05
Jan 2019

5 Trik Mempercepat Perputaran Konsumen di Restoran!

Terkadang kita ingin membuat konsumen nyaman dengan fasilitas restoran yang serba lengkap dan unik. Mulai dari dekorasi, furniture, hingga kelengkapan hidangan yang berbeda dari yang lainnya untuk memberikan pengalaman yang berbeda untuk pelanggan.


Namun perlu kita akui, sesungguhnya bisnis kita akan lebih profitable ketika menarik lebih banyak massa, mungkin hal ini bisa kita tanggulangi dengan penambahan kapasitas di restoran, namun bayangkan bila perputaran konsumen per hari kita bisa lebih dari rata-rata, pastinya profit yang kita dapatkan akan lebih besar juga bukan?


Gimana sih caranya biar perputaran konsumen di restoran kita bisa lebih cepat? Ini tiga trik yang bisa Anda aplikasikan di bisnis masing-masing.


1. Memutar Lagu Keras-Keras!

Eits, tentunya tidak sampai volume maximal yang menggangu ya. Kehadiran lagu yang cukup besar untuk tidak hanya menjadi backsound saat makan akan memengaruhi psikologi konsumen kita agar makan dan minum dengan lebih cepat. Kehadiran music ini menstimulasi otak konsumen untuk beraktifitas lebih tinggi. Dengan begitu, hidangan yang disediakan akan lebih cepat habis.


2. Tempat Duduk yang Sengaja di Setting di Tengah Restoran

Dengan menempatkan tempat duduk ditengah restoran, pelanggan akan merasa “diawasi” tanpa menimbulkan rasa tidak nyaman. Rasa “diawasi” yang ditimbulkan cukup untuk membuat mereka menyelesaikan hidangan dan percakapan dengan ringkas. Ketika konsumen duduk di pojok restoran otomatis mereka akan merasa lebih leluasa dan rileks, itu sebabnya banyak konsumen yang menempati posisi duduk di pojok ruangan cenderung menghabiskan waktu lebih lama dari yang duduk di tengah-tengah restoran.


3. Dekorasi Restoran dengan Warna Hangat

Warna-warna hangat yang eye-catching seperti merah, kuning, dan orange secara psikologis menstimulasi rasa keinginan kita untuk mengkonsumsi hidangan dengan lebih bersemangat. Secara singkat, warna-warna ini dapat melipatgandakan rasa “lapar” kita dan efek samping lainnya, selain membuat kita semakin lahap menyantap hidangan yang ada, juga tentunya bisa memacu kita secara tidak sadar untuk membeli hidangan tambahan! Jadi, tidak heran banyak restoran fast food diluar sana yang menggunakan warna-warna hangat sebagai tema warna mereka. 


4. Dekorasi Ruangan yang Terkesan “Penuh”

Dengan dipasangnya berbagai dekorasi ruangan yang “ramai” membuat konsumen secara tidak sadar merasa harus memberikan ruangan kepada konsumen yang lainnya. Hal tersebut memberikan impresi bahwa “anda tidak sendiri” dan menstimulasi keinginan untuk lebih cepat menghabiskan hidangan tanpa merasa “diusir”


5. Menggunakan Tempat Duduk yang Kurang Nyaman

Walaupun terkesan kurang menyenangkan, ternyata konsumen secara tidak sadar akan lebih cepat menyelesaikan segala urusannya ketika kursi yang didudukinya tidak empuk/nyaman. Hal ini terkesan sebagai “logika dasar” bagi beberapa orang, namun hal kecil seperti ini yang sering terlewatkan oleh pengusaha kuliner yang biasanya focus pada ide-ide besar yang ingin direalisasikan.

Trik ini telah diaplikasikan berbagai restoran ternama dan fast food chain di seluruh dunia, mungkin next time ketika kita datang ke sebuah restoran bisa langsung inspeksi nih! Apakah benar mereka memakai trik ini juga?

Operational Human Resource