Donat Kentang - Feature Image

Mau Membuat Donat Kentang yang Empuk? Yuk Tengok Resepnya di Bawah Ini

Donat menjadi salah satu jenis kue yang banyak digemari, dan yang terbaru adalah donat kentang yakni donat yang memakai kentang. Pengembangan atau kreasi dalam pembuatan resep donat membuat beberapa bahan baru muncul di tengah masyarakat. Penambahan kentang ternyata mampu menjadikan kue donat ini semakin enak, dengan rasa manis yang lebih ringan.

Cara Praktis Membuat Donat Kentang Sendiri

Jika penasaran dengan resep donat kentang maka bisa mengintip salah satu resep yang mudah namun dijamin enak berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gr tepung terigu, gunakan yang kualitasnya paling bagus
  • 4 butir telur ayam
  • 250 gr kentang
  • 250 gr mentega
  • 10 gr ragi instan
  • 1 sdt garam
  • 4 sdm gula
  • 4 sdm susu bubuk fullcream
  • 1 sdt baking powder
  • 100 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk topping donat kentang:

  • 100 gr dark cooking chocolate, lelehkan
  • 1 sdm margarin
  • Cokelat strawberry secukupnya, lelehkan
  • Mesem secukupnya
  • Gula halus secukupnya

Cara membuat donat kentang:

  1. Kupas kentang sampai bersih kemudian potong menjadi beberapa bagian, kukus sampai matang atau lunak. Angkat kentang dan haluskan, bisa ditumbuk bisa pula diblender. Sisihkan.
  2. Masukan kentang halus ke dalam wadah untuk membuat adonan donat, kemudian tuang tepung terigu, susu bubuk, ragi, telur, dan juga baking powder.
  3. Aduk bahan adonan ini sampai kalis, kemudian diamkan sekitar 30 menit.
  4. Selanjutnya dalam resep donat kentang ini adalah kembali mengaduk adonan yang sudah didiamkan tadi. Sembari ditambahkan mentega, garam, dan air untuk kemudian diaduk kembali. diamkan kembali selama 20 menit.
  5. Setelah adonan kembali mengembang maka bisa diambil dan dikempeskan, untuk kemudian dibentuk. Cara membentuk adonan donat kentang ini bisa secara manual memakai tangan. Bisa pula memakai cetakan khusus setelah diratakan dulu di atas meja dapur.
  6. Ambil wajan besar dan tuangkan minyak goreng yang lumayan banyak.
  7. Setelah minyak panas masukan adonan donat yang sudah dibentuk tadi satu per satu, dengan api yang kecil. Supaya adonan donat matang sempurna dan warnanya juga coklat keemasan yang cantik.
  8. Cara menggorengnya adalah dengan menggunakan sumpit dari kayu dan letakan di bagian bulatan donat, lalu diputar. Setelah sisi bagian bawah kecoklatan bisa dibalik dan diputar lagi sampai kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  9. Donat yang sudah matang dan sudah agak dingin bisa dicelupkan ke dalam wadah berisi bahan topping. Bisa pula ditabur, namun hasil lebih maksimal jika donat ini dicelupkan agar bahan topping menempel dengan baik. Selain itu juga membuat bahan topping yang menempel menjadi lebih banyak, sehingga enak dan menggugah selera.

Tips Membuat Donat Kentang yang Enak

Donat Kentang - Tips Membuat Donat Kentang yang Enak

Mengecek penjelasan mengenai cara membuat donat kentang di atas tentu akan langsung tahu jika terbilang mudah. Namun kegagalan dalam membuat resep ini ternyata masih mudah ditemui, dan biasanya terletak pada proses pembuatan adonan. Adonan yang ditambahkan ragi instan membuatnya melar dan lebih berat. Saat diaduk dianjurkan untuk dibanting beberapa kali, supaya ragi menyatu dengan adonan secara sempurna.

Namun jika ingin praktis dalam membuat donat kentang ini bisa mempergunakan alat khusus untuk membuat adonannya. Setelah adonan jadi, yakni terlihat dari teksturnya yang kalis maka perlu didiamkan dulu. Ketika didiamkan bisa ditutup dulu dengan kain serbet yang bersih dan sudah dibasahi dengan sedikit air. Proses pendiaman yang kedua juga perlu memakai teknik ini, agar maksimal.

Supaya semakin enak, pastikan mengikuti takaran bahan pada resep donat kentang di atas karena sudah diuji coba. Selain itu perlu memakai bahan berkualitas baik dari tepung terigu sampai kentang yang digunakan. Asalkan bahannya bagus dan dalam kondisi segar maka kualitas donat dan rasanya lebih terjaga, alias sesuai harapan.

Pembuatan donat yang memakai bahan kentang ini tentu mudah untuk dilakukan, supaya praktis siapkan dulu bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Perhatikan resep yang tercantum pada uraian di atas untuk memastikan donat kentang yang dibuat rasanya enak dan tampilannya pun sukses membangkitkan selera.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Donat Kentang
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *