6 Ide Sajian Berbahan Dasar Toge

Anda punya stok toge yang cukup banyak di kulkas dan bingung harus diolah menjadi apa? tak perlu bingung sebab sayur yang berasal dari kecambah kacang hijau ini mudah untuk diolah. Bahkan dengan sedikit bumbu dan tambahan beberapa bahan sederhana sudah menciptakan sajian lezat dan berbeda.

Ide Sajian Berbahan Dasar Toge

Apabila bingung mengolah toge karena merasa pilihan menu makanan yang dibuat dengan toge ini sangat terbatas. Maka Anda keliru, sebab bisa memilih beberapa inspirasi atau ide kreatif berikut ini:

1. Ditumis dengan Kerang

Siapa sangka kecambah dari kacang hijau ini bisa ditumis dengan kerang yang memberikan rasa sedap menggoda. Gunakan kerang berkualitas dan sudah direbus lalu dikeluarkan dari cangkang. Kemudian tumis dengan irisan bawang merah, bawang putih, cabai, dan sedikit jahe yang digeprek. Terakhir masukan kecambah ini dan saus tiram, aduk sebentar dan siap disajikan.

2. Dibuat Orak-Arik

Toge - Dibuat Orak-Arik

Tak hanya bisa ditumis, kecambah kacang hijau ini juga bisa diolah menjadi orak-arik yang dipadukan dengan daging sekaligus beberapa jenis sayuran. Seperti irisan mentimun maupun kol dan wortel. Gunakan irisan bawang bombay dan bawang putih, setelah ditumis sampai harum masukan sayuran dan kecambah ini. Aduk sebentar lalu tuang saus tiram, dan siap disantap bersama nasi hangat.

3. Ditumis dengan Sayur Chaisim

Sebagai salah satu jenis sayuran, ternyata tetap sedap dan menggoda selera ketika diolah bersama sayuran lain. Sayur toge juga bisa ditumis bersama chaisim yang masih satu keluarga dengan sawi. Gunakan bumbu sederhana dari irisan bawang putih dan beri sedikit merica.

Jika suka bisa menambahkan telur lalu diaduk sebentar dan disajikan, dijamin tak akan kecewa dengan rasanya. Proses pembuatannya juga mudah dan cepat, apalagi chaisim pun mudah matang atau cepat layu setelah sebentar dipanaskan. Tentunya sangat cocok disantap di jam-jam makan siang maupun malam.

4. Ditumis Memakai Bumbu Saus Tiram

Toge - Ditumis Memakai Bumbu Saus Tiram

Kecambah kacang hijau ini juga sangat sedap diolah dengan bumbu saus tiram, bisa memakai saus tiram dalam kemasan. Tambahkan irisan bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay. Jika suka pedas bisa ditambahkan irisan cabai baru kemudian memasukan kecambah ini di wajan setelah dicuci bersih.

Tambahkan saus tiram lalu aduk sebentar, dan bisa pula ditambahkan irisan tempe maupun tahu. Agar lebih sedap dan tampilannya menggoda selera, apabila sudah matang yakni terlihat dari kecambah yang terlihat layu. Silahkan angkat dan sajikan tumis toge saus tiram.

5. Dibuat Sayur Bening

Tak hanya bayam yang bisa dibuat menjadi sayur bening bahkan kecambah kacang hijau maupun kedelai pun cocok dimasak demikian. Cuci bersih kecambah lalu tiriskan, dan tumis irisan bawang putih dan bawang merah. Setelah harum tambahkan air sebagai kuah dan beri kaldu ayam.

Terakhir bisa memasukan kecambah dan aduk sebentar, jika ingin lebih sedap bisa menambahkan irisan daun bawang. Setelah mendidih silahkan disajikan ke mangkok selagi masih hangat. Sangat simpel dan cepat untuk dibuat, biasanya orang memasak menu ini sebagai sajian makan siang.

6. Diolah Menjadi Sayur Santan dengan Tempe atau Tahu

Toge - Diolah Menjadi Sayur Santan dengan Tempe

Jika kurang suka atau malah bosan dengan sajian sayur bening maka kecambah kacang hijau ini juga bisa dimasak memakai santan. Gunakan bumbu yang terdiri dari irisan bawang putih, bawang merah, dan cabai. Tumis sebentar kemudian masukan irisan tempe atau mungkin tahu lalu siram dengan santan.

Sesuaikan tingkat kekentalan santan sesuai selera, jika tidak ingin terlalu kental bisa menambahkan air secukupnya. Setelah itu bisa menambahkan kaldu ayam agar terasa lebih sedap dan gurih. Koreksi rasa, jika kurang sedap atau hambar bisa menambahkan garam dan gula secukupnya. Sayur santan dari toge pun siap disajikan, lebih sedap disantap saat makan siang bersama sepiring nasi hangat.

Kecambah dari kacang hijau memang kerap dijadikan sebagai bahan pelengkap, misal untuk isian tahu isi dan pecel. Namun siapa sangka jenis sayuran berwarna putih dan berukuran kecil ini bisa diolah lebih kreatif lagi. Beberapa sudah dijelaskan di atas sehingga persediaan toge di rumah tidak akan terbuang sia-sia.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Toge
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *