Bisnis makanan saat bulan puasa - Feature Image

Ragam dan Strategi Bisnis Makanan saat Bulan Puasa

Kehadiran bulan puasa atau bulan ramadhan senantiasa dinantikan bagi banyak orang. Bukan hanya bagi umat Islam saja melainkan juga bagi mereka yang ingin mengais rejeki lebih saat bulan puasa tiba. Ada beragam pilihan bisnis dan usaha yang bisa dijalankan saat bulan puasa. Salah satu yang cukup populer dan dinilai memberikan banyak keuntungan adalah bisnis dan usaha di bidang kuliner. Ya, bisnis makanan saat bulan puasa menjadi salah satu pilihan yang cukup menarik dan menguntungkan untuk dijalankan.

Ragam dan Strategi Bisnis Makanan saat Bulan Puasa

Sebagian orang mungkin tertarik untuk menjalankan usaha di bidang lain seperti berjualan baju, mukena, ataupun lainnya. Namun demikian, buat Anda yang memiliki ketertarikan di bidang kuliner, sebaiknya juga tak melewatkan momen bulan puasa untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Tentunya, bila Anda tertarik untuk menjalankan usaha dan bisnis di bidang makanan saat bulan puasa, pastikan juga memahami bagaimana strategi dan trik jalankan bisnis makanan bulan puasa supaya bisnis Anda laris dan mendapatkan untung besar.

1. Mulailah usaha tersebut sebelum masuk bulan Ramadhan

Salah satu strategi supaya jualan makanan Anda laris ketika bulan puasa adalah dengan memulainnya sebelum atau menjelang bulan Ramadhan tiba. Ini ditujukan supaya masyarakat bisa mencoba dan mengetahui bagaimana kualitas makanan yang Anda tawarkan. Jadi, ketika bulan Ramadhan tiba maka para pembeli sudah tak ragu lagi untuk membeli jualan Anda.

2. Perhatikan cara promosi supaya bisnis makanan laris di bulan puasa

Hal lain yang juga tak kalah penting diperhatikan supaya bisnis makanan laris bulan puasa adalah perhatikan cara promosinya. Salah satu caranya adalah dengan memperkenalkan jualan Anda tersebut melalui media sosial. Anda bisa menggunakan sistem layanan pesan antar sehingga para calon pembeli yang memiliki waktu terbatas untuk belanja kebutuhan makanan saat bulan puasa bisa mendapatkan kemudahan. Bila hal ini cukup merepotkan bagi Anda terutama karena memang Anda menjalankan usaha ini sendiri maka Anda bisa mencari tempat strategis untuk berjualan supaya pelanggan bisa dengan mudah menemukan tempat jualan Anda.

3. Cermat memilih jenis bisnis makanan saat bulan puasa

Setelah memahami apa saja strategi supaya bisnis dan usaha jualan makanan di bulan puasa lebih laris dan mendapatkan banyak keuntungan, pastikan Anda juga memahami jenis usaha makanan saat bulan puasa apa yang tepat dan paling laris.

Berikut ini ada beberapa contoh bisnis makanan bulan puasa yang cukup populer dan laris:

• Makanan Takjil

Bisnis makanan saat bulan puasa - Takjil

Sajian menu hidangan takjil menjadi salah satu pilihan bisnis makanan laris bulan puasa karena banyak diburu oleh mereka yang sedang berpuasa. Takjil ini memang memiliki tempat tersendiri untuk berbuka puasa mulai dari menu-menu yang hanya ada di bulan puasa hingga yang memang sudah populer setiap harinya. Meski demikian, berburu takjil memang memberikan pengalaman seru tersendiri sehingga berbisnis makanan takjil bisa jadi pilihan yang cukup menarik dan menguntungkan.

• Lauk dan Sayur Matang

Bisnis makanan saat bulan puasa - Lauk dan Sayur Matang

Selain takjil, pilihan menarik lainnya untuk dijadikan bisnis makanan bulan puasa adalah jualan lauk dan sayur matang. Menyediakan beragam sajian lauk dan sayuran siap santap memberikan kemudahan tersendiri bagi para ibu rumah tangga, anak kost, ataupun lainnya untuk mendapatkan sajian makanan baik untuk berbuka ataupun sahur dengan praktis.

• Gorengan

Bisnis makanan saat bulan puasa - Gorengan

Siapa yang tidak menyukai gorengan? Sepertinya hampir semua orang menyukai sajian makanan yang satu ini. Meski banyak yang menyebutkan bahwa gorengan bisa mengganggu pencernaan ataupun kesehatan, nyatanya masih banyak yang menyukai makanan yang satu ini. Inilah mengapa tak ada salahnya bila Anda memilih untuk jualan gorengan seperti tempe goreng, pisang goreng, bakwan, ataupun lainnya saat bulan puasa.

• Kue Kering

Pilihan lain yang bisa dijadikan sebagai bisnis makanan saat bulan puasa adalah kue kering. Beragam pilihan kue kering menjadi begitu populer ketika memasuki bulan Ramadhan. Selain untuk camilan setelah berbuka puasa, kebanyakan kue kering tersebut dijadikan hidangan ketika Hari Raya Idul Fitri tiba.

Menjalankan bisnis makanan di bulan puasa memang menarik dan menguntungkan. Namun demikian, pastikan untuk tidak hanya asal ikut-ikutan trend saja melainkan rencanakan dan persiapkan segala sesuatunya dengan baik sehingga bisnis makanan saat bulan puasa yang Anda jalankan bisa memberikan hasil yang memuaskan.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Bisnis Makanan saat Bulan Puasa
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *