Roti Bakar - Feature Image

Sajian Roti Bakar dengan Teplon yang Praktis dan Enak

Tidak punya waktu cukup untuk membuat menu sarapan? Pertimbangkan untuk belajar membuat roti bakar yang sangat tepat dijadikan sebagai santapan sebelum beraktifitas. Umumnya makanan satu ini dijajakan di banyak penjual tepi jalan dan café. Namun, proses pembuatannya sangat mudah dan bahannya pun sederhana. Maka bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah.

Alasan Sarapan dengan Roti Bakar

Sebelum mengenal atau mengetahui mengenai resep roti bakar ada baiknya mengetahui kenapa menu satu ini cocok untuk dijadikan sarapan. Alasannya sendiri antara lain:

  • Mengandung karbohidrat dari roti yang digunakan sehingga cocok untuk mensuplai kebutuhan energi tubuh sampai tengah hari.
  • Mudah untuk dibuat, sehingga cocok dijadikan sarapan bagi yang sibuk di pagi hari menjelang anak-anak berangkat sekolah ataupun diri sendiri berangkat kerja.
  • Dijamin enak, karena roti yang digunakan berpadu dengan bahan isian sesuai selera sehingga memanjakan lidah.
  • Sarapan yang murah karena bisa tetap dibuat dengan minimal dua bahan, yakni roti tawar dan satu butir telur ayam diceplok.
  • Termasuk menu sarapan yang sehat dan tidak berat karena dipanggang bukan digoreng yang memakai minyak berlebih.

Minimnya waktu yang dimiliki bukan halangan untuk bisa membuat menu roti bakar ini, karena mudah dan prosesnya juga cepat. Apabila memperhatikan tata cara membuat roti bakar yang ada di berbagai media. Tentu bisa langsung tahu jika proses pembuatannya cocok untuk siapa saja, bahkan yang masih pemula untuk urusan dapur. Meski tanggal tua pun dijamin bisa membuatnya karena tidak memerlukan banyak bahan dan dijamin murah.

Cara Membuat Roti Bakar yang Enak

Cara Membuat Roti Bakar yang Enak

Agar bisa selalu menyajikan menu sarapan yang sehat, kaya gizi, dan juga mudah sekaligus murah satu ini. Maka bisa menyimak resep roti bakar super praktis di bawah ini.

Bahan yang diperlukan:

  • 4 lembar roti tawar, bisa roti tawar biasa maupun rasa pandan
  • Mentega untuk olesan roti dan wajan teplon, secukupnya
  • Selai buah sesuai selera secukupnya

Cara membuat roti bakar yang praktis:

  1. Ambil 1 lembar roti tawar, kemudian oles permukaannya dengan mentega. Pastikan semua permukaannya tertutup mentega dan cukup salah satu sisinya saja. Lakukan sampai roti tawar habis.
  2. Ambil satu lembar roti tawar yang sudah diolesi mentega, letakan bagian yang ada menteganya di atas. Lalu olesi dengan selai buah, bisa memakai selai nanas maupun strawberry. Bisa pula memakai selai kacang atau coklat sesuai dengan selera. Tingkat ketebalan olesan selai bisa disesuaikan dengan keinginan.
  3. Tutup dengan satu lembar roti tawar yang sudah diolesi mentega lainnya, letakan bagian yang diolesi mentega di bawah. Lakukan sampai didapatkan 2 roti isi.
  4. Panaskan wajan teplon anti lengket, kemudian olesi dengan mentega secukupnya saja. letakan roti yang sudah diisi tadi di atasnya, diamkan sampai berubah warna kecoklatan dan aroma wanginya keluar.
  5. Balik roti bakar tersebut untuk memanggang sisi atasnya, diamkan sampai berubah warna dan harum.
  6. Angkat, sajikan.

Isian untuk menu ini bisa disesuaikan dengan selera, tidak hanya memakai selai buah namun juga bisa memakai coklat ataupun meses. Bisa pula memakai parutan keju maupun keju lembaran. Setelah diolah, nantinya juga bisa dihiasi dengan parutan keju. Sehingga semakin memperkaya cita rasanya sekaligus membuatnya semakin menggugah selera.

Adapun resep untuk pembuatan roti bakar di atas adalah memakai wajan teplon, sehingga cocok untuk yang tidak memiliki alat pemanggang roti atau roaster. Namun jika memiliki roaster di rumah maka bisa dipergunakan. Hanya saja, pertama lembaran roti tawar diolesi mentega kemudian dipanggang. Setelah itu baru ditambahkan isian berupa selai buah tadi, ataupun isian lainnya yang sesuai dengan selera.

Agar matang dengan baik, artinya tidak menjadi gosong baik keseluruhan roti maupun bagian tertentu saja. Sebaiknya ketika dipanggang mempergunakan api kecil dan mengolesi wajan dengan mentega sedikit saja. Cek terus warna permukaan roti yang menempel di wajan supaya bisa segera dibalik ketika sudah kecoklatan. Jika mengikuti resep dan tips ini maka sajian roti bakar ala rumahan yang dibuat akan mampu memanjakan lidah.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Roti Bakar
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *