bisa sukses dan bertahan. Contoh nya ajah yah tulisan ini hehe, karena BTJN ini namanya WOW banget jadi ajah dijadiin tulisan, belom lagi berapa banyak tuh yang share TikTok kontennya di mana-mana.

 

3. MENDORONG INSTAN SALES

Nama brand yg punya unsur WOW juga terbukti bisa mendorong SALES secara instant dan ini khan yang memang dibutuhkan oleh foodpreneur, khususnya UMKM dan startup ketika memulai jualan, SALES. Mau produknya enak banget, harga terjangkau banget juga, bisnis itu perlu untuk di PROMOSIKAN agar target market datang dan membeli.

Nah nama brand yang WOW mempermudah dan mempercepat ini semua, apakah cukup? Yah jangka pendek untuk mendorong sales tentu ajah ini efektif dong, walaupun tentu bisnis kuliner tidak semua cuma viral di awal, masih banyak PR yang harus dikerjakan, tapi setidaknya kita jadi lebih semangat karena sudah ada PENJUALAN.

 

4. BRAND AWARENESS

Sejalan dengan beberapa poin di atas, brand name yang punya WOW factor juga membuat brand kita lebih banyak DIKENALI oleh target market kita sehingga dengan banyak yang dengar dan tau potensi untuk terjadi TRAFFIC dan PENJUALAN menjadi makin besar.

Salah satu kunci penting bisnis kuliner di awal adalah membangun Brand Awareness, so foodpreneur perlu konsider banget nih jika ingin memulai bisnis kuliner ato yang sudah jalan tapi sales masih jelek ato memble untuk mencari nama brand yang punya WOW factor.

 

5. BIAYA PROMOSI MURAH

Jangan salah loh, membangun brand dan sales itu butuh biaya mahal sekali loh. misalnya harus bayar influencer, bayar iklan, dll, nah ini ada jalan yang lebih murah yang bisa Foodpreneur gunakan, yaitu dengan strategi brand name yang punya WOW factor.

Bayangin ajah, di jadiin konten secara free oleh banyak influencer, punya kesempatan diliput media dan dijadikan tulisan atau video (seperti yg Foodizz lakukan ini), di share oleh banyak orang link kontennya di berbagai sosmed. MURAH BANGETTTT.

 

Tapi ingat tentu ajah dalam bisnis kuliner WOW factor tidak cukup jika bicara bisnis jangka panjang, tetap harus didukung oleh 7 Pilar Penting Bisnis Kuliner yaitu: Marketing, Supply Chain, Finance, Legal & Regulation, Operation, Human Resources, & Business Development, so klo temen-temen bisa membangun efek viral jangan lupa siapkan juga fundamental untuk long termnya.

Nah gimana, udah kepikir apa nih?


Semoga Bermanfaat.
Jangan lupa sebarin juga link artikel ini yang foodpreneur biar makin banyak yang membaca dan mendapatkan manfaat.

 

www.foodizz.id

1st F&B Edtech in Indonesia

www.sekolahkuliner.com

Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol

 www.vendorkuliner.com

Pusat Informasi Vendor Kuliner Terkurasi

 

*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.

 

Jadi Member Foodizz klik disini I Belajar SEKOLAH BISNIS KULINER klik disini
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru