Singkong Thailand - Feature Image

Cara Membuat Singkong Thailand di Rumah

Akhir-akhir ini olahan kuliner (baik makanan maupun minuman) dengan embel-embal kata thai atau Thailand memang tengah banyak digandrungi. Terlebih lagi oleh generasi millenial yang memang menyukai makanan instan dan cepat saji. Salah satu jenis makanan dengan kata Thailand dibelakangnya yang cukup hits adalah Singkong Thailand. Lantas, bagaimana cara membuatnya?

Membuat Singkong Thailand dengan 4 Langkah

Membuat Singkong Thailand dengan 4 Langkah

Singkong barangkali bukan suatu hal yang baru di teling masyarakat Indonesia. Umbi-umbian ini sendiri telah sejak lama dikenal sebagai bahan makanan yang mengenyangkan. Terkait dengan resep singkong Thailand ini, maka sudah pasti memerlukan Singkong sebagai bahan utamanya. Sementara untuk bahan-bahan pelengkap lainnya, Anda dapat menyiapkan sesuai dengan informasi di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • Singkong 2 buah
  • Satan Kelapa 65 ml
  • Tepung Maizena 2 sdm
  • Gula 3 sdm
  • Garam Secukupnya
  • Vanili Secukupnya
  • Air 1 gelas

Cukup mudah bukan bahan-bahan untuk membuat olahan dari singkong ini. Terkait dengan banyaknya singkong, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika dirasa 2 buah singkong masih sedikir, maka Anda dapat menambahkannya. Setelah semua bahan-bahan tadi Anda siapkan, maka ikutilah langkah-langkah membuat Singkong Thailand berikut ini.

  1. Cuci Berish dan Potong Singkong
    Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mencuci bersih singkong yang telah dikupas sebelumnya. Cuci dengan air mengalir agar sisa kotoran yang menempel dapat benar-benar terangkat. Jika telah bersih, maka potonglah singkong sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  2. Rebus Singkong Hingga Empuk
    Selanjutnya Anda dapat menyiapkan air untuk merebus singkong. Siapkanlah air yang dicampur dengan gulan dan vanili. Kemudian rebuslah singkong dengan air tersebut hingga benar-benar empuk. Semakin empuk singkong, tentu akan semakin mudah untuk memakannya nanti.
  3. Masak Santan
    Sambil menunggu singkong matang, maka cara membuat singkong Thailand berikutnya adalah memasak santan. Santan yang digunakan dapat berasal dari santan kelapa langsung atau juga dapat menggunakan santan kemasan. Santan dimasak dengan menambahkan air, tepus maizena (yang telah dilarukan) dan sedikit garam. Masaklah santan hingga mengental.
  4. Sajikan
    Ketika singkong telah empuk dan santan telang mengental, maka Anda dapat menyajikan Singkong Thailand ke dalam sebuah mangkok. Pertama letakan singkong terlebih dahulu, lalu disiran dengan air santan tadi. Sebagai tambahan, Anda juga dapat menambahkan parutan keju di atasnya.

Tips Membuat Singkong Thailand

Cukup mudah bukan untuk membuat Singkong Thailand. Agar proses pembuatan singkong thai yang dilakukan berhasil, maka Anda dapat memperhatikan beberapa tips berikut ini.

  1. Pastikan Singkong Benar-Benar Empuk
    Tips pertama terkait resep singkong Thailand ini adalah memastikan singkong benar-benar empuk. Pasalnya singkong inilah yang menjadi aktor utama dalam hidanganmu. Oleh sebab itu, jika singkong tidak empuk, maka sudah dapat dipastikan makanan yang Anda sajikan kurang terasa lezat, bahkan gagal.
  2. Masak Santal dengan Api Kecil
    Tips selanjutnya terletak pada proses pemasakan santan. Ketika Anda memasak santan yang nantinya akan digunakan sebagai saus Singkong, maka pastikan api yang digunakan tidak terlalu besai. Idealnya santa dimasak dengan apa yang kecil sambil di aduk-aduk.
  3. Jika Kurang Kental, Tambahkan SKM
    Jika ternyata saus Singkong Thailand kurang kental atau kurang manis, maka Anda dapat menambahkan susu kental manis (SKM). Banyaknya jumlah SKM yang digunakan dapat disesuaikan dengan selera.
  4. Sajikan dengan Topping
    Terakhir, Anda dapat berkreasi saat menyajikan kuliner singkong ini. Penyajian singkong thai dapat dikombinasikan dengan berbagai topping, seperti parutan keju dan mesis cokelat.
Summary
Review Date
Reviewed Item
Singkong Thailand
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *