Menu Buka Puasa - Feature Image

Inilah Pilihan Menu Buka Puasa Sehat bagi Penderita Diabetes

Puasa Ramadhan menjadi momen yang paling dinantikan bagi umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali bagi para penderita diabetes. Sebagian orang yang menderita penyakit satu ini seringkali merasa cemas bila ingin berpuasa terlebih dalam pemilihan menu buka puasa. Bagaimana tidak, ketika salah memilih, bukannya sehat, makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa bisa saja membuat gula darah menjadi naik dan ini tentu membahayakan kesehatan.

Sebelum memilih menu sehat untuk berbuka puasa bagi para penderita diabetes, Anda sebaiknya memahami bahwa tidak semua penderita diabetes boleh berpuasa. Inilah mengapa sebelum memutuskan untuk berpuasa di bulan Ramadhan, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter setidaknya dua bulan sebelum bulan puasa tiba. Ini penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan secara medis apakah aman atau tidak untuk berpuasa. Bila dinyatakan aman untuk berpuasa maka pastikan untuk memperhatikan menu buka puasa apa saja yang aman dan sehat untuk penderita diabetes.

Pilihan Menu Buka Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes tentu tidak boleh sembarangan dalam memilih asupan untuk tubuhnya tiap harinya, terlebih ketika bulan puasa tiba. Pastikan untuk selalu memperhatikan setiap jenis makanan yang dikonsumsi baik untuk berbuka ataupun sahur. Meski demikian, jangan khawatir, berikut ini ada beberapa pilihan menu buka puasa yang sehat dan aman bagi penderita diabetes.

1. Kurma

Bagi muslim yang berpuasa, kurma sepertinya menjadi salah satu menu wajib untuk berbuka puasa, tak terkecuali bagi penderita diabetes. Kandungan serta yang terdapat dalam kurma bisa membantu mengontrol gula darah. Selain itu, kandungan serat tersebut juga membantu memperlambat proses pencernaan sehingga gula darah tidak melonjak naik setelah makan. Meski demikian, konsumsi kurma yang aman bagi penderita diabetes saat berbuka puasa sebaiknya tidak terlalu banyak, setidaknya 3 butir setiap hari. Terlalu banyak konsumsi kurma bagi penderita diabetes bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang pastinya membahayakan kesehatan.

2. Sup Kacang

Menikmati sajian berbuka puasa yang hangat pastinya menyenangkan. Sup kacang bisa jadi pilihan menarik dan aman untuk disajikan bagi penderita diabetes. Kacang kaya akan serat namun karbohidrat dan glikemiknya terbilang rendah. Dengan kandungan glikemik yang rendah maka ini bisa membuat tubuh lebih lambat dalam menyerap karbohidrat sehingga bisa membantu mengendalikan kadar gula darah. Inilah mengapa sup kacang bisa jadi salah satu sajian menu sehat untuk berbuka puasa penderita diabetes.

3. Ikan Panggang

Butuh variasi yang lebih menarik untuk sajian menu buka puasa? Tak ada salahnya bila Anda memilih untuk menyajikan hidangan ikan panggang. Patikan untuk memilih jenis ikan yang mengandung omega 3 DHA dan EPA tinggi seperti ikan tuna karena ini sangat baik untuk kesehatan janutung. Bagaimanapun penderita diabetes memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung ataupun stroke. Agar lebih sehat, Anda bisa menambahkan potongan wortel, kentang panggang, buncis, serta sayuran favorit lainnya sehingga selain nikmat, sajian menu makanan berbuka ini juga aman dan sehat bagi penderita diabetes.

4. Jus Buah dan Sayur

Menu Buka Puasa - Jus Buah dan Sayur

Buat penderita diabetes, jus buah dan sayur bisa jadi salah satu menu wajib untuk berbuka puasa yang praktis sekaligus sehat. Sayur dan buah mengandung serat dan air yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan bagi yang berpuasa. Selain aman terhadap kadar gula darah, jus sayur dan buah juga bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit serta mencegah sembelit. Beberapa pilihan sajian jus buah dan sayur yang bisa dikonsumsi untuk berbuka puasa antara lain jus wortel, brokoli, stroberi, melon, bayam, serta jeruk. Tentunya dalam menyajikan jus buah dan sayur sebaiknya tidak menambahkan gula sehingga tetap aman untuk gula darah.

Menderita diabetes memang gampang-gampang susah dalam memilih makanan terutama saat berpuasa. Namun demikian, bukan berarti kondisi ini menghalangi untuk tetap menikmati indahnya berpuasa. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter, konsumsi obat sesuai aturan, dan memilih menu buka puasa yang tak hanya enak tetapi juga sehat dan aman untuk gula darah. Selamat berpuasa!

Summary
Review Date
Reviewed Item
Menu Buka Puasa Sehat
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *