"Bang, klo mau buat konten viral gimana ya, udah sering buat konten cuman boro-boro viral, yg view ajah kadang sedikit banget?"
Pertanyaan yang sering banget muncul klo sudah membahas soal konten buat bisnis kuliner, VIRAL. Ini seperti jadi MANTRA wajib buat setiap pebisnis bagaimana caranya biar kontennya VIRAL khususnya di sosmed.
"Ada polanya ga?, bisa dipelajari dan juga dipraktekan oleh Sahabat Foodizz manapun ga bang?"
Okelah coba kita ulik ulik soal ini yuk, let's go.
Ok, mulai dari konten VIRAL itu maksudnya apa? Macem-macem yah tentunya ukuran dari viral itu.
Kenapa konten harus viral?
Nah pertanyaannya kemudian, gimana bisa KEPIKIR ide-ide konten yang bisa bikin VIRAL, apa harus merenung dan bertapa dulu?
Gimana klo Sahabat Foodizz bukan orang kreatif, apakah masih ada peluang menciptakan konten-konten VIRAL? atau ini hanya PRIVILEDGE orang-orang kreatif? Atau harus INSOMIA OVERTHINKING dulu baru kepikiran? Or mesti STAYCATION dulu biar BURNOUT ilang terus FRESH IDEA datang?
Kagalah, ada polanya, ikut TIPS ini.
ATM, Amati Tiru Modifikasi
ATP, Amati Tiru Plek Plek
ATI, Amati Temukan Ide Baru
Udah gitu ajah.
"Lah bang serius"
Lah iya serius, ATM, ATP dan ATI rumusnya. Gampang kan? Yang susah itu adalah INSIGHT (Inspirasi) untuk bisa ATM, ATP dan ATI nya. Apa itu?
INSIGHT ---> Banyakin baca data, banyakin informasi, knowledge melalui buku, TikTok, sosmed, Youtube, dll. Perbanyak nonton konten-konten kuliner, kumpulin video-video konten yang viral.
Contoh, check TikToknya brand-brand dan KOL yang sering viral seperti Bittersweet by Najla, Eatsambel, Mgdalenaf, dll nah coba ATM, ATP, ATI deh konten-konten mereka termasuk juga musik yang digunakan di TikTok or IG Reels nya, yes sesederhana itu ajah, tapi referensi brand dan KOL yang difollownya banyakin biar lebih kaya ide konten nya.
Dan setelah itu ACTION, EKSEKUSI dengan ATM, ATP dan ATI secara konsisten, jangan cepet nyerah, buat 1-2 konten SETIAP HARI, yah SETIAP HARI.
"Bang, tapi ga punya kamera keren?" Model banyak gini yang mau di keplak emang, pake HP juga udah cukup apalagi TikTok dan IG Reels, ga perlu cantik-cantik, bertahap ajah yang penting BUAT KONTEN secara konsisten.
Tambah dikit lagi, klo ada budget lebih KONTEN nya bisa juga dijadikan IKLAN buat di posting di KOL / Influencer atau ads berbayar di IG or TikTok.
Segitu dulu tips dari Bang Kuliner kali ini yah. Semoga bermanfaat, jgn lupa artikel nya klo ada manfaat dibagiin lagi ketemen-temen lain, terimakasih.
Untuk belajar secara detail tentang MEMBUAT KONTEN INSTAGRAM dan TIKTOK Bisnis Kuliner, bisa join E-Course “Kelas Buat Konten Instagram dan TikTok” di Foodizz. Info lengkap klik di sini.
Semoga Bermanfaat & Keep Learning.
www.foodizz.id
1st F&B Edtech in Indonesia
www.sekolahkuliner.com
Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol
www.vendorkuliner.com
Pusat Informasi Vendor Kuliner Terkurasi
*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.
Diunggah {{ article.formatted_published_at }}