Mie Ayam - Feature Image

Resep Mie Ayam Ala Rumahan yang Dijamin Sedap

Siapa yang tidak kenal dengan mie ayam yang merupakan jajanan kaki lima yang banyak disukai orang karena cita rasanya yang khas. Kuliner berbahan utama mie ini memang cocok dijadikan camilan apabila mencari camilan berat namun tidak terlalu mengenyangkan. Biasanya sajian ini dijajakan pedagang kaki lima dengan harga ekonomis namun ampuh memanjakan lidah.

Secara umum pedagang menu satu ini menyuguhkan semangkok mie yang disiram dengan ayam berbumbu kecap yang gurih dan sedap. Penambahan sayur hijau seperti sawi dan sawi putih juga kerap dilakukan para pedagang. Bahkan banyak pula pedagang yang menambahkan bakso ke dalamnya, sehingga semakin nikmat. Namun, tidak ada salahnya mencari resep mie ayam dan membuatnya sendiri di rumah.

Cara Membuat Sajian Mie Ayam yang Sederhana

Cara Membuat Sajian Mie Ayam yang Sederhana

Apabila ingin menjajal membuat mie ayam sendiri, penting untuk mencari resep yang tepat karena tahapan dalam pembuatannya agak lumayan. Namun jika ingin versi simpel maka bisa menyimak resepnya di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • 500 gr mie basah, bisa pula memakai mie telur atau disesuaikan selera
  • 300 gr daging ayam
  • 500 ml minyak ayam
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 ruas kunyit
  • 4 butir kemiri
  • 1 ruas jahe
  • 2 liter kaldu ayam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • Tulang ayam secukupnya

Cara membuat mie ayam ala rumahan:

  1. Langkah pertama dalam membuat mie ayam adalah membuat kaldu ayam. Caranya hasil rebusan daging ayam dimasak lagi dengan menambahkan bumbu merica bubuk, garam, dan juga tulang ayam. Setelah mendidih, sisihkan.
  2. Langkah kedua adalah membuat ayam bumbu sebagai topping. Ayam yang sudah direbus sebelumnya untuk diambil kaldunya dipotong kecil-kecil sesuai selera. Tumis dengan bumbu halus terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, kemiri, dan juga jahe. Tambahkan garam dan penyedap rasa, setelah matang sisihkan.
  3. Kuah dan topping sudah siap, langkah berikutnya dalam resep mie ayam rumahan ini adalah merebus mie basah.
  4. Sembari menunggu mie matang, siapkan mangkok saji. Tuang minyak ayam dan merica bubuk secukupnya, aduk sebentar agar tercampur. Masukan mie yang sudah direbus tadi, aduk-aduk hingga tertutup minyak dan merica tadi.
  5. Terakhir bisa menambahkan kuah dan topping ayam bumbu kecap tadi.
  6. Siap untuk disajikan.

Tips Membuat Mie Ayam Agar Lebih Simpel dan Praktis

Apabila membaca uraian resep di atas memang akan mendapati proses atau cara membuat mie ayam cukup panjang. Proses ini terbagi ke dalam empat tahapan, dimulai dari proses pembuatan kaldu atau kuahnya dulu. Berlanjut ke proses pembuatan topping dari daging ayam yang dibumbui kecap dan berikutnya mengolah mie. Baru setelah itu disajikan dan tetap harus ditambahkan bumbu seperti minyak ayam dan merica.

Beberapa orang setelah mengetahui proses pembuatan mie ayam yang panjang ini lebih memilih membeli saja di pedagang. Padahal meski terbagi ke dalam beberapa tahapan namun satu sama lain tidak memerlukan waktu lama. Jika sudah terbiasa di dapur maka dalam sekali waktu bisa mengerjakan dua tahapan sekaligus, sehingga bisa lebih cepat dan terkesan lebih sederhana.

Supaya lebih mudah dipraktekan, ada baiknya mengikuti tahapan yang sudah dijelaskan pada resep di atas. Sebab dimulai dari yang paling sederhana dan berikutnya baru ke bagian yang lebih rumit. Selain itu langkah-langkah pada resep memastikan sajian mie yang dibuat bisa disantap dalam kondisi masih hangat. Sebab mie diolah paling akhir selang beberapa menit sebelum disajikan.

Meskipun topping maupun kuah dari mie ayam ini sudah dingin ketika bersentuhan dengan mie yang masih panas. Seketika akan hangat kembali sehingga dijamin sedap ketika disantap. Apalagi jika ditambahkan dengan kerupuk ataupung pangsit goreng. Bisa pula ditambahkan potongan sayuran, dan ketika disajikan ditambahkan kecap atau saus sesuai selera.

Asalkan mengikuti resep dengan seksama maka dijamin akan terasa mudah dan hasilnya juga sesuai harapan. Jadi ada baiknya membaca resep tersebut beberapa kali dulu sampai paham baru kemudian dipraktekan. Gunakan pula bahan berkualitas untuk memastikan mie ayam rumahan yang dibuat cita rasanya sedap maksimal.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Mie Ayam
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *