Marketing

8 Tips Membuat Konsumen Datang Kembali ke Outlet Anda ketika Re-Opening Outlet

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 16 Juli 2021
Sumber Gambar: Unsplash.com

 

Buka kembali setelah tutup hingga 3 bulan, pasti senang rasanya. Tapi ketika buka kok omzet turun jauh ya? Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut seperti, kebiasaan masyarakat yang berubah, belum terbiasa dengan new normal dan lain-lain.

 

Ada beberapa tips yang akan Foodizz bagikan untuk Sahabat Foodizz yang mengalami hal tersebut. Simak langsung beberapa tipsnya dibawah ini:
 

1. Buat konsumen merasa aman

Komunikasikan di sosial media standar kesehatan dan keamanan di outlet kita:

  • Video SOP kebersihan
  • IG live standar di dapur
  • Pemeriksaan suhu setiap karyawan
  • Ketersediaan masker untuk dibeli
  • Ketersediaan desinfektan
  • Papan suhu pegawai di depan outlet

Jika perlu ownernya yang tampil dan sebagai model video campaignnya
 

2. Physical distancing

Komunikasikan bentuk standar physical distancing di outlet kita. Perlihatkan misal jarak antar meja, atau sekat meja antar konsumen sehingga membuat konsumen merasa aman dan datang ke tempat kita.
 

3. Special program promo

Buat program promo after COVID-19 khusus dine in untuk membuat konsumen kembali datang. Misal buy 1 get 1 your favorite coffee atau promo bunding misalnya buy 1 get 1 masker.
 

4. Romancing the brand

Aktif membangun komunikasi brand di owned media dan paid media. Romance the brand, bangun, dan komunikasi aktif dengan follower dan konsumen sehingga mereka terikat dengan brand kita.
 

5. Standarisasi baru untuk pegawai

Komunikasi standar pelayanan new normal wajib dibuat dan dikomunikasikan karena inilah yang akan langsung berinteraksi dengan konsumen. Misal, karyawan menggunakan masker, karyawan wajib mencuci tangan sebelum memproses pesanan, lakukan pengecekan suhu pada karyawan, dan karyawan harus memiliki surat dokter keterangan bebas COVID-19, dan lain-lain.

 

6. Menu digital

Gunakan menu yang tidak perlu di pegang oleh konsumen, paling baik menggunakan aplikasi sehingga konsumen bisa memesan dari HP mereka sekaligus melakukan pembayaran. Namun bisa juga dengan menggunakan QR code di meja dengan kombinasi menu dan mungkin yang paling manual minimal menu sekali pakai di mana konsumen bisa memilih sendiri di kertas menu tersebut. Contoh Upnormal Coffee dengan Upnormal App nya yang bisa order di HP, bayar di HP dan juga home delivery.
 

7. Anda, keluarga, dan manajemen jadi customer yang pertama

Nah ini penting sekali, buat liputan video dan foto-foto di mana owner dan keluarga beserta manajemen datang dan makan di cafenya sendiri, sehingga konsumen yang lihat video yakin dan mau datang. Kalo kita sebagai pemilik saja ragu, bisa-bisanya kita minta konsumen datang dan berharap mereka mau datang.

 

8. Invite Influencer

Invite influencer untuk melakukan liputan awal ketika outlet buka, minta mereka liput standar safety, social distancing, sistem bayar dan berbagai hal yang membuat konsumen ketika melihat merasa aman dan ingin datang ke outlet Anda.

 

Artikel bermanfaat lainnya: 7 Strategi Menu untuk Menaikan Profit Cafe di New Normal

 

Semoga artikel diatas bisa membantu Sahabat Foodizz.

 

Semoga Bermanfaat.

Foodizz
1st F&B EduTech in Indonesia
Belajar Bisnis Kuliner ..... Yah di Foodizz.

www.foodizz.id
www.sekolahkuliner.com
Join Telegram Group di t.me/foodizzid

 

*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.

 

Jadi Member Foodizz klik disini I Belajar SEKOLAH BISNIS KULINER klik disini
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru