Social Media

Bisnis Dessert Rumahan, Omset Miliaran, kok bisa?

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 28 November 2022

 

Beberapa minggu lalu, Foodizz berkesempatan berkunjung ke kantor Bittersweet by Najla dan ngobrol-ngobrol langsung dengan the Founders. Obrolannya seru banget dan tentu banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari Ka Ala (panggilan untuk Ka Najla) tentang bagaimana ceritanya membangun bisnis dari rumah sampai sebesar saat ini.

 

Nah semua pelajaran yang bisa Foodizz simpulkan coba kita bahas dalam 10 poin di bawah ini yah, biar ga perlu paragraf panjang lebar kali tinggi hehe. Yuk disimak gasssss.

 

1. CONTENT is THE KING

  • Jaman sekarang konten sangat penting untuk membangun BRAND dan menciptakan PENJUALAN.
  • Cari SWEET SPOT konten brand kita dan eksplorasi hal tersebut.
  • Dengan "ngonten" yang konsisten dan tepat, Bittersweet by Najla membuktikan bisnis rumahan bisa jadi bisnis besar miliaran.
  • Konten dapat menciptakan TRIBE "kerumunan" yang "membicarakan" dan ENGAGE "terikat" dengan brand kita, bahkan bisa diarahkan menjadi KOMUNITAS dan LOYALIST dari brand.
  • Konten berbiaya "murah" dan punya jangkauan yang sangat besar dengan potensi PEMBELI dari seluruh daerah, tidak hanya lokal.

 

2. Ciptakan WOW FACTOR

  • Bittersweet by Najla secara konsisten menciptakan WOW Factor yang membuat brand mendapatkan exposure / FYP / viral secara konsisten.
  • WOW Factor yang diciptakan juga tetap RELATED dan KONSISTEN dengan produk yang dijual.
  • WOW Factor dapat diciptakan melalui INOVASI produk, program promosi, kolaborasi, dan juga STORY yang menarik.
  • WOW Factor bisa dilakukan dengan cara ATM (Amati Tiru Modifikasi), ATP (Amati Tiru Plek Plek) atau AKI (Amati Kasih Inovasi), Anda tidak butuh jadi jenius terlebih dahulu.

 

3. Wajib Mencitapkan DNA INOVASI

  • Penting untuk menjadi inovatif dalam menjalankan bisnis kuliner.
  • Gali setiap hal yang bisa membuat brand terus di BICARAKAN dan terus menjadapatkan ATTENTION (perhatian).
  • Inovasi bisa datang dari sisi PRODUK, PROGRAM, PROSES, DAILY ACTIVITY, CUSTOMER INSIGHT (masukan dari konsumen).
  • Kita harus konsisten menggali berbagai DATA, INFORMASI, KNOWLEDGE agar terus mendapatkan INSIGHT dalam mengelola INOVASI di perusahaan kita.
  • INOVASI harus menjadi DNA setiap orang di dalam perusahaan, bukan hanya Owner / Founder.

 

4. CONSISTENCY Kunci Penting untuk Sukses

  • Apakah dengan 1,2,10 kali NGONTEN brand anda akan viral?
  • Apakah dengan 20 x NGONTEN penjualan akan langsung meningkat?
  • Bisa ya bisa tidak, tapi yang menjadi faktor pembeda penting adalah ada yang KONSISTEN ada yang CEPAT MENYERAH.
  • Sebagai pebisnis, kita dituntut untuk selalu KONSISTEN dalam setiap hal yang kita kerjakan.
  • Jika belum berhasil, UPGRADE dan coba lagi.
  • Jika berhasil, terus INOVASI hal baru dan konsisten.
  • Pilihan kita sebagai pengusaha adalah MAJU, bukan menyerah.

 

5. PASSION Membuat Kita Kuat

  • Membangun bisnis butuh PASSION, kecintaan dengan apa yang kita lakukan.
  • Passion membuat kita lebih persistence, punya daya tahan, dan daya juang yang tinggi untuk tidak cepat menyerah dan berusaha untuk dapat berhasil.
  • Passion membuat kita MENGHARGAI PROCESS apapun hasilnya jika kita sudah melakukan yang terbaik.
  • Passion membuat kita terus melakukan berbagai hal untuk membuat apa yang kita jalankan bisa SUKSES.
  • Passion membuat kita menjadi PEMENANG tanpa harus MENGALAHKAN.

 

6. Ciptakan STORY TELLING yg MENARIK

  • Kemampuan membuat STORY TELLING sangat penting saat ini jika ingin membangun brand dan viral lewat sosmed.
  • Setiap pebisnis apalagi yang skalanya masih kecil, wajib mengusai dan mengembangkan story telling bagi produk dan brandnya.
  • Story telling itu ORIGINAL dan OTENTIK milik kita, sehingga hal ini akan cepat dan kuat membedakan brand kita dengan brand lain.
  • Setiap hal dapat dibuat dengan STORY TELLING, bahkan dari produk dan program yang biasa dilakukan.

 

7. Jamannya KOLABORASI

  • Bittersweet by Najla sering sekali melakukan kolaborasi dengan berbagai brand dan pihak lain.
  • Kolaborasi jika dieksekusi dengan baik, akan menciptakan dampak besar terhadap BRAND AWARENESS serta SALES.
  • KOLABORASI juga membuat kita lebih HEMAT secara COST sehingga PROFIT bisa lebih baik, misalnya dengan brand, di mana kita bisa mendapatkan PRODUK secara murah atau gratis untuk dijadikan bahan olahan atau paket bundling.

 

8. TEAM yang SUPPORT dan KOMPETEN

  • Bisnis bisa berkembang jika kita juga MENGEMBANGKAN TEAM
  • Kita butuh TEAM untuk bisa menjadi besar dan kuat
  • TEAM akan mengisi KEKURANGAN kita sebagai Owner
  • Banyak hal yang tidak bisa kita lakukan tanpa TEAM
  • Jika sudah SCALE, maka kita harus dibantu oleh team yang punya KOMPETENSI, bukan hanya karena LOYAL dan orang LAMA.

 

9. Business Planning & Business Process

  • Bisnis rumahan yang menjadi besar sering kali lupa jika RUMAHAN STYLE sudah tidak bisa digunakan lagi.
  • Apa yang dulu BIASA kita lakukan menjadi TIDAK RELEVAN dan bahkan malah tidak lagi PRODUKTIF karena skala bisnis yang menjadi besar.
  • Karena itu kita harus membangun ORGANISASI serta BUSINESS PROCESS yang lebih profesional, sehingga perkembangan yang terjadi dapat diikuti dengan baik secara internal.
  • Di sinilah, kembali ke nomor 8 kita memang perlu memiliki team profesional yang memang bagus, dan sesuai value bisnis kita.
  • Penerapan teknologi, On Top Numbers, strategi juga mulai harus dibuat secara lebih matang, bukan lagi berdasarkan SITUASI dan kondisi yang ada saat ini.

 

10. Jalin HUBUNGAN Erat Dengan KONSUMEN

  • Siapa yang membeli produk kita? KONSUMEN
  • Siapa yang membuat brand kita viral? KONSUMEN
  • Siapa yang menggaji perusahaan kita? KONSUMEN
  • Siapa yang bisa membuat kita tidak punya omset? KONSUMEN
  • Fokus membangun ENGAGE serta memenuhi kebutuhan dan keinginan KONSUMEN adalah hal WAJIB bagi setiap pebisnis kuliner
  • Dapatkan selalu feedback untuk menjadi perbaikan yang kontinu.
  • Berikan apresiasi, ngobrol, diskusi dengan konsumen adalah hal yang wajib dijalankan secara konsisten oleh setiap brand.

 

Nah Sahabat Foodizz, kira-kira ini 10 pelajaran penting dari Bittersweet by Najla yang bisa menjadi inspirasi kita dalam membangun dan menjalankan bisnis kuliner.

 

Ka Ala memulainya dari rumah untuk kemudian menjadi besar, tentu saja Sahabat Foodizz juga bisa, ya ga? Yuk semangat dan yakin klo akan datang giliran kita untuk bisa sukses.

 

Semoga Bermanfaat.

www.foodizz.id
1st F&B Edtech in Indonesia

 

www.sekolahkuliner.com
Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol

www.vendorkuliner.com
Pusat Informasi Vendor Kuliner Terkurasi

 

*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.

 

Jadi Member Foodizz klik disini I Belajar SEKOLAH BISNIS KULINER klik disini
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru