04
Jan 2019

3 Hal Kecil yang Membuat Customer Selalu Ingat Brand Anda

Ketika kita pertama kali menginjakkan kaki di sebuah restoran, alam bawah sadar kita sudah mulai aktif dan bergejolak. Mungkin secara sadar otak kita tidak aktif menganalisis setiap aspek restoran tersebut seperti suasana, layout, music, maupun estetikanya, tapi alam bawah sadar kita akan selalu merasakan ketika ada hal yang “rasanya tidak oke”.

Memanage sebuah restoran itu tidak mudah memang. Bahkan yang outletnya kecil sekali pun pasti saja selalu ada masalahnya. Banyak juga yang mengeluh kalau tempatnya sering sepi.

Kalau masalahnya sepi, biasanya banyak pebisnis yang otaknya langsung masuk ke gigi 5, siap dipacu terus-terusan untuk mencari solusi. Mereka bakal kepikiran untuk launching menu baru, promosi besar-besaran di media sosial, ataupun pasang banner yang lebih besar dari para caleg.

Semua itu fine-fine aja, tapi sebenarnya ada beberapa hal kecil yang mungkin tidak terlalu dipedulikan oleh para owner restoran, yang efeknya sangat besar terhadap kepuasan pelanggan.


Hal-hal kecil ini akan berpengaruh besar terhadap sukses tidaknya sebuah bisnis kuliner.


1. Kamar Mandi yang Bersih

Ini paling membuat pelanggan ilfeel kalau datang ke tempat makan.

Okelah, makanan Anda tasty semua, minumannya pun bikin seger mampus, nongkrong juga asik karena wifinya sekenceng angin topan, tapi ketima masuk ke kamar mandinya? Rusak semua sudah.

Memang pelanggan ke kamar mandi hanya sesekali, tidak terlalu sering. Tapi jangan jadikan ini alasan untuk tidak membersihkan kamar mandi sekinclong mungkin.

Kalau kamar mandi restoran Anda bersih, pelanggan tidak akan berhenti mempromosikan selama berminggu-minggu, “Eh, tau gak sih itu kamar mandi Marka Coffee bersih abis. Gue nongski lama-lama juga sans ga keganggu.”


2. Pelayan yang Ramah

Ini wajib untuk semua restoran atau café. Tapi kadang ada tempat makan ataupun minum yang membuat pelanggan terkagum-kagum sama para waitersnya. Sampai-sampai teriak “WOW” saking kagetnya.

Di Sushi Hiro, cara mereka meminta review dari pelanggan sungguh luar biasa ramah. Anda boleh coba ketika datang ke sana.

“Mas, mau minta waktunya sebentar boleh ya, kita sedang ada penawaran es krim gratis untuk desertnya,” begitu kata si mbaknya. “Syaratnya gampang kok Mas tinggal review kita aja di Zomato.”

Biasanya Anda pasti kesal jika ditawarin yang begituan, tapi saking ramah dan murah senyumnya si mbak ini, pasti Anda akan jadi bersedia menulis beberapa ratus kata untuk review Sushi Hiro di Zomato.

Setelah pergi dari tempat pun, Anda akan terus ingat keramahan para waitersnya.


3. Attention to Detail

Ini bisa banyak maksudnya, dari pilihan musik, pilihan tema, pilihan warna tembok, sampai deskripsi makanan dan quotes-quotes yang menggantung di tembok.

Anda harus coba datang ke Nanny’s Pavilion karena attention to detailnya luar biasa sekali. Deskripsi makanan yang ada di menunya lucu-lucu banget, bahkan ada cerita-ceritanya. Plus dekorasinya juga wah banget sampe hal kecil seperti gorden, bunga, lemari, dan hiasan-hiasan lainnya semua terlihat bagus. Bener-bener kita merasa sedang di rumah nenek.

Mungkin banyak owner tempat makan yang merasa kalau hal-hal kecil seperti ini pasti tidak ada yang memperhatikan, padahal hal-hal seperti ini lah yang bakal membuat customer ingat dengan brand Anda.


3 hal kecil inilah yang akan membuat pelanggan selalu ingat dengan brand Anda.


Jadi, jangan sampai Anda hanya memikirkan promosi besar-besaran, tapi pikirkan juga hal-hal kecil yang membuat pelanggan yang datang merasa nyaman dan tentram.

Operational