masakan ayam

10 Masakan Nusantara Berbahan Dasar Daging Ayam

Sekian jenis lauk yang bisa dijadikan pilihan tentu tidak dapat dipungkiri jika lauk berbahan dasar daging ayam menjadi favorit banyak orang. Hewan berkaki dua ini termasuk jenis unggas konsumsi yang sangat populer di tanah air bahkan di berbagai negara. Dagingnya yang mudah diolah, rasa yang gurih, dan harga yang ekonomis membuatnya banyak dipilih.

Mengenal Masakan Nusantara dari Daging Ayam

Daging unggas satu ini sangat populer di tanah air bahkan ada banyak makanan hasil olahan ayam khas nusantara. Artinya ada banyak makanan khas dari berbagai daerah yang mempergunakan sumber protein hewani satu ini. berikut beberapa diantaranya:

1. Ayam Kesrut dari Banyuwangi

Ayam Kesrut dari Banyuwangi

Jika mencari olahan daging unggas ini di Banyuwangi maka akan menjumpai menu khas yang bertajuk ayam kesrut. Menu khas ini menjadi makanan khas suku Osing yang berdiam di Banyuwangi. Olahan ini menggunakan beragam jenis rempah yang membuat aromanya menggoda selera.

2. Ayam Taliwang dari Sumbawa

ayam-taliwang

Beralih ke Nusa Tenggara Barat tepatnya di Sumbawa maka akan menjumpai menu khas bernama Taliwang. Kuliner satu ini dibuat dengan membakar daging unggas favorit sejuta umat dengan bumbu pilihan. Biasanya disajikan pula dengan plecing kangkung dan jika ingin praktis dalam menyantapnya bisa singgah ke salah satu tempat makan di Sumbawa.

3. Ayam Betutu dari Bali

57.-Ayam-betutu-1

Jika mencari makanan yang dibuat dengan ayam di Bali dijamin akan langsung ingat dengan nama betutu. Daging unggas pilihan diolah dengan aneka jenis rempah kemudian dibungkus daun pisang dan dibakar di atas arang membara. Bumbunya yang sedap dan terasa agak pedas dijamin memanjakan lidah penikmatnya.

4. Ayam Paniki dari Maluku

ayam paniki

Maluku juga punya makanan hasil olahan ayam yang khas, yakni Paniki yang terkenal akan cita rasa pedasnya. Tak hanya pedas namun juga sangat gurih berkat penambahan santan kelapa kental ketika diolah. Ketika mampir ke Maluku tepatnya di Ternate jangan sampai terlupa mencicipinya.

5. Ayam Tangkep dari Aceh

ayam-tangkap-MAHI-5

Sedangkan di Nangroe Aceh Darusalam Anda bisa mencicipi kelezatan menu tangkep yang juga memakai daging unggas super gurih ini. merupakan olahan ayam yang digoreng dengan beberapa bumbu yang khas. Keunikan lain dari menu khas Serambi Mekkah ini adalah adanya beberapa daun yang ikut digoreng.

6. Ayam Cincane dari Samarinda

Ayam-cincane

Indonesia memang kaya akan kuliner khas yang enak, jika ke Samarinda Anda bisa mencicipi cicane. Olahan daging unggas satu ini sangat terkenal di Samarinda dan termasuk menu spesial. Dikatakan demikian karena cincane sering disajikan di pesta pernikahan, namun kini bisa dinikmati di berbagai tempat makan.

7. Ayam Kalasan dari Jogja

ayam-goreng-kalasan

Beralih ke Jogja, disini juga punya menu ayam spesial dan khas yakni kalasan. Menu satu ini sangat terkenal dan wajib dicicipi ketika singgah di kota gudeg ini. kalasan berasal dari Sleman, Jogja dan merupakan daging yang digoreng. Uniknya terdapat remahan berasal dari tepung yang menyelimuti permukaan dagingnya.

8. Ayam Woku dari Manado

resep-ayam-woku-manado

Sedangkan di Manado Anda bisa mencicipi menu bernama woku yang terbuat dari daging unggas dengan cita rasa pedas. Menu satu ini terkenal akan rasanya yang super enak berkat rempah-rempah yang membanjiri dagingnya. Meski pedas dijamin membuat lidah ketagihan.

9. Ayam Rica-Rica dari Manado

ayam rica rica manado

Semua orang dijamin kenal dengan menu rica-rica dari daging unggas ini, namun menu satu ini ternyata berasal dari Manado. Ketika disantap di daerah asalnya maka akan mendapati rasa super pedas namun gurih sehingga membuat lidah bergoyang. Ketika ke Manado jangan lupa untuk mencicipinya.

10. Ayam Bumbu Hijau Banda dari Maluku

ayam bumbu hijau

Maluku juga memiliki kuliner atau makanan yang dibuat dengan ayam bernama bumbu hijau Banda. Menu satu ini mempergunakan bumbu pedas yakni sambal memakai cabai hijau dicampur beberapa rempah pilihan. Rasa pedasnya berpadu sempurna dengan kegurihan daging yang digunakan, sehingga wajib untuk dicoba.

Indonesia memiliki banyak kuliner khas, siapa sangka beberapa daerah menggunakan daging unggas untuk menyediakan kuliner khas tersebut. Beberapa kuliner khas yang mempergunakan daging ayam sudah disebutkan di atas, hendak mencoba yang mana dulu?

Summary
Review Date
Reviewed Item
Ayam
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *