Perkedel Kentang - Feature Image

Bingung Cara Membuat Perkedel Kentang? Simak Infonya Disini

Membuat lauk perkedel kentang tentu menarik untuk dijadikan pilihan, karena punya sensasi gurih dan pembuatannya pun mudah. Sesuai dengan namanya, menu lauk satu ini menggunakan bahan utama dari kentang. Kentang yang digunakan nantinya akan dilumatkan dan dicampur dengan beberapa bumbu sekaligus bahan tambahan lainnya.

Umumnya, orang membuat resep perkedel kentang ini untuk menemani sajian sop ayam. Keduanya memang menjadi pasangan di meja makan yang bisa dikatakan sangat cocok. Apalagi jika ditambahkan dengan sambal kecap. Meski begitu, perkedel tidak melulu hanya cocok disandingkan dengan sop ayam namun juga menu lainnya.

Cara Mudah Membuat Perkedel Kentang

Cara Mudah Membuat Perkedel Kentang

Bagi siapa saja yang memang ingin membuat perkedel kentang ini namun masih belum tahu tata caranya. Maka bisa menyimak penjelasan mengenai cara membuat perkedel kentang di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • 300 gr kentang
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah bawang merah
  • 1 sdm garam
  • 1 ikat seledri
  • 2 butir telur ayam
  • ½ sdt merica bubuk
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat perkedel kentang:

  1. Cuci bersih kentang tanpa perlu dikupas, kemudian rebus dengan air secukupnya dan tutup panci supaya cepat matang.
  2. Setelah kentang matang yakni terlihat dari umbinya yang sudah lunak, bisa ditiriskan. Kupas kulitnya, bisa memakai tangan sebab tinggal ditarik saja.
  3. Haluskan kentang rebus tersebut, bisa diuleg bisa pula ditumbuk memakai tumbukan khusus.
  4. Ambil 1 ikat seledri, cuci sampai bersih dan iris kecil-kecil kemudian masukan ke wadah yang berisi kentang tumbuk tadi.
  5. Siapkan bumbu perkedel kentang yakni menghaluskan bawang merah dan bawang putih.
  6. Tumis sebentar bumbu halus sampai wangi, kemudia tuangkan ke wadah berisi kentang tumbuk dan irisan seledri.
  7. Aduk campuran tersebut sampai rata sembari diberi merica bubuk dan garam.
  8. Setelah tercampur rata ambil sedikit adonan, bentuk bulat kemudian dipipihkan. Lakukan sampai adonan kentang habis.
  9. Taruh 2 butir telur ke dalam wadah dan dikocok lepas, celupkan kentang yang sudah dipipihkan tadi, lalu sisihkan.
  10. Panaskan minyak yang cukup banyak di wajan, setelah itu goreng perkedel yang sudah dibalut telur tadi.
  11. Pastikan api kecil agar sukses membuat resep perkedel kentang ini tanpa resiko bagian dalamnya mentah sementara luarnya gosong.
  12. Sajikan.

Bagaimana, mudah bukan proses dari cara membuat perkedel kentang tersebut? Jika membaca kemudian mengikuti semua instruksi dalam resep. Tentu hasilnya akan sesuai harapan, yakni terasa gurih dan tampilannya pun menggoda selera.

Tips Mencegah Adonan Perkedel Hancur

Apabila mendapati kesulitan dalam mempraktekan resep tersebut karena perkedel ketika digoreng malah hancur. Maka simak beberapa tips berikut agar perkedel kentang yang dibuat tidak hancur:

  • Gunakan telur yang banyak, yakni memilih telur berukuran besar agar takaran sesuai resep dan hasilnya bulat sempurna.
  • Bisa mempertimbangkan menambahkan sedikit saja tepung terigu ke dalam adonan kentang supaya lebih padat, namun tambahkan takaran gula agar tidak hambar.
  • Ketika digoreng sebaiknya minyak cukup banyak dan dalam kondisi panas, supaya panasnya minyak bisa langsung membuat bagian luar perkedel garing dan tidak pecah.
  • Sebaiknya ketika digoreng tidak dalam jumlah banyak sekaligus namun sedikit demi sedikit, sebab perkedel yang saling bersentuhan di wajan malah membuatnya mudah pecah.
  • Hindari kebiasaan mengaduk-aduk adonan perkedel yang tengah digoreng.

Perkedel yang dibuat bisa jadi malah hancur ketika masuk ke penggorengan, biasanya karena melakukan beberapa kesalahan. Dimulai dari takaran telur yang kurang sehingga kentang tidak menyatu sempurna sehingga hancur ketika digoreng. Bisa pula karena terlalu banyak ditaruh ke penggorengan, maka kenali kapasitas wajan yang digunakan. Selama tidak terlalu penuh maka perkedel yang dibuat akan tetap bulat dan cantik.

Membuat perkedel bisa membantu mengolah kentang agar lebih variatif, tidak melulu dijadikan sambal goreng ataupun dijadikan tambahan sop ayam. Pembuatan perkedel ini cukup mudah selama mengikuti resep dan digoreng dengan benar agar hasilnya sempurna. Maka cermati dan pahami dulu resep di atas, supaya ketika dieksekusi bisa menyajikan perkedel kentang yang tidak hanya enak namun juga terlihat menggoda.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Perkedel Kentang
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *