makaroni schotel - Feature Image

Tips Mengolah dan Cara Membuat Makaroni Schotel yang Enak di Rumah

Beberapa menu masakan khas Italia terbilang mudah untuk dibuat, dan salah satunya adalah menu makaroni schotel. Sesuai dengan namanya sajian yang berasal dari Italia ini mempergunakan bahan makaroni yang termasuk ke dalam jenis pasta. Biasanya sajian ini diolah dengan cara dipanggang, namun rupanya bisa pula diolah dengan cara dikukus.

Membuat Makaroni Schotel Kukus

Apabila penasaran dengan resep makaroni schotel yang dikukus, maka bisa menyimak uraiannya di bawah ini.

Bahan-bahan untuk membuat makaroni schotel:

  • 200 gr makaroni, bisa bentuk apa saja baik kerang maupun spiral
  • 200 ml suus cair
  • 100 gr kornet sapi
  • Keju untuk diparut secukupnya
  • 2 butir telur ayam
  • 2 siung bawang putih, dicincang
  • 1 buah bawang bombay, dicincang
  • 2 sdm margarin
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt merica bubuk
  • ΒΌ sdt pala bubuk

Cara membuat makaroni schotel kukus:

  1. Rebus air, setelah mendidih masukan makaroni dan tambahkan sedikit minyak goreng serta garam. Rebus hingga makaroni empuk namun jangan terlalu lama. Setelah itu tiriskan.
  2. Lelehkan mentega di wajan, kemudian tumis bawang bombay sampai layu. Masukan cincangan bawang putih dan aduk-aduk sampai baunya harum.
  3. Masukan daging kornet dan bumbui dengan menambahkan merica, garam, gula, dan juga pala. Aduk terus sampai rata.
  4. Baru kemudian masukan telur ayam yang sudah dikocok sebelumnya. Aduk-aduk terus sampai telur terlihat hancur dan matang, agar tidak amis.
  5. Terakhir masukan susu cair, tunggu sampai mendidih. Koreksi rasa, matikan api kompor.
  6. Setelah itu masukan makaroni yang sudah direbus tadi ke dalamnya, aduk sebentar sampai tercampur rata.
  7. Siapkan pinggan tahan panas lalu tuang adonan makaroni schotel ke dalamnya. Ratakan permukaannya namun jangan terlalu ditekan agar tidak bantat dan memastikan bagian tengahnya bisa matang sempurna.
  8. Berikan parutan keju ke seluruh permukaan adonan.
  9. Panggang adonan selama 15 menit, atau sampai adonan terlihat kecoklatan di bagian atasnya.
  10. Angkat, potong-potong dan sajikan selagi masih hangat.

Melalui resep makaroni schotel di atas tentunya bisa langsung mempraktekannya di dapur. Dijamin tidak mengalami kesulitan karena tahapannya memang tidak banyak. Kebutuhan bahan-bahannya juga mudah dicari, dan terpenting tidak butuh modal banyak. Semua bahan tersebut juga terbilang mudah didapatkan sehingga meski berasal dari Italia namun bahan-bahannya familiar di tanah air.

Tips Membuat Makaroni Schotel yang Enak

Tips Membuat Makaroni Schotel yang Enak

Meskipun tata cara membuat makaroni schotel yang dijelaskan di atas terbilang mudah, rupanya ada beberapa yang mengaku kualitas rasanya kurang pas. Mengapa bisa demikian? Ternyata penyebabnya beragam, maka penting untuk memperhatikan tips berikut agar sajian makaroni schotel yang dibuat dijamin enak:

  • Ikuti takaran yang tercantum dalam resep, sehingga jangan menggunakan takaran hasil mengira-ngira karena bisa jadi mempengaruhi kualitas rasa, tingkat kematangan, dan tentunya tampilan ketika sudah matang.
  • Sebaiknya memakai bahan yang berkualitas dan masih segar, minimal kondisinya masih bagus sehingga kualitas rasanya lebih maksimal. Meski harus membeli dengan harga lebih mahal setidaknya bisa memastikan bahannya enak, sehat, dan menjamin rasa schotel yang dibuat sesuai resep.
  • Panggang dengan durasi yang tepat, pastikan hanya sebentar yakni antara 15-20 menit saja. Sebab makaroni maupun bumbu yang dibuat sebelumnya sudah dalam kondisi matang. Proses pemanggangan bertujuan membuat teksturnya lebih padat, sehingga jangan terlalu lama karena bisa gosong.
  • Dianjurkan untuk dicicipi dulu sebelum makaroni schotel yang dibuat hendak disajikan. Supaya bisa mengoreksi rasa, sebab bisa jadi takaran resep untuk garam di atas masih kurang asin atau malah sebaliknya. Maka penting untuk menyesuaikan dengan selera lidah supaya hasilnya enak dan puas ketika menyantapnya.
  • Santap selagi masih hangat, jika ditaruh kulkas maka sebelum disantap panggang sebentar di microwave agar hangat lagi. Supaya kualitas rasanya tetap maksimal.

Menu satu ini sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan, karena awet maka bisa disimpan dalam kulkas. Ketika hendak sarapan cukup menghangatkannya saja dan mampu mendapatkan asupan energi. Selain itu juga cocok dijadikan makan malam, jadi jangan ragu menjajal resep dari menu makaroni schotel di atas.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Macaroni Schotel
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *