Brand & Branding

THE RISE OF COFFEE-TAINMENT

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 19 Februari 2025

 

Perkembangan coffeeshop di Indonesia memang sangat menarik dan menantang, hampir setiap minggu sepertinya ada-ada ajah coffeeshop yang baru yang muncul di setiap daerah, dengan berbagai konsep yang standar ajah sampe yang bikin geleng-geleng kepala liat nya. Namun, sebetulnya hal ini tidak terlalu mengejutkan karena memang konsumsi kopi di Indonesia di prediksi akan terus meningkat beberapa tahun ke depan, pertumbuhan CAGR mencapai 10% dalam beberapa tahun ke depan (sumber: Pangsa Pasar Kedai Kopi Indonesia Diperkirakan Capai USD 2,1 Miliar), yang artinya pasarnya masih sangat seksi. Sekilas saja dalam beberapa kesempatan di Korea Selatan, terlihat sangat jelas bahwa tingkat konsumsi kopi di Indonesia masih tidak semassive di Korea Selatan dari konsumsi gelas per harinya, dan hal ini juga didukung dengan perkembangan brand coffee di Korea Selatan yang jumlah mencapai ratusan dan ribuan cabang seperti Mega Coffee, Compose Coffee, Ediya Coffee, Starbucks Coffee, Twosome Place, padahal jumlah penduduknya hanya 80 jutaan, bandingkan dengan Indonesia yang sudah mendekati 300 juta jiwa.

Hal lain yang bisa jadi indikator pasar coffeeshop yang masih sangat seksi di Indonesia, adalah fenomena ekspansinya brand-brand seperti Tomoro Coffee, Kopi Kenangan, Fore Coffee, Toko Kopi Tuku, Janji Jiwa yang mencapai puluhan dan ratusan outlet di seluruh Indonesia, ini belum ditambah berbagai coffeeshop lokal yang juga terus tumbuh, walaupun memang secara pemberitaan tidak seheboh beberapa brand di atas, namun bisa jadi brand-brand ini bahkan lebih besar secara revenue outlet per outletnya. Pertumbuhan pasar kopi ini juga makin seru dengan maraknya muncul model bisnis coffeeshop "sepeda" dan "motor" dengan daya saingnya harga dan kemudahan untuk dijangkau oleh konsumen. Makin seru lagi, kabarnya segera masuk ke Indonesia seperti Luckin Coffee dari China dan beberapa brand lain, ngeri ga nih sekaligus tentu kita menyadari berarti coffeeshop masih sangat seksi dan akan makin terus berkembang.

Nah keseruan industri coffeeshop di Indonesia ini juga diikuti dengan "seru" nya berbagai konsep coffeeshop yang muncul, dimana konsep ini bukan hanya menawarkan sekedar kopi saja, namun juga pengalaman pelanggan yang sangat berbeda dari yang pernah kita kenal, konsep ini kita namanya “Coffee-tainment”. Apa itu? Konsep coffeeshop yang menggabungkan entertainment dengan budaya ngopi yang makin tumbuh. Konsep yang mendorong konsumen untuk datang bukan karena keperluan "ngopi" ajah tapi sudah masuk ke level "mencari kesenangan" dari entertainment yang ditawarkan dalam berbagai bentuk, biasanya Live Music & DJ Live.

Loh, khan dari dulu banyak live music di coffeeshop , apa bedanya? Beda sekali, kebanyakan live music di coffeeshop ada hanya untuk menjadi pelengkap, bukan sebagai core strategy untuk bersaing, namun yang sekarang muncul, coffeeshop ini menjadikan live music sebagai core competency untuk membangun traffic dan loyalitas brandnya.

Siapa mereka? Kita ambil contoh Kaizen Heritage yang akan coming soon 8 cabang, yang beberapa cabangnya bisa mencapai 2.000 m2, menawarkan live music setiap malamnya, bahkan dengan artis-artis yang terkenal di segmennya, atau kita lihat juga Bajawa Flores yang luas tempatnya luar biasa besar, atau yang terakhir baru muncul Sayap Suci dari Hollywings Group yang sangat besar dengan arsitek yang sangat keren dengan konsep Live DJ.

Persamaan ketiga coffeeshop ini adalah live entertainment yang ada di dalamnya seperti artis, band, dan DJ. Ada istilah yang beredar di kalangan masyarakat, klo datang ke sini “mabok” nya pake americano" karena tidak jual alkohol, istilah lain juga muncul "dugem syariah" dengan segmen market yang lebar dari kalangan middle low income sampai middle high. Becandaannya klo kamu akan ketemu dengan "the nuruls" karena mereka biasanya pergi ke Kaizen Heritage atau Bajawa Flores dengan menggunakan Motor Mio.

 

Mengapa menarik?

Pertama, coffeetainment ini satu konsep yang sangat menarik dan bisa jadi terobosan ditengah "bingung" nya mencari "positioning" coffeeshop yang kuat, tentunya karena biasanya konsep  coffeeshop itu yah gitu-gitu ajah khan, klo bukan tempatnya keren dengan arsitek mahal, hidden gem, view nya remarkable, atau enak buat WFC an (syukur-syukur tidak jadi markas ROJALI a.k.a Rombongan Jarang Beli). Marketnya jangan ditanya, coba saja datang ke beberapa brand yang sempat disebutkan di atas, khususnya di sore hari ke malam apalagi weekend.

Kedua, coffeetainment outlet bisa menggabungkan berbagai aktifitas dalam maksimalisasi revenue, contoh paginya untuk kegiatan ngopi, WFC, event, nikahan, workshop, dll sehingga utilisasi empatnya menjadi sangat efektif sebagai sebuah bisnis. Investasi yang kita tanamkan dalam CAPEX juga jadi cukup possible karena memang biasanya konsep yang mengusung coffeetainment ini punya modal awal yang cukup besar di bandingkan coffeeshop biasa, seperti area yang besar otomatis sewanya tinggi, investasi di music equipment atau pendukung, blom lagi jika dibuat indoor keren seperti Bajawa Flores, tentu makin tinggi capex (modal awal) nya.

So, Sahabat Kuliner semua, apakah di daerah kamu coffee-tainment sudah mulai "mewabah" atau sudah ada sih, tapi konsepnya masih sekedar ada live music? Buat kamu yang ingin membangun konsep coffee-tainment, nah perlu banget coba melakukan benchmark ke berbagai brand yang sudah berhasil menerapkan konsep ini seperti Kaizen Heritage, Bajawa Flores, Sayap Suci, dll. Bagaimana jika bisnis saya bukan coffeeshop tapi lebih ke arah resto? yah basically konsep entertainment akan selalu menarik dan bisa diaplikasikan tidak hanya di coffeeshop, buat kamu yg punya resto, entertainment nya khan juga bisa tetep live music, konser, open mic, dll, intinya bagaimana kita bisa memberikan pengalaman yang "lebih bernilai" sesuai dengan kebutuhan konsumen kita.

 

Semoga tulisan kali ini cukup menarik dan bisa memberikan insight buat Sahabat Kuliner semua yah, terimakasih sudah menjadi pembaca setia, yuk disebarkan artikel-artikel Foodizz agar banyak yang bisa mendapatkan manfaatnya serta mohon doanya untuk Foodizz bisa selalu berkarya dan berbagi.  

 

Note.
Buat Sahabat Kuliner yang membutuhkan Mentoring terkait dengan investor silahkan klik link ini. Sahabat Kuliner juga akan mendapatkan Bonus Dokumen Share Holder Agreement dan Juga Template Business Projection 5 Tahun.


Foodizz Academy
www.foodizz.id

 

Tanya detail klik disini: CS Foodizz: +62-811-2009-7974


Disclaimer:

  • Artikel ini diperbolekan untuk di share & di posting ulang dengan mencantumkan sumber artikel www.foodizz.id/artikel 
  • Artikel ini tidak diperkenankan untuk penggunaan komersial, untuk penggunaan komersial wajib mencantumkan ijin tertulis yang diajukan melalui e mail: info@foodizz.id
     
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru