Bakso - Feature Image

Cara Membuat Bakso Sendiri yang Mudah, Sederhana, dan Lezat

Bakso merupakan salah satu makanan paling populer di hampir semua kalangan mulai anak-anak hingga dewasa. Makanan berbahan dasar daging yang kebanyakan berbentuk bulatan-bulatan ini dengan kuah gurihnya memang memiliki banyak sekali penggemar. Macam bakso sendiri sebenarnya cukup beragam apalagi saat ini banyak pengusaha kuliner yang tertarik untuk membuat modifikasi baik dari bahan utamanya, bentuk, ataupun kreasi lainnya.

Selain menggunakan daging sapi, ada juga yang menggunakan daging ayam, udang, ikan, ataupun lainnya sebagai bahan utama dalam membuat bakso. Bukan hanya itu saja, kini bulatan daging tersebut juga ditambahkan dengan beragam isian seperti telur ayam, telur puyuh, sambal ekstra pedas, keju, dan lainnya yang tak hanya menambah daya tarik juga memberikan rasa yang baru. Dari segi bentuk, bakso pun cukup bervariasi. Tak hanya berbentuk bulatan saja melainkan juga ada yang dibentuk hati, kotak, bahkan juga barbel. Ini memang sangat tergantung pada kreativitas pembuatnya.

Resep dan Cara Membuat Bakso Sendiri

Bakso - Resep dan Cara Membuat Bakso Sendiri

Masing-masing pembuat olahan daging ini biasanya menggunakan bahan dan bumbu bakso tersendiri untuk menghadirkan rasa yang khas. Namun demikian, bila Anda tertarik untuk membuat bakso sendiri di rumah, maka ini bukanlah hal yang tak mungkin untuk dilakukan. Pastikan Anda menemukan cara membuat bakso sendiri yang tak hanya mudah dan sederhana tetapi juga menghasilkan olahan daging yang lezat dan menggugah selera.

Sebenarnya Anda bisa menemukan banyak resep dan cara membuat bakso sendiri di rumah. Namun demikian, tentu tak semuanya akan cocok dan sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Bila Anda ingin membuat hidangan olahan daging yang sudah populer ini untuk keluarga, resep membuat bakso daging sapi berikut ini bisa Anda coba.

Sebelum menyiapkan bahan dan bumbu bakso, Anda harus memahami bahwa kunci suksesnya membuat bakso adalah teksturnya yang lembut dan kenyal. Untuk membuat bakso di rumah, Anda bisa menggiling daging sapi dengan menggunakan food processor ataupun dengan menggunakan jasa penggilingan daging yang ada di pasar. Tentunya, untuk mendapatkan bakso yang kenyal dan enak, pastikan untuk menggunakan bahan-bahan yang berkualitas bagus.

Bahan untuk membuat pentol bakso daging sapi:

• 1 kg daging sapi, digiling
• 1 butir telur
• 50 gram tepung kanji
• 2 sendok teh lada bubuk
• 1 sendok teh garam
• 4 siung bawang putih yang dihaluskan
• 40 gram es batu yang dihancurkan
• 2 liter air

Cara membuat bakso:

Masukkan daging giling ke dalam wadah, lalu tambahkan tepung kanji, garam, telur, lada bubuk, sreta bawang putih. Kemudian, campurkan semua bahan tersebut. Anda bisa menguleni dengan menggunakan tangan ataupun dengan menggunakan alat supaya semuanya tercampur dengan sempurna. Setelah proses pencampuran, bila dirasa adona terlalu lembek maka Anda bisa menambahkan es batu secara perlahan hingga adona bisa dibentuk. Selanjutnya, siapkan panci untuk merebus air hingga mendidih. Berikutnya, ambil adona dengan tangan dan bentuk bulat, lalu masukkan ke dalam air mendidih di panci. Lanjutkan tahapan ini hingga semua adona habis. Bila pentol bakso mengapung maka ini artinya pentol sudah matang. Anda bisa mengangkat dan meniriskannya.

Tentunya, untuk menikmati pentol yang lezat akan lebih sempurna bila disajikan dengan kuah yang segar dan menggugah selera. Anda bisa membuat kuah bakso sederhana sebagaimana resep di bawah ini.

Bahan kuah bakso sederhana:

• 4 batang daun bawang, ambil bagian putihnya saja dan iris tipis
• 2 sendok teh kaldu bubuk
• 1 sendok teh merica bubuk
• 2 sendok teh gula pasir
• 2 sendok makan garam
• 200 gram tulang sapi
• 3 liter air
• 5 siung bawang merah, iris tipis, goreng, dan haluskan

Cara membuat kuah bakso:

Masak air yang telah disiapkan hingga mendidih lalu masukkan semua bahan dan aduk-aduk hingga merata. Tunggu hingga mendidih lagi dan kuah bakso gurih sederhana siap disajikan.

Tidak sulit bukan untuk membuat hidangan bakso sendiri di rumah? Selamat mencoba.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Membuat Bakso
Author Rating
51star1star1star1star1star

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *