makanan khas bogor

10 Rekomendasi Kuliner Bogor yang Unik Sekaligus Lezat

Bogor menjadi destinasi menarik untuk menikmati kegiatan wisata, menariknya disini juga kaya akan kuliner Bogor yang cita rasanya memanjakan lidah. Maka ketika memutuskan berlibur ke kota ini pastikan menikmati pula kegiatan wisata kuliner. Terdapat sejumlah kuliner khas yang terkenal akan cita rasanya yang enak sehingga sangat wajib untuk dinikmati selagi singgah.

Rekomendasi Kuliner Terbaik di Bogor

Apabila berkunjung ke Bogor maka pastikan menikmati wisata kuliner di Bogor karena akan mendapati banyak makanan unik dan enak. Berikut beberapa rekomendasi terbaiknya:

1. Pepes Sagu

pepes sagu

Ketika mendengar nama kuliner Bogor ini disebut dijamin akan membayangkan pepes dengan cita rasa gurih dan sedikit pedas. Namun jangan beranggapan jika pepes sagu ini juga menjadi lauk saat menyantap nasi seperti kebanyakan pepes lainnya. Sebenarnya pepes sagu merupakan adonan dari tepung sagu diberi isian pisang, sehingga menjadi kudapan manis khas Bogor yang wajib dinikmati.

2. Laksa Bogor

laksa bogor

Sepertinya masyarakat Bogor menjadi pecinta sejati oncom dan olahannya, jika ingin mencicipi olahan oncom. Maka bisa mencoba menyantap seporsi laksa Bogor yang terkenal unik dan enak. Sajian ini berisi potongan ketupat yang diguyur kuah opor dengan bumbu khas. Sebab ditambahkan oncom yang memberi sensasi unik dan memanjakan lidah saat masuk ke mulut.

3. Cungkring

cungkring

Suka dengan olahan jeroan? Maka sangat cocok jika menyantap kuliner Bogor bernama cungkring. Cungkring ini merupakan potongan jeroan daging sapi dan isi kepala sapi yang ditusuk ke tusuk sate. Kemudian direndam lama dengan bumbu berwarna kuning yang kaya rempah, baru dibakar. Saat disajikan maka akan disiram bumbu kacang, dijamin ketagihan.

4. Ngo Hiang

1507888787526-ngo_hiang_cover-x

Terdapat salah satu sajian dari Tonghoa yang masuk ke Bogor dan menjadi kuliner wajib disantap para wisatawan. Sajian ini aslinya menggunakan daging babi sebagai isian namun kini dibuat lebih ramah untuk umat muslim, karena diganti daging ayam ataupun udang. Keunikannya adalah dibuatnya adonan berisi daging giling kemudian digoreng dan disiram dengan kuah ngo hiang yang khas.

5. Bapatong

bapatong

Bagi pecinta bakso maka ketika menikmati wisata kuliner di Bogor pastikan memasukan bapatong ke dalam menu yang wajib diicip. Bakso satu ini sekilas mirip dengan bakso kebanyakan. Namun ketika diaduk akan mendapati ketupat dan potongan iga, sehingga dijamin menyukainya.

6. Es Pala

es pala

Pala ternyata bukan hanya rempah yang sedap ditambahkan pada beberapa masakan namun bisa diolah menjadi manisan dan es. Ketika ke Bogor maka Anda bisa mencicipi es pala yang legendaris dan menjadi kuliner Bogor wajib dijajal. Es ini berisi potongan tipis pala yang ditambahkan gula dan es batu, sangat segar.

7. Toge Goreng

toge goreng

Suka dengan toge? Jika berkunjung ke Bogor silahkan mencicipi kelezatan toge goreng yang sangat terkenal disini. Toge ini merupakan sajian berbahan utama toge segar yang disiram dengan saur tauco. Menambah cita rasa dan tampilannya sajian ini kemudian dilengkapi kerupuk mie.

8. Doclang

doclang

Jakarta terkenal akan sajian ketoprak, sementara di Bogor Anda akan mendapati doclang yang sangat khas dan legendaris. Sajin ini memakai potongan lontong yang disajikan bersama kentang dan telur rebus. Rasanya semakin sedap karena disiram dengan sambal kacang dalam jumlah banyak. Tidak mengherankan jika menjadi kuliner Bogor yang legendaris dan kaya penggemar.

9. Asinan Jagung Bakar

asinan jagung bakar bogor

Asinan menjadi salah satu sajian yang sangat terkenal di Jawa Barat. Khususnya Jakarta dan Bogor. Namun di Bogor terdapat asinan unik yang memakai serutan jagung manis yang diguyur saus asinan dengan bumbu khas. Rasa manis dari jagung berpadu apik dengan saus yang asam dan pedas, dijamin lidah bergoyang.

10. Soto Mie

resep soto mie

Bogor juga memiliki soto mie yang legendaris dan bahkan sangat khas kota Bogor. Sajian ini tampil menggoda dengan isian lengkap. Dimulai dari daging, tetelan, irisan kol, mie basah, kentang, dan juga lobak.

Memanjakan lidah di tengah kunjungan wisata ke Bogor maupun kunjungan bisnis adalah keharusan. Ada banyak kuliner Bogor yang menanti untuk dicicipi, beberapa sudah disebutkan di atas silahkan memilih yang memang sesuai dengan selera.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Kuliner Bogor
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *