05
Jan 2019

5 Hal Yang Harus Anda Siapkan Sebelum Membuka Franchise

Hari gini franchise udah gak lagi berdatangan dari luar negeri, banyak brand local yang udah bisa berdiri secara independen dan mampu membuka franchise bagi usahanya. Ketika usaha kita sudah rapih secara operasional dan keuangan, maka pastinya setiap pebisnis kuliner ingin meninggikan skala usahanya dengan membuka franchise. Lalu, apa saja sih yang harus kita siapkan untuk bisa membuka franchise?


Konsep Bisnis yang Solid

Konsep bisnis kita akan menjadi fondasi sebagai penggerak system. Tidak hanya rapih dan sistematis, system operational franchise yang kita buat juga harus tangguh tidak tergoyahkan oleh waktu, dimana konsep bisnis inilah yang akan diadopsi oleh franchise kita lainnya. Jadi pastikan dulu ya bisnis kita sudah memiliki system operasional yang tangguh dan sudah teruji selama bertahun-tahun durabilitasnya. Tentunya diperlukan proses trial and error untuk menemukan konsep bisnis yang solid. Trust in the process guys!


Team Manajemen Terpusat yang Kuat

Dalam menangani berbagai kompleksitas dalam mengelola franchise tentunya kita perlu untuk membentuk team manajemen terpusat. Team manajemen terpusat ini nantinya akan mengelola system franchise kita, memastikan setiap franchise memberikan laporan performanya, serta team manajajemen juga harus mengerti perihal hukum dan etika franchise. Maka dari itu diperlukan pengetahuan lebih dari mengelola restoran saja, tapi team manajemen juga harus menguasai ilmu-ilmu franchise secara spesifik.


Keunikan Produk yang Akan Dijual

Diferensiasi produk selain akan memberikan ciri khas brand kita, juga akan memberikan kemudahan dalam proses penetrasi produk ke pasar. Semakin unik produk kita, makan akan semakin tinggi juga loyalitas konsumen dengan brand kita, maka usahakanlah produk yang kita lahirkan tidak mudah ditiru oleh yang lainnya. Keunikan tidak hanya datang dari produk yang dijual, dari segi pelayanan dan fasilitas yang ada juga dapat memberikan pengalaman berbeda bagi konsumen kita.


Paket Pendanaan

Paket pendanaan yang ditawarkan ke franchisee haruslah dihitung secara mendetail, mulai dari perlengkapan toko, stock makanan, gaji karyawan, hingga kebutuhan operasional lainnya. Dimana paket pendanaan ini akan menjadi acuan kita dalam menawarkan produk kepada franchisee di kemudian hari.


Persiapan Dokumentasi

Dokumentasi yang perlu kita persiapkan tidak hanya tentang organisasi franchisor namun juga berkas-berkas penting yang akan diserahkan maupun  dipinjamkan kepada franchisee. Dimana berkas-berkas ini juga harus menggambarkan visi organisasi dan bagaimana cara mengimpelentasikan system operasional bisnis yang sudah disiapkan.

Dan jangan lupa juga guys, kita perlu memastikan legal audit Hak Kekayaan Intelektual brand kita sebelum membuka franchise. Jadi, setelah melihat lima persiapan utama diatas apakah bisnis kamu sudah siap untuk membuka franchise?

Operational Kemitraan Legal