Semur Daging - Feature Image

Semur Daging Sapi Sederhana Namun Efektif Memanjakan Lidah

Membuat semur daging di bulan puasa seperti sekarang menjadi pilihan sangat tepat karena cocok untuk sahur maupun berbuka. Daging yang digunakan bisa memilih antara daging sapi maupun daging kambing, beberapa orang juga memilih daging ayam. Namun umumnya ketika menyebut kata semur maka yang terlintas dalam pikiran adalah daging sapi.

Sajian satu ini memiliki ciri khas tampilannya yang berwarna hitam kecoklatan karena penggunaan kecap manis. Daging yang memiliki rasa alami gurih berpadu sempurna dengan kecap dan aneka bumbu lain membuatnya semakin sedap. Tidak heran rasanya jika banyak orang berburu resep semur daging yang mudah dieksekusi, menjelang lebaran seperti saat ini. Baik untuk sajian hari raya maupun sajian saat sahur dan berbuka puasa.

Cara Membuat Semur Daging Sapi yang Enak

Cara Membuat Semur Daging Sapi yang Enak

Sajian semur daging yang memanjakan lidah membuatnya disukai banyak orang sehingga tidak rugi mengolahnya sendiri. Sebab dijamin akan cepat tandas karena orang serumah menyukainya, namun pastikan mengolahnya dengan benar. Sebab meski sudah memilih bahan berkualitas namun tidak paham mengolahnya, dijamin semur yang dibuat tidak akan memuaskan bahkan gagal total.

Simak resep semur daging sapi berikut untuk membantu membuat menu satu ini dengan benar dan dijamin enak.

Bahan-bahan:

  • 250 gr daging sapi, potong kotak ataupun sesuai selera
  • 2 buah kentang, kupas dan potong dadu sesuai selera
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 2 buah cabai merah
  • ½ buah tomat, potong-potong
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • Minyak secukupnya
  • Air secukupnya
  • Gula merah, gula pasir, dan garam secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Kayu manis secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya

Cara membuat semur daging sapi:

  1. Langkah pertama dalam membuat semur daging ini adalah membuat bumbu halus, yakni menghaluskan bawang merah, bawang putih, dan juga cabai merah. Bisa diuleg bisa pula diblender.
  2. Siapkan wajan, tuang sedikit minyak setelah panas tumis bumbu yang tadi sudah dihaluskan.
  3. Aduk sebentar dan ketika aromanya sudah harum bisa memasukan daun salam dan juga jahe yang sudah dimemarkan. Aduk kembali sampai harum.
  4. Setelah itu masukan potongan daging sapi, aduk terus hingga daging berubah warna yang menandakan daging sudah matang.
  5. Masukan potongan kentang lalu diaduk kembali sampai bumbu tercampur rata.
  6. Masukan air hingga semua potongan daging maupun kentang terendam.
  7. Setelah itu masukan bumbu seperti kecap manis, merica, kayu manis, gula pasir, gula merah, dan juga garam.
  8. Tutup wajan dan kecilkan api, tunggu sampai air menyusut dan bumbu meresap ke kentang maupun daging sapi.
  9. Saat daging sudah empuk maka matikan api, dan bisa disajikan selagi masih hangat.

Mengolah menu semur daging sapi ini memang memerlukan waktu yang lumayan, namun pada dasarnya proses pembuatannya mudah. Bisa memakan waktu lama karena daging sapi perlu waktu lebih untuk bisa matang sempurna dan empuk. Sehingga ketika disantap tidak sulit untuk digigit dan meminimalkan adanya daging yang terselip di gigi.

Tips Mengolah Daging Sapi

Mengolah daging sapi, seperti pada pembuatan semur ini memang perlu perlakuan khusus supaya matang sempurna dan kualitas rasanya tetap optimal. Membantu mengolah daging sapi dalam menu semur dengan baik maka bisa menyimak tipsnya berikut ini:

  • Memastikan daging lebih mudah matang sebaiknya dipotong kecil-kecil atau lebar namun tipis sehingga tidak perlu waktu terlalu lama untuk mematangkannya.
  • Supaya bumbu meresap ada baiknya memukul-mukul daging sapi sebelum diolah menjadi semur lalu dilaminasi bumbu halus.
  • Gunakan api kecil saat mengolah daging sapi tujuannya untuk memastikan daging matang sampai ke bagian dalam, tanpa ada kemungkinan matang di luar namun mentah di dalam. Atau paling parah adalah gosong dan kering di luar namun bagian dalam malah masih mentah.

Semur bisa menjadi teman menyantap nasi yang mampu memanjakan lidah, namun ternyata proses pembuatannya tidak sulit. Bisa dilihat dari detail resep yang dijelaskan di atas yang tentu mudah dieksekusi oleh siapa saja. Jadi, jangan lagi ragu membuat semur daging karena resepnya sendiri tidaklah rumit.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Semur Daging
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *