makanan khas semarang 2

10 Kuliner Semarang yang Cocok untuk Memanjakan Lidah

Tidak lengkap rasanya jika berlibur ke Semarang namun belum ada satupun kuliner Semarang yang masuk ke mulut. Padahal kota Semarang memiliki sajian khas dan dikenal sukses memanjakan lidah yang siap untuk dicicipi. Luangkan waktu menjelajahi beberapa tempat makan di kota Atlas ini untuk menikmati sajian-sajian khasnya.

Sajian Lezat Khas Kota Semarang

Semarang menawarkan sensasi wisata kuliner Semarang yang dijamin berkesan, karena ada banyak sajian istimewa siap membuat lidah ketagihan. Berikut beberapa rekomendasinya:

1. Nasi Goreng Babat dan Babat Gongso

4.-Nasi-goreng-babat-bongso-Semarang

Semarang memiliki sajian khas yang sulit untuk ditolak yakni sajian nasi goreng babat dan babat gongso. Babat sendiri merupakan salah satu jenis jeroan pada sapi yang tebal dan berwarna gelap. Biasanya dipotong kotak kecil-kecil dan dicampurkan pada olahan nasi goreng. Jika dibuat gongso maka ditumis dengan aneka bumbu, dan keduanya wajib dicicipi.

2. Nasi Ayam

nasi ayam

Saat berlibur ke Jogja mungkin Anda menyantap nasi gudeg, jika ke Solo maka akan menikmati sajian nasi liwet. Bagaimana jika ke Semarang? Tak perlu cemas karena ada kuliner Semarang bernama nasi ayam yang terbilang khas dan terkenal enak. Sajian ini merupakan sepiring nasi diguyur kuah opor kuning dan dipadukan dengan sambal krecek, sate telur puyuh, sate usus, dan suwiran daging ayam.

3. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal

Semarang memiliki sajian khas yang terkenal enak memakai bumbu petis, yakni tahu gimbal yang mudah didapatkan. Sebab banyak penjaja kuliner ini menawarkannya di tepi jalan. Sajian ini berisi potongan lontong, irisan rempeyek udang, irisan telur ceplok, irisan kol, dan tauge. Sebelum disajikan akan disiram dengan bumbu kacang memakai petis, dijamin menyukainya.

4. Burung Belibis

burung belibis

Sajian dari burung atau unggas ternyata cukup terkenal di Semarang, dan salah satu kuliner Semarang berbahan burung adalah burung belibis. Burung belibis akan diolah dengan bumbu kaya rempah. Direbus dan diungkep cukup lama memakai api kecil sehingga bumbu meresap dan dagingnya empuk. Sekali mencoba dijamin akan langsung jatuh cinta.

5. Nasi Pindang

nasi pindang

Ketika mendengar kata pindang biasanya akan dikaitkan dengan olahan ikan, seperti ikan tuna. Namun jika menikmati wisata kuliner Semarang dan mendengar menu bernama nasi pindag akan terkejut. Sebab olahan ini tidak memakai pindang sama sekali karena merupakan nasi disiram sayur daging sapi dengan kluwak sehingga warnanya gelap. Namun sedap dan memanjakan lidah sehingga sangat layak dicoba.

6. Sate Buntel

sate buntel

Sate buntel juga terkenal sebagai kuliner Semarang yang sangat tepat untuk dicicipi sebagai menu makan siang. Sate jenis ini memakai daging sapi yang dihaluskan atau digiling kemudian dibalut dengan gajih. Selanjutnya akan dibakar di atas bara api, biasanya memakai arang. Olesan bumbunya yang khas membuat aroma dan rasanya semakin memikat.

7. Wedang Tahu

wedang tahu

Jika merasa kedinginan dan memerlukan minuman hangat,, maka saat ada di Semarang silahkan mencicipi kehangatan wedang tahu. Wedang ini memakai kembang tahu yang merupakan olahan dari sari kedelai. Disajikan bersama kuah dari jahe dan gula merah yang terasa hangat dan membuat lidah ketagihan.

8. Mangut Welut

mangut welut1

Mangut welut atau belut air tawar juga menjadi sajian khas dari kota Semarang yang sebaiknya dinikmati. Sajian ini membuat belut yang sekilas mirip ular menjadi sangat lezat karena perpaduan rempahnya yang khas dan berlimpah.

9. Sate Kalak

sate kalak

Jika ingin mencicipi kuliner baru di Semarang maka bisa menjajal sensasi kelezatan sate kalak yang mencuri perhatian. Meski menjadi kuliner baru namun sajian ini dijamin membuat lidah ketagihan. Sate ini sebenarnya memakai bahan utama daging ayam namun diolah dengan bumbu yang khas sehingga lezat sekaligus unik.

10. Mie Kopyok

mie kopyok

Semarang juga dikenal punya sajian mie yang enak dan unik, yakni mie kopyok yang sangat legendaris. Sajian ini memakai potongan lontong, irisan tahu goreng, dan toge yang diguyur kuah kaya rempah. Lalu ditaburi irisan seledri dan kerupuk sehingga cita rasanya lebih mantap.

Semarang menawarkan tempat menarik untuk dikunjungi sekaligus ragam kuliner khas yang sayang jika tidak dicicipi. Silahkan memilih beberapa kuliner Semarang yang khas di atas untuk memanjakan lidah selama di kota Atlas ini.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Kuliner Semarang
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *