Sambal Matah - Feature Image

Resep Sambal Matah Mudah dan Pasti Lezat

Sambal memang menjadi pelengkap makanan yang banyak digemari orang-orang, tidak terkecuali untuk sambal matah. Sambal ini sendiri dikenal memiliki cita rasa yang khas dan menggugah selera. Cara membuatnya pun cukup mudah dan dapat dihidangkan dengan berbagai kombinasi masakan. Penasaran bagaimana cara membuat sambal matah, yuk simak informasinya berikut.

Cara Membuat Sambal Matah dengan 5 Bahan Utama

Cara Membuat Sambal Matah dengan 5 Bahan Utama

Pada dasarnya sambal matah merupakan salah satu bentuk olahan kuliner Nusantara yang berasal dari Pulau Dewata, Bali. Hal yang menarik dari sambal ini adalah proses pembuatannya yang tidak melalui pemasakan menggunakan api. Bahan-bahan sambal hanya di iris-iris kemudian dicampurkan satu sama lain hingga merata. Sebelum mengetahui bagaimana proses pembuatannya, siapkan terlebih beberapa bahan berikut ini.

Bahan-bahan pembuatan sambal matah:

  • Cabai Rawit Merah 8 buah
  • Bawang Merah 5 siung
  • Jeruk Nipis 1 buah
  • Serai 1 batang
  • Daun Jeruk 1 lembar
  • Garam ½ sdt
  • Minyak Sayur 1 sdm

Cukup mudah dan sederhana bukan bahan untuk membuat resep sambal matah ini. Bahan-bahan di atas tentunya sudah familiar di telingamu dan dapat ditemukan di pasar tradisional maupun pasar modern. Setelah semua bahan tadi Anda siapkan, maka Anda dapat mengikuti proses pembuatannya berikut ini.

  1. Cuci Bersih Bahan
    Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk membuat sambal matah adalah mencuci semua bahan yang diperlukan, seperti Cabai, Bawang, Serai dan Daun Jeruk. Cuci menggunakan air mengalir agar sisa kotoran yang menempel dapat dibersihkan.
  2. Iris dan Campurkan Semua Bahan
    Setelah bersih, maka irislah bahan-bahan tadi dengan ukuran yang sesuai. Bahan-bahan yang perlu diiris adalah cabai, bawang merah, serai dan juga daun jeruk. Setelah semua diiris, maka campurkanlah bahan-bahan tersebut.
  3. Menambahkan Bumbu
    Cara membuat sambal matah ketiga adalah mengaduk bahan hingga merata, dan tambahkan garam secukupnya. Kemudian tambahkan pula minyak kelapa dan juga perasan dari jeruk nipis. Selanjutnya aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Penyajian
    Jika tiga langkah tadi telah Anda lakukan, maka selanjutnya Anda dapat menyajikan sambal matah ke meja makan. Pilihlah piring saji yang tepat agar sambal terlihat menggoda dan menggiurkan.

Tips Penyajian Sambal Matah

Secara harfiah penyajian merupakan hal penting dari proses akhir dalam membuat suatu olahan makanan. Hal ini pun juga penting untuk Anda ketahui ketika mencoba resep sambal matah yang telah dijelaskan tadi. Berikut ini beberapa tips yang dapat diperhatikan saat menyajikan sambal dari Bali ini.

  1. Pilih Piring yang Sesuai
    Jika Anda ingin menyajikan sambal secara terpisah dengan olahan masakan lainnya, maka usahakan piring yang digunakan benar-benar tepat.
  2. Sajikan dengan Masakan Lainnya
    Selain dapat disajikan secara terpisah, sambal ini pun juga dapat Anda sajikan bersama dengan masakan lainnya dalam satu piring. Misalnya menyajikan sambal matah dengan Ikan Goreng. Caranya letakkan ikan goreng ke dalam piring saji dan tuangkan sambal ke atas badan ikan.
  3. Sajikan Selagi Fresh
    Penting untuk Anda ketahui, bahwa cara membuat sambal matah ini tidak menggunakan proses pemasakan, sehingga sudah pasti daya tahan sambal akan cenderung lebih singkat. Oleh sebab itu, sajikanlah sambal ini pada waktu masih fresh agar cita rasanya benar-benar terasa di lidah.

Bagaimana cukup mudah dan praktis bukan membuat sambal matah. Resep yang telah dijelaskan di atas dapat Anda coba di rumah untuk menyajikan hidangan baru ke hadapan keluarga tercinta. Selamat mencoba.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Sambal Matah
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *