Ini salah satu strategi yang terbilang sangat POWERFULL meningkatkanAPC (Average Per Check), atau Basket Size, atau nilai belanja konsumen, yaitu menjual atau menawarkan alternatif pengganti susu biasa dengan susu Oatmilk ke konsumen yang melakukan order coffee milk base, bahasa kerennya Up Selling.
Kok bisa? Coba nih lihat di struk Starbucks Pakubowono
1 Reserve Cappunico Tall Rp. 61.000
Additional Milk Oatmilk Rp. 19.000
jadi total termasuk tax Rp. 80.000
WOW Upsell hampir 30% loh
one word GENIUS.
Apalagi kalo ini dijadikan SOP oleh Starbucks
"Halo kak susunya mau menggunakan Oatmilk?"
Dengan segmen market yang memang punya Buying Power serta ada kesadaran untuk mengkonsumsi yang lebih sehat, ini bisa jadi breakthrough buat Starbucks untuk bisa meningkatkan REVENUE nya melalui peningkatan APC (Average Per Check) / nilai belanja konsumen.
Ini baru 1 poin loh bicara peningkatkan REVENUE, poin ke 2 yang juga membuat strategi Oatmilk ini bisa dikatakan jenius adalah CUAN BELUBER dari kenaikan NET PROFIT per produk yang dijual. Bayangkan ajah, harga kopi tetap sama 61 ribu, kemudian karena kita ingin additional Oatmilk maka kita harus nambah 19 ribu untuk penggunaan Oatmilknya, berarti susu biasa yang ada di dalam Cappucino tersebut praktis tidak digunakan inventorynya diganti Oatmilk.
Ok, apakah konsumen kemudian merasa harga Starbucks jadi overprice? Enggak juga, tergantung siapa target marketnya apalagi sudah plus embel-embel better choice for healthy life loh dan konsumennya juga sadar dengan pilihan ini akan meningkatkan nilai belanjanya.
So, pelajaran penting apa yang bisa kita ambil dari sedikit cerita di atas?
Nah, gimana udah kepikiran ide apa nih yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan bisnis kuliner kita?
Jangan lupa di share ke temen-temen lain agar banyak yang mendapatkan manfaat dari artikel ini.
Semoga bermanfaat & Keep Learning
Jangan lupa di share ke temen-temen lain agar banyak yang mendapatkan manfaat dari artikel ini, tentunya dengan mencantumkan sumber nya: www.foodizz.id/artikel, yuk kita saling menghargai karya dan upaya dalam membuat konten
www.foodizz.id
1st F&B Edtech in Indonesia
www.sekolahkuliner.com
Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol
www.vendorkuliner.com
Pusat Informasi Vendor Kuliner Terkurasi
*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.