Branding melalui kemasan bukan lagi sekadar bentuk fisik yang melibatkan penampilan produk loh, Sahabat Foodizz. Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, kemasan telah menjadi salah satu elemen terpenting dalam strategi pemasaran dan juga branding. Dalam artikel ini, Sahabat Foodizz akan mendapatkan 6 tips penting yang tidak boleh dilewatkan ketika membangun citra merek melalui kemasan. Jangan diskip, karena kemasan yang efektif dapat menjadi kunci kesuksesan pemasaran produknya Sahabat Foodizz!
Sebelum merancang kemasan, pahami dengan baik siapa target pasar Sahabat Foodizz. Mengetahui preferensi dan gaya hidup pelanggan potensial akan membantu Sahabat Foodizz menciptakan kemasan yang menarik dan relevan bagi mereka. Jika belum kebayang bagaimana kemasan yang cocok dengan target pasar, Sahabat Foodizz bisa konsultasikan dulu ke desainer dulu ya, karena pengalaman mereka dalam memahami pasar terhadap kebutuhan brand, bisa membantu memberikan solusi terbaik untuk Sahabat Foodizz.
Pastikan kemasan mencerminkan elemen-elemen kunci dari identitas merek Sahabat Foodizz, seperti: warna, logo, dan tagline. Konsistensi ini membantu membangun citra merek yang kuat dan mudah diingat oleh konsumen. Jangan sampai jadi tidak relevan yaa, akan sangat disayangkan loh karena Sahabat Foodizz kan akan mencetak kemasan dalam kemasan yang besar, jadi perhatikan hal ini baik-baik ya.
Desain kemasan yang menarik adalah kunci untuk menarik perhatian pelanggan. Untuk melihat beberapa referensi, bisa cek di pinterest yaaa. Tapi kalau belum PD dengan penilaian sendiri terkait desain yang memikat itu seperti apa, sebaiknya serahkan ke ahlinya aja.
Pastikan kemasan memberikan informasi yang jelas dan relevan tentang produk. Termasuk informasi seperti kegunaan, manfaat, cara penggunaan, dan bahan-bahan yang digunakan dapat membantu konsumen membuat keputusan pembelian yang lebih informatif. Untuk jenis kemasan lunch box, masukkan akun sosmed, nomor CS, bahkan informasi pun bisa disampaikan juga melalui kode QR loh, yang kalau dipindai, akan mengarah ke website misalnya. Wow, dari kemasan bisa menyumbang traffic web agar bisa meningkat, keren kan!
Dalam era yang semakin sadar lingkungan, pertimbangkan untuk menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Kemasan yang dapat didaur ulang atau menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan dapat memberikan nilai tambah dan mendukung citra positif merek Sahabat Foodizz.
Pernah lihat ga tentang kemasan yang saat kita buka, ada tulisan terima kasih, mengajak untuk memberikan bintang lima, dan menginformasikan kalau pelanggan mau komplain agar hubungi WA admin?! Ini ide bagus loh. Yang akan menggiring pelanggan untuk melakukan tindakan selanjutnya. Jika puas, akan memberikan rating, jika ingin komplain akan menghubungi WA, bukan memberikan rating rendah di aplikasi atau di Google Business. Gimana? Ok kan?!
Itu tadi 6 tips yang bisa Sahabat Foodizz lakukan untuk memaksimalkan fungsi kemasan dengan meningkatkan branding, bonus meningkatkan traffic dan rating, hihi.. Kalau Sahabat Foodizz membutuhkan jasa tim desain kemasan, langsung saja cek di vendorkuliner.com ya. Untuk vendor percetakannya juga sudah tersedia di sana loh, ada Top 40 rekomendasi vendor kemasan yang bisa Sahabat Foodizz cek di sini
www.foodizz.id
1st F&B Edtech in Indonesia
www.sekolahkuliner.com
Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol
https://lms.foodizz.id/
Kelola SOP dan Training lebih mudah dan murah
*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.
Diunggah {{ article.formatted_published_at }}