Bubur Sumsum - Feature Image

Begini Cara Membuat Bubur Sumsum yang Enak dan Lembut di Mulut

Ingin membuat kudapan manis sendiri di rumah? Agar tak bingung menentukan pilihan, maka bisa menimbang bubur sumsum atau bubur lemu. Bubur satu ini termasuk kuliner tradisional yang ternyata memiliki banyak nama. Tak hanya disebut sebagai bubur lemu, oleh beberapa daerah disebut juga dengan istilah bubur saring dan juga bubur tepung beras.

Maka tidak perlu heran jika dalam berbagai resep menu kudapan ini disebut dengan istilah lain seperti yang disebutkan tadi. Sajian manis ini lebih mudah ditemukan di pasar tradisional dan akan semakin menjamur di berbagai titik memasuki bulan Ramadhan. Sebab termasuk jenis takjil yang banyak disukai, apabila tertarik untuk membuatnya sendiri pastikan mencari resep bubur sumsum yang tepat.

Resep Kudapan Manis Bubur Sumsum

Apabila ingin belajar membuat bubur sumsum sendiri, baik untuk kebutuhan konsumsi sendiri maupun untuk tujuan dijual. Maka bisa mempelajari dan mengikuti resepnya di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • 100 gr tepung beras
  • 800 santan, dibuat dari ½ butir kelapa
  • 1 sdt garam
  • 2 lembar daun panda, dibuat simpul

Bahan untuk saus:

  • 150 gr gula merah, disisir
  • 200 ml air
  • 1 ruas jahe, dibakar lalu digeprek
  • 1 lembar daun pandan, dibuat simpul

Cara membuat saus untuk bubur sumsum:

  1. Masukan semua bahan saus di atas ke dalam panci, kemudian rebus sambil diaduk-aduk agar gula merah tidak gosong dan pahit.
  2. Setelah semua gula larut dan teksturnya mengental, bisa diangkat dan biarkan sampai dingin sebelum disajikan.

Cara membuat bubur sumsum:

  1. Siapkan wadah, bisa memakai baskom kemudian tuang tepung beras ke dalamnya dan tambahkan separuh santan sembari diaduk-aduk hingga tercampur rata.
  2. Sisa santan kemudian direbus bersama daun pandang dan garam, tunggu sampai mendidih.
  3. Tuang larutan tepung beras yang sudah dibuat tadi ke dalamnya sedikit demi sedikit sembari diaduk.
  4. Masak hingga ada letupan di permukaan adonan bubur.
  5. Matikan kompor dan tunggu hingga agak dingin.
  6. Ambil mangkok saji dan tuang bubur sumsum sesuai porsi yang diinginkan, kemudian tuang saus di atasnya.
  7. Siap untuk disajikan.

Membaca detail resep bubur sumsum ini tentu bisa menyimpulkan jika proses pembuatannya tidak sulit. Bagi pemula dianjurkan untuk menyiapkan semua bahan dan sudah ditakar supaya ketika dibutuhkan bisa langsung diolah. Nantinya juga membantu menghemat waktu, sebab tidak perlu menimbang ataupun memeras santan di tengah eksekusi resep tersebut.

Tips Pintar Membuat Bubur Sumsum

Tips Pintar Membuat Bubur Sumsum

Meskipun tata cara membuat bubur sumsum terbilang mudah, bukan berarti tidak ada resiko untuk gagal. Supaya hasilnya bagus dan rasanya enak maka bisa menyimak beberapa tips di bawah ini:

  1. Gunakan santan segar dari perasan kelapa sebab sensasi rasanya lebih gurih dibanding memakai santan instan.
  2. Ketika memasak adonan bubur pastikan diaduk terus hingga meletup-letup untuk memastikan adonan matang sempurna supaya tidak ada rasa tepung beras yang mentah.
  3. Gunakan api kecil selama proses mematangkan adonan bubur, untuk mencegah adanya adonan yang gosong terutama di bagian bawah panci yang digunakan.
  4. Gunakan bahan berkualitas, baik untuk gula merah pada saus maupun pada adonan bubur untuk memastikan kualitas rasanya maksimal alias enak.
  5. Gunakan panci khusus yang biasa dipakai untuk membuat kue atau untuk mengolah menu yang proses memasaknya lama, supaya bagian bawah panci tidak gosong yang berpotensi merusak adonan tepung bubur sumsum yang dibuat.
  6. Selalu ikuti takaran bahan dan langkah-langkah pembuatan yang tercantum dalam resep di atas.

Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan bubur tradisional ini sebenarnya bisa dikreasikan sesuai dengan selera. Beberapa orang juga menambahkan sagu mutiara untuk membuat sajian ini terlihat lebih cantik dan mengundang selera. Beberapa lagi yang lainnya memodifikasi resep agar lebih sesuai keinginan, misalnya menghapus penggunaan santan kemudian diganti susu.

Melakukan perubahan jenis bahan pada resep di atas sah saja dilakukan, namun akan memberi sensasi rasa sampai tampilan yang berbeda. Oleh sebab itu bagi para pemula dianjurkan untuk tetap mengikuti resep apa adanya sebagai langkah awal belajar. Ketika sudah lihai, maka melakukan modifikasi resep di atas bisa dilakukan agar kreasi bubur sumsum lebih beragam.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Bubur Sumsum
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *