Jenis Makanan Sehat Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Menginjak usia 6 bulan ke atas, kebutuhan nutrisi yang didapatkan oleh anak tak cukup jika hanya dari ASI saja. Karena itulah sangat direkomendasikan pada usia tersebut, bayi harus mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI. World Health Organization (WHO) pun juga merekomendasikan untuk memberikannya pada anak saat menginjak usia 6 bulan hingga 24 bulan. Pemberian MPASI ini berfungsi memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi bayi yang mungkin tidak bisa terpenuhi dengan ASI saja. Namun pemberian MPASI ini tidak boleh sembarangan, harus memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh bayi agar mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

Nutrisi Yang Terkandung Dalam Makanan Sehat Bayi

Secara umum, MPASI yang baik adalah yang mengandung kaya akan protein, vitamin, mineral dan energi yang sangat mudah dicerna oleh bayi. Karena itulah tekstur MPASI haruslah encer hingga kental sehingga bayi bisa mengkonsumsinya dengan mudah. Selain itu standar lainnya dalam MPASI yang harus diperthatikan oleh ibu adalah jangan sampai bahan makanan yang digunakan dalam MPASI mengandung pestisida maupun bahan pengawet. Momen makan pertama untuk si kecil ini dapat memberikan manfaat yang penting, baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk manfaat jangka pendeknya yaitu penanaman memori rasa melalui perkenalan berbagai macam rasa serta tekstur sedari dini. Selain itu ibu juga dapat mendeteksi apakah anak alergi terhadap suatu makanan tertentu melalui pengenalan MPASI ini. untuk jangka panjangnya, pemberian MPASI tentunya akan mengurangi resiko si kecil menjadi anak yang susah makanan kedepannya.

Jenis Makanan Bayi Yang Direkomendasikan

Bagi ibu yang masih bingung memilih bahan-bahan makanan terbaik apa sajakah yang dapat diberikan kepada anak, berikut ini beberapa jenis makanan bayi dengan kandungan gizi dan nutrisi terbaik yang disarankan.

  • Buah Alpukat

Buah ini mengandung serat, lemak tak jenuh tunggal, serta potassium yang sangat baik bagi kesehatan jantung di segala usia. Pada perkenalan MPASI pertama, ibu bisa memberikan buah alpukat dan mengolahnya menjadi bubur untuk diberikan kepada si kecil.

  • Telur

Telur merupakan sumber makanan yang tinggi akan protein. Dan tak hanya itu saja, telur juga mengandung lemak, zat besi, dn biotin yang sangat penting untuk masa pertumbuhan anak. Ketika bayi menginjak usia 6 bulan, anda bisa memberikan telur yang dicampurkan dengan ASI ataupun air putih hingga berbentuk seperti bubur. Dan ketika usianya menginjak 8 bulan, berikan menu telur orak-arik sebagai finger food.

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki manfaat yang baik untuk mengurangi resiko terserang penyakit hingga menjaga berat badan agar tetap ideal. Dan tak hanya itu saja sayuran hijau juga memiliki kandungan yang kaya akan vitamin dan mineral, sehingga  sangat tepat untuk dijadikan bahan MPASI. Sayuran hijau yang bisa digunakan adalah buncis, brokoli, bayam, timun jepang, kacang polong, dan asparagus. Rebus sayuran hijau ini hingga agak empuk dan kemudian tumbuk menjadi bubur. Pemberian MPASI sayuran hijau ini akan melatih kebiasaan makan sayur sedari dini sehingga kedepannya anak tidak anti terhadap sayur.

  • Ikan Salmon

Minyak yang terkandung di dalam lemak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi, sangat baik bagi perkembangan otak dan organ mata si kecil. Ikan juga bahan makanan dengan protein yang cukup banyak yang sangat dibutuhkan oleh si kecil. Masukkan ikan salmon ini ke dalam menu MPASI anak. Mengapa ikan salmon? Dibandingkan dengan jenis ikan lainnya, ikan salmon termasuk jenis ikan yang sehat karena kandungan merkuri di dalamnya lebih rendah. Sebelum memberikannya kepada anak, anda bisa memasak terlebih dahulu hingga matang. Kemudian tambahkan ASI, kaldu ayam buatan sendiri, atau air putih ke ikan salmon yang sudah dimasak.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Makanan Sehat untuk Bayi
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *