05
Jan 2019

5 Hal yang Harus Anda Pikirkan Ketika Mendesain Restoran

Seberapa penting kah mendesain layout restoran dengan baik? Sangat penting! Karena hal ini akan menentukan experience yang customer alami ketika makan dan minum di restoran atau cafe Anda.

Ketika pertama datang, customer sudah melihat dari luar bagaimana bentuk restoran atau cafe Anda. Apakah terlihat mengundang? Terlihat sudah usang? Atau tidak terlihat sama sekali? Saat mereka masuk pun sangat banyak hal yang bisa di notice oleh customer.

Apakah ruangannya luas? Sempit? Apakah kursi-kursinya terlihat baru atau bekas? Apakah bunga atau dekorasi lainnya terlihat sangat estetik apa tidak? Apakah musik yang mereka dengar terlalu keras? Atau tidak terdengar sama sekali? Atau malah tidak cocok dengan genre musiknya?

Semua hal ini berpengaruh untuk kepuasan pelanggan ketika mereka datang ke outlet Anda.

Berikut 5 hal yang harus Anda pikirkan baik-baik ketika mendesain layout restoran Anda.


1. Pilihan Dekorasi

Tergantung dari tipe restoran atau cafe Anda. Jika Anda memilih positioning sebagai restoran tradisional maka tentu pilihan dekorasi Anda juga harus terlihat tradisional. Jangan gunakan barang-barang kekinian.

Jika Anda memilih branding sebagai cafe ala Italia, maka pilih lah dekorasi yang sejalan dengan ciri khas negara Itali. Mungkin Anda bisa pajang foto-foto pegunungan Sicilia atau perkotaan Milan.

Intinya sih, jangan ngawur ketika memilih dekorasi.


2. Pilihan Warna

Ini juga kadang terlewat oleh para pebisnis kuliner.

Logo restoran atau cafenya padahal berwarna merah. Tapi ketika masuk ke dalam isinya malah warna hitam semua. Gak cocok dong dengan brand Anda.

Kalau memang logo dari brand restoran Anda berwarna merah. Maka gunakan dekorasi, kursi, meja, ataupun poster-poster yang berwarna merah juga. Tidak harus semua, tapi ya setidaknya ada warna merahnya walaupun sedikit.

Intinya sih, jangan sampai warna-warna yang Anda pilih di logo tidak sesuai dengan warna-warna yang Anda pilih di dalam restoran itu sendiri.


3. Musik yang Sesuai

Ini lebih penting lagi untuk Anda para pemilik cafe.

Karena ketika hangout di cafe bersama teman-temannya, pasti customer Anda akan mendengarkan musik dari speaker yang Anda punya. Jangan kira mereka tidak notice.

Kalau memang target market Anda anak-anak muda, maka pilih lah lagu-lagu yang sedang hits di jaman sekarang. Kalau Anda owner restoran keluarga, jangan mainkan lagu EDM. Pilihlah lagu-lagu lawas.

Musik yang bagus dan sesuai akan membuat experience sepuluh kali lebih baik, loh!


4. Aroma yang Menggoda

Aroma adalah salah satu hal inti yang kita gunakan untuk menilai sebuah makanan.

Tidak peduli makanan terlihat sebagus apapun, dan rasanya sebagus apapun, kalau baunya tidak enak kita tidak akan ingin memakannya. Dan restoran yang baik bisa memanfaatkan aroma ini dengan baik.

Jika Anda berjualan pizza maka pastikan aroma pizza Anda yang lezat mampu menghampiri hidung pelanngan Anda di setiap sudut restoran. Terutama yang baru datang atau yang sedang mengantri. Karena mereka yang paling excited.

Jangan sampai ada bau yang tidak enak datang dari outlet Anda. This will kill the mood!


5. Lighting yang Sesuai

Lighting yang baik akan membantu customer Anda merasakan experience yang baik juga.

Jika restoran Anda memang lebih cocok untuk makan siang, maka layout restoran Anda harus memiliki lighting yang natural dari cahaya matahari. Kalau cafe berarti Anda bisa membuat lighting yang memang paling bagus difoto saat sore hari.

Jangan sampai Anda positioning sebagai tempat makan keluarga, tapi lighting outlet Anda gelap seperti di bar atau club. Bingung kan jadinya.

Nah ketika Anda merancanakan untuk mendesain layout restoran, jangan lupakan 5 point penting ini agar customer Anda merasakan experience yang tidak terlupakan.


Operational Marketing Branding