Sayur Lodeh - Feature Image

Membuat Sayur Lodeh Kacang Panjang yang Super Enak

Ingin menikmati masakan berkuah yang enak dan terasa segar? Barangkali membuat sayur lodeh bisa menjadi jawabannya. Lodeh merupakan sejenis menu sayur berkuah santan yang banyak dijadikan pilihan untuk menyantap nasi. Sayur ini terdiri atas beberapa jenis sayuran yang dimasak bersama beberapa rempah sebagai bumbunya.

Rasa manis dari sayuran yang dimasukan ke dalamnya berpadu apik dengan gurihnya santan kelapa yang menjadi kuahnya. Setiap daerah memiliki bumbu berbeda dalam proses pembuatan resep sayur lodeh ini. Jika disuruh memilih maka kembali lagi pada selera masing-masing, lebih suka lodeh yang pedas dan gurih atau yang lebih ringan lagi.

Proses Pembuatan Sayur Lodeh

Menu sayur lodeh dijamin familiar bagi siapa saja, karena memang termasuk menu khas rumahan sejak dulu sampai sekarang. Namun jika ingin mencicipi resep sayur lodeh yang dijamin enak maka bisa mencari resep terbaik yang tentunya tetap mudah untuk dieksekusi. Perhatikan selera keluarga yang nantinya menikmati menu ini, sehingga rasanya sesuai sehingga meningkatkan selera makan.

Bagi Anda yang masih dalam proses belajar, maka bisa mengintip cara membuat sayur lodeh yang terbilang mudah berikut ini.

Bahan yang diperlukan:

  • 1 buah tahu putih, potong menjadi beberapa bagian dan digoreng
  • 250 gr kacang panjang
  • 150 ml santan kelapa
  • 1 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • Air secukupnya

Bumbu halus:

  • 7 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 10 buah cabe rawit
  • 3 buah cabe merah besar
  • Garam, gula, dan bumbu penyedap secukupnya

Cara membuat sayur lodeh:

  1. Dalam pembuatan sayur lodeh pertama yang perlu dilakukan adalah membuat bumbu halus dulu. Supaya mudah, sebaiknya semua bumbu kecuali garam maupun gula dan penyedap digoreng dulu.
  2. Setelah itu bisa dihaluskan dengan cara diuleg, ataupun diblender sembari ditambah gula, garam, dan bumbu penyedap. Sisihkan.
  3. Panaskan sedikit minyak ke dalam wajan dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi.
  4. Bersamaan dengan itu, panaskan 50 ml air. Setelah mendidih dan tumisan bumbu harum, tuangkan bumbu ke dalam air.
  5. Masukan dulu kacang panjang dan ketika sudah agak lunak bisa menambahkan irisan tahu putih goreng, aduk sebentar.
  6. Setelah muncul gelembung yang menandakan air sudah mendidih, segera tambahan santan kelapa. Kecilkan api sembari terus diaduk untuk memastikan santan tidak pecah.
  7. Tambahkan gula, garam, dan bumbu penyedap lalu koreksi rasanya. Setelah pas, bisa mematikan api kompor.
  8. Sajikan sayur lodeh yang telah dibuat ke dalam mangkok, siap disajikan selagi masih hangat.

Tidak akan sulit mempraktekan tata cara membuat sayur lodeh yang dijelaskan disini. Sebab cukup membuat bumbu halus, ditumis, lalu dimasukan ke dalam air yang sudah mendidih. Selanjutnya bisa memasukan sayuran dan dimulai dari sayuran yang butuh waktu lama untuk matang. Terakhir menambahkan santan dan bumbu penyedap, kemudian sudah siap untuk disajikan.

Tips Membuat Sayur Lodeh Istimewa

Sayur Lodeh - Tips Membuat Sayur Lodeh Istimewa

Sayur bersantan bernama lodeh ini sebenarnya bisa mempergunakan lebih banyak jenis sayuran. Nantinya bergantung pada selera ataupun stok sayur yang ada di kulkas. Sebab selain mempergunakan kacang panjang juga bisa menambahkan labu siam yang dipotong dadu. Apabila menyukai terong, maka bisa diris serong ataupun dipotong memanjang untuk dimasukan ke dalamnya.

Penambahan daun melinjo juga menjadi langkah tepat agar sayur lodeh yang dibuat lebih segar dan kaya rasa. Sayuran apapun sebenarnya cocok masuk ke sayur bersantan ini kecuali untuk sayuran seperti pakcoy dan kawan-kawannya. Sebab terasa kurang pas ketika berpadu dengan santan. Menariknya lagi, pembuatan bumbu juga tidak musti dihaluskan.

Apabila merasa lebih praktis mengiris bumbunya, maka bisa diris saja yang bahkan prosesnya menjadi lebih cepat. Malahan bumbu yang digunakan lebih sedikit sebab hanya memakai bawang merah, bawang putih, dan cabai. Penggunaan rempah daun dan rimpang tetap dilakukan seperti daun salam dan lengkuas.

Membaca penjelasan ini tentunya semakin yakin bahwa proses pembuatan lodeh sangat mudah. Menu satu ini juga dikenal sebagai pilihan hemat, maka meniru resep di atas tidak akan rugi. Sajikan sayur lodeh yang enak dan istimewa dengan resep tersebut.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Sayur Lodeh
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *