Capcay - Feature Image

Tengok Disini Yuk, Resep Capcay Goreng yang Enak dan Praktis

Menyantap menu capcay bisa menjadi pilihan untuk dilakukan, karena termasuk sajian yang memberikan banyak manfaat. Capcay sendiri oleh berbagai sumber disebutkan berasal dari China yang mempergunakan aneka jenis sayuran. Bagi pecinta sayuran atau tengah belajar menyantap dan memasak sayuran, sangat cocok mengeksekusi resep satu ini.

Kelebihan Menu Capcay

Capcay - Kelebihan Menu Capcay

Jika membaca resep capcay secara detail maka akan menjumpai aneka jenis sayuran dalam satu menu, bahkan sampai belasan. Wajar memang karena menu sehat satu ini memang mempergunakan bahan utama berbagai jenis sayuran. Umumnya merupakan sayuran dari jenis sawi-sawiyan dan keluarganya. Namun seiring berjalannya waktu resep mengalami perkembangan signifikan.

Terlihat dari penggunaan bahan diluar sayuran, sebut saja seperti potongan daging ayam sampai seafood. Lebih suka capcay yang seperti apa? Tentunya tidak musti mengikuti resep sebab bisa mempergunakan semua sayuran yang tersedia di kulkas. Mengolah menu satu ini juga tidak mengecewakan karena punya beberapa kelebihan berikut ini:

  • Pilihan praktis karena mempergunakan bumbu sederhana dan bermain dengan aneka jenis sayuran di dalamnya, sehingga tidak ribet dan cepat dibuat.
  • Pilihan menu sehat untuk seluruh keluarga terutama anak-anak yang gemar menikmati olahan sayuran.
  • Bisa memakai sayuran jenis apapun yang cocok dipadukan dengan bumbu merica dan bawang seperti sayur sop.
  • Salah satu menu yang hemat karena harga sayuran relatif lebih ekonomis, jikalau ditambahkan daging atau bakso tidak harus dalam jumlah banyak.

Cara Membuat Menu Capcay Sehat dan Enak

Menu capcay sendiri sebenarnya ada dua macam, pertama dengan cara digoreng sehingga hasilnya kering. Sedangkan yang kedua adalah jenis basah yang sedikit berkuah sehingga saat mencari resep capcay tentukan jenis mana yang akan diolah. Berikut merupakan salah satu resep untuk membuat jenis kering atau yang digoreng.

Bahan yang diperlukan:

  • 1 buah bunga kol
  • 1 buah brokoli
  • 1 ikat sawi putih
  • 1 buah wortel
  • 3 buah baso sapi, iris tipis atau sesuai selera
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdm margarin
  • ½ sdt penyedap masakan
  • 1 sdt garam
  • Air secukupnya

Cara membuat sayur capcay:

  1. Awali membuat resep sayuran ini dengan mencuci bersih semua jenis sayuran yang disebutkan di atas, baiknya menggunakan air mengalir. Iris semua sayuran sesuai dengan selera, namun potongan besar-besar lebih dianjurkan.
  2. Panaskan wajan dengan api sedang, lalu masukan margarin tunggu sebentar sampai meleleh semua.
  3. Masukan irisan bawang bombay dan bawang putih, tumis sampai layu dan aromanya harum.
  4. Tuangkan air ke dalamnya dan tunggu hingga mendidih, masukan sayuran satu per satu dan bisa dimulai dari sayuran yang butuh waktu lama agar matang. Misalnya dimulai dari wortel dan disusul sayuran jenis lainnya.
  5. Setelah semua sayuran yang dimasukan sudah matang maka bisa menambahkan irisan bakso ke dalamnya.
  6. Masukan bumbu lain, seperti saus tiram, bumbu penyedap, garam, dan merica. Aduk-aduk sebentar sampai air menguap semua.
  7. Matikan api kompor, tuang capcay ke dalam piring saji.
  8. Siap untuk disajikan.

Bagaimana mudah bukan cara membuat sayur capcay yang dijelaskan di atas? Dijamin mudah untuk dipraktekan karena prosesnya simpel dan tidak ribet. Bagi siapa saja yang merasa masih sangat awam di dunia dapur maka resep satu ini bisa dipilih untuk proses belajar. Menu dari sayuran memang umumnya mudah untuk dibuat, namun kandungan gizinya sangat baik untuk tubuh.

Sebenarnya untuk membuat resep satu ini baik dari jenis goreng maupun kuah tidak memiliki perbedaan bumbu dan bahan. Perbedaan utama ada pada penambahan larutan tepung maizena pada jenis kuah untuk memberi tekstur kental. Sehingga dari resep di atas cukup ditambahkan larutan maizena saja jika ingin sensasi versi berkuah.

Supaya semakin enak pastikan menakar bahan dan bumbu mengikuti resep di atas, jangan terlupa pula untuk memakai bahan segar. Terutama untuk semua jenis sayuran yang akan digunakan supaya kualitas rasa dan tampilannya makin maksimal. Selamat mencoba resep menu capcay goreng yang praktis di atas!

Summary
Review Date
Reviewed Item
Capcay Goreng
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *