8 Tahapan Melakukan Launching dalam Bisnis Kuliner
Oleh: Admin Foodizz
Diunggah 26 Juni 2023
Sumber Gambar: Canva.com
Launching adalah hal yang sangat umum dilakukan di dalam menjalankan bisnis kuliner, ada beberapa bentuk launching yang akan Sahabat Foodizz temukan seperti:
Launching bisnis / brand baru
Launching produk baru
Launching program konsumen
Launching cabang baru
Re-Launching brand lama dengan konsep baru
Launching produk lama dengan konsep baru
Launching brand baru
Launching konsep cabang baru
Nah, launching yang manapun yang kita lakukan, tentunya kita berharap launching tersebut bisa sukses dan mencapai target yang kita buat. Untuk itu, sebagai pebisnis kuliner kita perlu mengetahui framework atau tahapan untuk melakukan launchingjangan sampai launching yang kita lakukan hanya kegiatan "bakar duit", cuma rame karena discount tapi setelahnya tidak ada lagi konsumen yang datang.
Ok, ditulisan kali ini karena banyak sekali pertanyaan soal launching, Foodizz akan coba memaparkan 8 Tahapan Melakukan Launching dalam Bisnis Kuliner, sehingga Sahabat Foodizz bisa menyusun program launchingnya dengan baik, dan tentunya Insya Allah bisa sukses tidak hanya pas launchingnya saja, tapi juga tentu suskes yang berkelanjutan.
Satu hal yang perlu dicatat, 8 tahapan yang akan dibahas sudah mengasumsikan brand & produk yang Sahabat Foodizz miliki sudah tervalidasi atau sudah berdasarkan riset yang mendasar yah, jangan sampai misalnya launching nya sukses, tapi konsumen tidak balik lagi karena produknya TIDAK ENAK / ZONK, atau ternyata hanya SELERA OWNER bukan berdasarkan riset target market. Bisa baca kembali artikel yang ini: 5 Tips Melakukan Validasi Menu yang Menjual
Yuk kita mulai!
1. TETAPKAN TUJUAN LAUNCHING (Launching Objectives)
Tetapkan target ketika ingin melakukan launching secara spesifik
Ingat SMART (Spesific, Measurable, Achieveable, Realistic, Time Bound)
Mau target omset berapa? Traffic berapa banyak?
Berapa banyak orang yang harus tau klo kita launching (Awareness).
2. BUAT TARGET WAKTU LAUNCHING & KALENDER TIMELINE
Tetapkan tanggal launching yang presisi.
Buat timeline mundur dari tanggal yang sudah ditetapkan
Detailkan seluruh pekerjaan dan masukan ke dalam kalender
Buat timeline dalam G-Sheet (Excell) agar updatenya realtime
3. BENTUK TIM UNTUK PROJECT LAUNCHING & TUNJUK PIMPINANNYA
Launching merupakan tanggung jawab lintas divisi
Semua divisi punya peran dan tanggung jawab bersama
Bentuk tim dari setiap divisi yang terkait untuk mensukseskan launching
Detailkan tanggung jawab keseluruhan tim
Buat KPI (poin 1) serta juga tentu reward jika launching berhasil
Perlu ada punishment juga khan? PERLU, agar semua saling kerjasama keras
Tunjuk pimpinan launching untuk melakukan koordinasi
4. BUAT STRATEGI DAN PROGRAM LAUNCHING
Bahas strategi dan program untuk launching oleh tim
Setiap divisi wajib menjabarkan strategi kerja mereka
Berikan keleluasaan tim untuk menghasilkan ide-ide brilian
Tim juga perlu melakukan presentasi ke Owner / CEO ide-idenya
Jika sudah ada ide yang disepakati, pastikan Owner / CEO mendukung penuh
Pastikan strategi dan program punya WOW FACTOR
WOW FACTOR ini penting selain bisa mencapai target di poin 1
WOW FACTOR juga bisa jadi bonus EXPOSURE (branding) yang sangat besar
5. ALOKASI BUDGET LAUNCHING
Ada 2 cara dalam menetapkan budget launching
Pertama, budget sudah di tetapkan atau dialokasikan sejak awal
Biasanya disesuaikan dengan cash yang disiapkan untuk launching
Kedua, budget disepakati setelah usulan program diajukan
Pastikan Owner / CEO memiliki cash flow untuk program ini
Karena launcing biasanya melibatkan banyak pihak untuk dibayar
Misalnya vendor bahan baku, KOL (key opinion leader), cetakan dll
6. MEETING KOORDINASI RUTIN
Wajib melakukan meeting koordinasi rutin mingguan
Tetapkan hari dan jam kordinasi
Cek detail semua pekerjaan dan timeline ketika koordinasi
Bahas berbagai persoalan yang muncul serta solusikan dengan cepat
Buat (MoM) MINUTES of MEETING untuk menjadi acuan seluruh tim terlibat
MoM buat di dalam G-Sheet or G-Doc agar semua terupdate
Libatkan Owner / CEO jika dirasa ada keputusan penting
7. HARI-H LAUNCHING
Hari-H launching bisa dibagi menjadi 3 tipe
TRIAL LAUNCHING, terbatas tanpa kegiatan promo heboh
Biasanya digunakan untuk mengetes kesiapan keseluruhan outlet
SOFT LAUNCHING, kegiatan promo terbatas
Di tahap ini traffik dibuat lebih tinggi untuk melihat kesiapan outlet
Setelah tahap ini kita lakukan evaluasi untuk masuk stage berikutnya
GRAND LAUNCHING, kegiatan heboh dan seru
Trial, Soft & Grand tergantung kita lagi launching apa
Kembali lagi tentu ke tujuan di poin 1
8. EVALUASI LAUNCHING & PASCA LAUNCHING
Lakukan evaluasi selama kegiatan launching
Misal launching dilakukan dalam beberapa hari, tidak hanya 1 hari
Maka setiap malam setelah launching, langsung lakukan evaluasi
Evaluasi feedback konsumen, problem operasional, target traffic, dll
Segera SOLUSIKAN jika ada problem di lapangan untuk esok harinya
Jika launching sudah selesai penuh, lakukan evaluasi menyeluruh
Apakah target di poin 1 tercapai sesuai harapan
Evaluasi menyeluruh dari mulai persiapan sampai selesai Grand Launching
Rayakan keberhasilan sebagai apresiasi jika sukses
Evaluasi kembali jika gagal memenuhi target.
Nah Sahabat Foodizz, demikianlah tulisan tentang 8 Tahapan Melakukan Launching dalam Bisnis Kuliner, semoga bisa jadi acuan / guideline buat sahabat UMKM & UKM kuliner semua dan semoga launchingnya bisa sukses yah.
Semoga bahasan kali ini bermanfaat untuk Sahabat Foodizz semua yang bergelut di bisnis kuliner, selalu doain kita juga yah untuk bisa terus konsisten berbagi melalui tulisan, agar industri kuliner Indonesia makin maju dan banyak brand lokal yang menjadi besar dan kuat.
Artikel ini diperbolekan untuk di share & di posting ulangdengan mencantumkan sumber artikel www.foodizz.id/artikel
Artikel ini tidak diperkenankan untuk penggunaan komersial, untuk penggunaan komersial wajib mencantumkan ijin tertulis yang diajukan melalui e mail: info@foodizz.id
{{ comment.length }} Comment
Sort By
{{ comment.username }}
{{ comment.body }}
Dikomomentari pada {{ comment.formatted_published_at }}