Marketing

8 Tahapan Melakukan Launching dalam Bisnis Kuliner

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 26 Juni 2023
Sumber Gambar: Canva.com

 

Launching adalah hal yang sangat umum dilakukan di dalam menjalankan bisnis kuliner, ada beberapa bentuk launching yang akan Sahabat Foodizz temukan seperti:

  1. Launching bisnis / brand baru
  2. Launching produk baru
  3. Launching program konsumen
  4. Launching cabang baru
  5. Re-Launching brand lama dengan konsep baru
  6. Launching produk lama dengan konsep baru
  7. Launching brand baru
  8. Launching konsep cabang baru

 

Nah, launching yang manapun yang kita lakukan, tentunya kita berharap launching tersebut bisa sukses dan mencapai target yang kita buat. Untuk itu, sebagai pebisnis kuliner kita perlu mengetahui framework atau tahapan untuk melakukan launching jangan sampai launching yang kita lakukan hanya kegiatan "bakar duit", cuma rame karena discount tapi setelahnya tidak ada lagi konsumen yang datang.

 

Ok, ditulisan kali ini karena banyak sekali pertanyaan soal launching, Foodizz akan coba memaparkan 8 Tahapan Melakukan Launching dalam Bisnis Kuliner, sehingga Sahabat Foodizz bisa menyusun program launchingnya dengan baik, dan tentunya Insya Allah bisa sukses tidak hanya pas launchingnya saja, tapi juga tentu suskes yang berkelanjutan.

 

Satu hal yang perlu dicatat, 8 tahapan yang akan dibahas sudah mengasumsikan brand & produk yang Sahabat Foodizz miliki sudah tervalidasi atau sudah berdasarkan riset yang mendasar yah, jangan sampai misalnya launching nya sukses, tapi konsumen tidak balik lagi karena produknya TIDAK ENAK / ZONK, atau ternyata hanya SELERA OWNER bukan berdasarkan riset target market. Bisa baca kembali artikel yang ini: 5 Tips Melakukan Validasi Menu yang Menjual

 

Yuk kita mulai!

 

1. TETAPKAN TUJUAN LAUNCHING (Launching  Objectives)

  • Tetapkan target ketika ingin melakukan launching secara spesifik
  • Ingat SMART (Spesific, Measurable, Achieveable, Realistic, Time Bound)
  • Mau target omset berapa? Traffic berapa banyak? 
  • Berapa banyak orang yang harus tau klo kita launching (Awareness).

 

2. BUAT TARGET WAKTU LAUNCHING & KALENDER TIMELINE

  • Tetapkan tanggal launching yang presisi.
  • Buat timeline mundur dari tanggal yang sudah ditetapkan
  • Detailkan seluruh pekerjaan dan masukan ke dalam kalender
  • Buat timeline dalam G-Sheet (Excell) agar updatenya realtime

 

3. BENTUK TIM UNTUK PROJECT LAUNCHING & TUNJUK PIMPINANNYA

  • Launching merupakan tanggung jawab lintas divisi
  • Semua divisi punya peran dan tanggung jawab bersama
  • Bentuk tim dari setiap divisi yang terkait untuk mensukseskan launching
  • Detailkan tanggung jawab keseluruhan tim
  • Buat KPI (poin 1) serta juga tentu reward jika launching berhasil
  • Perlu ada punishment juga khan? PERLU, agar semua saling kerjasama keras
  • Tunjuk pimpinan launching untuk melakukan koordinasi

 

4. BUAT STRATEGI DAN PROGRAM LAUNCHING

  • Bahas strategi dan program untuk launching oleh tim
  • Setiap divisi wajib menjabarkan strategi kerja mereka
  • Berikan keleluasaan tim untuk menghasilkan ide-ide brilian
  • Tim juga perlu melakukan presentasi ke Owner / CEO ide-idenya
  • Jika sudah ada ide yang disepakati, pastikan Owner / CEO mendukung penuh
  • Pastikan strategi dan program punya WOW FACTOR
  • WOW FACTOR ini penting selain bisa mencapai target di poin 1
  • WOW FACTOR juga bisa jadi bonus EXPOSURE (branding) yang sangat besar

 

5. ALOKASI BUDGET LAUNCHING

  • Ada 2 cara dalam menetapkan budget launching
  • Pertama, budget sudah di tetapkan atau dialokasikan sejak awal
  • Biasanya disesuaikan dengan cash yang disiapkan untuk launching
  • Kedua, budget disepakati setelah usulan program diajukan
  • Pastikan Owner / CEO memiliki cash flow untuk program ini
  • Karena launcing biasanya melibatkan banyak pihak untuk dibayar
  • Misalnya vendor bahan baku, KOL (key opinion leader), cetakan dll

 

6. MEETING KOORDINASI RUTIN

  • Wajib melakukan meeting koordinasi rutin mingguan
  • Tetapkan hari dan jam kordinasi
  • Cek detail semua pekerjaan dan timeline ketika koordinasi
  • Bahas berbagai persoalan yang muncul serta solusikan dengan cepat
  • Buat (MoM) MINUTES of MEETING untuk menjadi acuan seluruh tim terlibat
  • MoM buat di dalam G-Sheet or G-Doc agar semua terupdate
  • Libatkan Owner / CEO jika dirasa ada keputusan penting

 

7. HARI-H LAUNCHING

  • Hari-H launching bisa dibagi menjadi 3 tipe
  • TRIAL LAUNCHING, terbatas tanpa kegiatan promo heboh
  • Biasanya digunakan untuk mengetes kesiapan keseluruhan outlet
  • SOFT LAUNCHING, kegiatan promo terbatas
  • Di tahap ini traffik dibuat lebih tinggi untuk melihat kesiapan outlet
  • Setelah tahap ini kita lakukan evaluasi untuk masuk stage berikutnya
  • GRAND LAUNCHING, kegiatan heboh dan seru
  • Trial, Soft & Grand tergantung kita lagi launching apa
  • Kembali lagi tentu ke tujuan di poin 1

 

8. EVALUASI LAUNCHING & PASCA LAUNCHING

  • Lakukan evaluasi selama kegiatan launching 
  • Misal launching dilakukan dalam beberapa hari, tidak hanya 1 hari
  • Maka setiap malam setelah launching, langsung lakukan evaluasi
  • Evaluasi feedback konsumen, problem operasional, target traffic, dll
  • Segera SOLUSIKAN jika ada problem di lapangan untuk esok harinya
  • Jika launching sudah selesai penuh, lakukan evaluasi menyeluruh
  • Apakah target di poin 1 tercapai sesuai harapan
  • Evaluasi menyeluruh dari mulai persiapan sampai selesai Grand Launching
  • Rayakan keberhasilan sebagai apresiasi jika sukses
  • Evaluasi kembali jika gagal memenuhi target.

 

Nah Sahabat Foodizz, demikianlah tulisan tentang 8 Tahapan Melakukan Launching dalam Bisnis Kuliner, semoga bisa jadi acuan / guideline buat sahabat UMKM & UKM kuliner semua dan semoga launchingnya bisa sukses yah.

Semoga bahasan kali ini bermanfaat untuk Sahabat Foodizz semua yang bergelut di bisnis kuliner, selalu doain kita juga yah untuk bisa terus konsisten berbagi melalui tulisan, agar industri kuliner Indonesia makin maju dan banyak brand lokal yang menjadi besar dan kuat.

 

Foodizz Academy
www.foodizz.id
www.sekolahkuliner.com

 

Tanya detail, klik disini: bit.ly/MentoringKuliner


Disclaimer:

  • Artikel ini diperbolekan untuk di share & di posting ulang dengan mencantumkan sumber artikel www.foodizz.id/artikel 
  • Artikel ini tidak diperkenankan untuk penggunaan komersial, untuk penggunaan komersial wajib mencantumkan ijin tertulis yang diajukan melalui e mail: info@foodizz.id
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru