Kue Putri Salju - Feature Image

Resep Membuat Kue Putri Salju Tanpa Oven yang Bisa Ditiru

Menjelang moment lebaran seperti sekarang tentu sangat tepat mulai belajar cara membuat aneka kue kering, salah satunya kue putri salju. Putri salju sesuai dengan namanya memang merupakan adonan kue kering yang ditutup oleh gula halus. Sehingga seluruh bagian kue berwarna putih, dan kue jenis ini termasuk kue kering klasik yang selalu mewarnai moment lebaran.

Tidak sulit mendapati penjaja kue kering satu ini karena memang menjadi favorit setiap tahunnya. Hanya saja jika memiliki banyak waktu luang dan kebetulan tertarik sibuk di dapur selama bulan Ramadhan. Pertimbangkan untuk berburu resep kue putri salju yang mudah dieksekusi kemudian dibuat di dapur sendiri. Dijamin lebih hemat, sehat, dan memberi ilmu baru untuk bisa membuat kue kering sendiri.

Aneka Pilihan Resep dari Kue Putri Salju

Berhubung kue kering satu ini termasuk kue yang populer dijumpai di moment lebaran nyaris setiap tahunnya. Maka semakin banyak orang yang berkreasi dalam membuatnya, mulai dari penambahan bahan adonan sampai hiasan. Anda bisa menemukan beragam pilihan resep yang beberapa bisa dijadikan pilihan untuk diolah sendiri, yakni yang pas dengan selera.

Adapun pilihan kreasi kue putri salju ini yang cukup sering dijumpai adalah:

  • Putri salju klasik (standart) tanpa tambahan bahan ataupun hiasan.
  • Putri salju keju yang menambahkan keju ke dalam adonan dan juga parutan keju sebagai hiasan.
  • Putri salju dengan tambahan kacang, bisa kacang tanah yang dirajang ataupun kacang mede sebagai hiasan akhir.

Diantara semua pilihan putri salju tersebut, mana yang lebih cocok dengan selera Anda dan keluarga? Jika sudah memilih maka bisa langsung mencari resep yang berisi panduan cara membuat kue putri salju tersebut. Pastikan memilih resep yang berasal dari sumber terpercaya agar mudah dipahami dan juga dipraktekan.

Cara Membuat Kue Putri Salju Tanpa Oven

Cara Membuat Kue Putri Salju Tanpa Oven

Umumnya dalam resep kue putri salju akan memanggang adonan yang sudah selesai dicetak, namun jika tidak punya oven bagaimana? Tidak perlu cemas karena bisa mencontek proses pembuatan kue putri salju tanpa oven berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 400 gr tepung terigu, pilih yang protein sedang
  • 300 gr butter, jika tidak ada bisa memakai margarin khusus untuk kue yang tersedia di pasaran
  • 100 gr tepung maizena
  • 100 gr gula pasir
  • 40 gr susu bubuk, boleh rasa apa saja sesuai selera
  • 3 butir kuning telur

Bahan taburan:

Gula halus, yang biasa dipakai sebagai topping kue donat

Cara membuat kue putri salju tanpa memakai oven:

  1. Langkah pertama membuat kue putri salju tanpa oven ini adalah kocok dahulu mentega, gula halus, dan juga telur dengan mixer. Atur di kecepatan sedang dan kocok selama dua menit sampai gula larut. Bisa pula dikocok memakai tangan sampai gula larut.
  2. Matikan mixer, kemudian tambahkan tepung terigu, tepung maizena, dan juga susu bubuk ke dalam adonan. Aduk sampai tercampur rata memakai spatula, jangan lagi memakai mixer.
  3. Aduk adonan hingga teksturnya agak kering dan bisa dicetak atau dibentuk. Siapkan nampan atau wadah dengan permukaan lebar dan datar lainnya, tutup wadah ini dengan sarangan yang sudah diolesi mentega.
  4. Ambil adonan, dan bentuk sesuai selera. Bisa berbentuk bulat seperti nastar atau dibentuk bulan sabit. Taruh adonan di dalam wadah tertutup sarangan tadi secara berjejer, jangan sampai ditumpuk dan bersentuhan.
  5. Siapkan wajan teplon anti lengket dan panaskan memakai api yang kecil. Panggang adonan kue putri salju yang sudah dibentuk tadi satu per satu atau beberapa buah sesuai kapasitas wajan yang digunakan.
  6. Balik adonan putri salju agar sisi satunya juga matang, setelah matang dan berubah warna bisa diangkat.
  7. Selagi masih panas, segera masukan ke gula halus dan setelah tertutup rata bisa ditaruh ke piring dulu.
  8. Setelah dingin, bisa ditata di dalam stoples dan disajikan.

Asalkan putri salju yang sudah dibuat disimpan di stoples atau wadah kedap udara maka akan tetap renyah dalam waktu yang lama. Selamat mencoba pembuatan kue putri salju di atas.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Kue Putri Salju
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *