05
Jan 2019

Cara Meningkatkan Omzet Dengan Pelayanan yang Siap Siaga!

Sangat penting untuk kita memenuhi ekspektasi konsumen, akan lebih baik lagi jika kita melampauinya. Untuk tetap unggul kita harus selalu selangkah lebih maju dari pesaing kita, salah satu caranya adalah dengan mengantisipasi kebutuhan pelanggan sedini mungkin. Tidak semua brand melakukannya dan itulah sebabnya mengapa Anda harus mulai melakukannya agar selalu menjadi yang terdepan.

Tidak hanya itu, sebuah bisnis dapat meningkatkan pendapatannya dengan layanan bintang lima karena factor ini menjaga konsumen untuk menjadi pelanggan seti. Berinvestasi pada customer end  akan membuat bisnis Anda lebih menonjol karena hal kecil justru merupakan kesan yang akan membekas bagi konsumen. 

Maka dari itu ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk selalu mengantisipasi kebutuhan konsumen:


Take Ownership

Seorang staf yang mengambil kepemilikan ruang kerja merupakan salah satu aset terbesar yang dapat dimiliki suatu restoran. Mengambil kepemilikan yang dimaksud adalah mengetahui apa yang perlu dilakukan dan mengetahui seluk beluk restoran sehingga dapat memutuskan solusi yang paling tepat untuk kebutuhan konsumen tanpa menunggu komando dari manajer.

Diperlukan banyak persiapan untuk menyiapkan karyawan untuk bisa mengambil kepemilikan. Tidak hanya melalui training dari setiap fungsi dan seluk beluk restoran, namun juga lingkungan yang mendukung untuk membentuk kultur dengan sense of belonging yang tinggi.  Karyawan biasanya tidak melakukan ini sampai mereka merasa belong dan nyaman di suatu restoran, sedangkan kita memerlukan semua karyawan untuk siap siaga setiap saat; terlepas sudah berapa lama ia bekerja.

Maka, mengembangkan kultur yang hangat namun tetap professional juga perlu kita perhatikan. Kepuasan konsumen bukan hanya tanggung jawab manajer restoran, tapi semua elemen yang terlibat.


Menemukan Pola Kebutuhan Pelanggan

Pelatihan untuk mengantisipasi kebutuhan tamu diperlukan untuk dilakukan secara rutin. Karena untuk memprediksi kebutuhan tamu, diperlukan pengalaman dalam menanganinya, setelahnya kita bisa membentuk pola kebutuhan konsumen.

Kemampuan untuk memenuhi atau melampaui harapan konsumen dapat dijalankan lebih mudah jika kita sudah bisa memprediksi kebutuhannya. Misalnya 

sebelum meja ditempati oleh konsumen, kita sudah bisa menempatkan segala kebutuhan spesifik yang biasa diperlukan konsumen untuk menyantap hidangan kita. Krim dan gula dihidangkan sebelum kopi tiba, meghidangkan welcome snack sesuai dengan preferensi market kita, menempatkan menu di setiap meja sebelum konsumen datang, dan banyak hal lainnya yang bisa kita antisipasi sebelum konsumen datang menyantap hidangan. Layanan seperti ini akan merasa konsumen merasa diperhatikan dan merasa special.

Layanan seperti ini merupakan tantangan bagi setiap bisnis untuk mengantisipasi apa yang mungkin dibutuhkan konsumen, disaat yang bersamaan kita juga harus berfokus di dapur dan sector restoran lainnya. Tetapi penting untuk diingat bahwa selain menghidangkan makanan bisnis kuliner juga perlu memberikan layanan yang prima.

Ketika konsumen memasuki rumah Anda, tujuan utama Anda adalah untuk memenuhi bahkan melampaui ekspektasinya, maka layanan memainkan peran penting dalam menjaring pelanggan dan meningkatkan keuntungan.

Operational Human Resource