Jenis dan Manfaat Yoghurt Bagi kesehatan Tubuh Yang Tidak Pernah Disadari

Yoghurt tak hanya enak dikonsumsi saja, namun yoghurt juga memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Sumber makanan yang tinggi akan probiotik atau bakteri ini bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk melancarkan pencernaan. Dan tak hanya itu saja, ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari Yoghurt. Jika anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi yoghurt, maka lanjutkan kebiasaan baik ini.

Jenis Yoghurt

Sebelum mengetahui apa saja manfaat baik yang terkandung di dalam yoghurt, anda perlu memahami beberapa jenis Yoghurt yang ada di pasaran. Dengan begitu anda bisa mengetahui perbedaan serta manfaat langsung dari masing-masing yoghurt.

  • Greek Yoghurt, jenis yoghurt yang memiliki tekstur lebih kental dibandingkan yoghurt biasa. Hal ini karena proses pembuatan greek yoghurt membutuhkan 3 kali penyaringan, dibandingkan dengan yoghurt biasa yang hanya membutuhkan 2 kali penyaringan saja. Kandungan protein di dalamnya cukup tinggi namun rendah karbohidrat.
  • Frozen Yoghurt, mirip seperti ice cream biasa namun frozen yoghurt ini mempunyai kandungan gizi yang lebih banyak. beberapa jenis frozen yoghurt diproses dengan rendah lemak sehingga penambahan gula di dalamnya cukup banyak. akan tetapi jenis yoghurt ini mempunyai kandungan probiotik yang tinggi untuk melancarkan pencernaan. Serta laktosa yang lebih mudah dicerna dibandingkan dengan laktosa di dalam susu
  • Yoghurt cair, jenis yoghurt ini lebih mudah dikonsumsi karena tekstur yoghurt yang cair seperti minuman. Bahkan jenis yoghurt ini tersedia dalam berbagai pilihan rasa di pasaran. Pada proses pembuatannya, setelah diberikan bakteri susu kemudian akan mengental dan membentuk yoghurt. Setelah itu barulah dilakukan pengenceran.
  • Plain Yoghurt, jenis yoghurt ini bisa mudah ditemukan di supermarket maupun toko bahan kue. Sering dijadikan campuran dalam kue maupun makanan lainnya. Plain yoghurt ini juga dapat dijadikan pilihan jika anda tidak menyukai yoghurt yang beraneka rasa.
  • Low-fat Yoghurt, jenis yoghurt ini memiliki kalori yang rendah dibandingkan yoghurt biasa. Akan tetapi justru memiliki kandungan gula yang lebih banyak.
  • Full-fat Yoghurt, berbeda dengan sebelumnya, justru kandungan kalori di dalam jenis yoghurt ini terbilang tinggi. namun tenang saja, kandungan yaitu lemak trans alami sama sekali tidak berbahaya.

Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan

Ada banyak manfaat Yoghurt yang bisa diperoleh bagi kesehatan, berikut ini manfaat-manfaat yang dapat diperoleh dari yoghurt jika dikonsumsi secara rutin:

  • Menjaga kesehatan tulang karena dalam 1 mangkuk yoghurt mengandung vtamin D dan kalsium yang sangat penting menjaga kesehatan tulang. Kalsium di dalamnya membantu menjaga kepadatan tulang serta memperkuat tulang. Jika dikonsumsi rutin akan membantu mencegah resiko osteoporosis
  • Kandungan kalium yang ada di dalam yoghurt juga bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah. Kalium mampu membilas kelebihan natrium di dalam tubuh, yang merupakan mineral yang bisa meningkatkan tekanan darah
  • Yoghurt merupakan sumber protein yang cukup baik, terutama jenis greek yoghurt yang mengandung protein tertinggi hingga 15-20 gr dalam 6 ons greek yoghurt.
  • Karena merupakan sumber probiotik yang cukup baik, mengkonsumsi yoghurt akan membantu menyingkirkan bakteri-bakteri jahat yang menjadi penyebab infeksi pada usus. Sehingga sistem pencernaan akan menjadi lebih lancar
  • Bagi anda yang lelah setelah beraktivitas berat, anda bisa mengkonsusi yoghurt ini untuk menggantikan energi yang hilang. Kombinasi karbohidrat dan protein di dlam yoghurt dapat mengganjal perut dan menggantikan energi yang sudah terkuras.
  • Yoghurt juga sangat baik bagi kesehatan kulit. Hal ini karena kandungan asam laktat di dalamnya yang bekerja sebagai exfoliator yang dapat menyingrkn sel-sel kulit yang mati.

Nah itu tadi beberapa jenis yoghurt serta manfaat terbaiknya bagi kesehatan. Karena itulah, tak ada salahnya untuk mulai menyiapkan yoghurt sebagai menu sehat sehari hari agar kesehatan tubuh anda tetap terjaga.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *