"Bang, udah Sold Out nih di beberapa tempat, nanti coba besok lagi gua cariin yah"
FOMO memang saya gara-gara Starbucks Kaleng atau seperti sebutan salah satu netizen Starbucks "BPJS" haha.. Yah tentu FOMO saya lebih ke arah untuk melakukan review, serta mengambil Lesson Learned (pelajaran) buat di sharing ke Sahabat Foodizz.
Nah sebetulnya saya ingin bahas strategi di balik kaleng Starbucks ini, namun karena blom banyak insight dan masih tahap observasi, jadi kita bahas dulu ajah tipe-tipe pembeli Starbucks Kaleng. Siapa ajah tuh? Let's go.
Tipe-Tipe pembeli Starbucks Kaleng yang bikin Sold Out di beberapa lokasi.
1. FOMO "Fear Of Mission Out""
Nah ini tipikal konsumen yang ga mau atau takut banget ketinggalan HYPE atau sesuatu yang lagi trend, karena banyak banget yang bahas di sosmed jadi "gua harus coba juga nih", masak klo ada yang tanya "eh lo udah coba Starbucks Kaleng blom? dan jawabannya "belom" apa kata dunia
2. NEW MARKET TRIAL
Ini konsumen yang "akhirnya bisa beli Starbucks" ga perlu ragu masuk outletnya, karena sekarang bisa didapatkan di mini market dengan harga "terjangkau". Market ini mungkin jumlahnya sangat besar apalagi memang distribusinya melalui mini market yang artinya akan banyak tersebar di berbagai area.
New market ini juga membeli untuk melakukan PRODUCT TRIAL tentunya, apakah VALUE "Brand Starbucks + Harga" akan sesuai atau bahkan lebih dari UANG yang mereka bayarkan.
3. EXISTING CUSTOMER
Nah buat existing customer tentu produk ini juga menarik untuk di coba, selain solusi untuk bisa minum Starbucks dengan mudah karena tersedia di minimarket atau convenience store, kapan lagi minum Starbucks 15 ribu khan hehe, biasanya teh ajah kagak dapet klo ke outletnya.
Yah tentu ajah bedalah yah, klo ke outlet khan memang kita punya "keperluan lain" selain ngopi, tapi bukan tidak mungkin ada existing customer yang akhirnya "pindah" sekte, dari Sekte Outlet ke Sekte Kaleng, misalnya yang biasa Take Away atau Delivery, nah bisa ajah sekarang mampir dulu ke minimarket atau minta OB kantor buat beli Starbucks Kaleng.
4. CONTENT CREATOR
Udah pastilah ini, kesempatan FYP karena Konten Starbucks Kaleng ini pasti sangat menarik perhatian di social media sehingga bagi seorang Content Creator ini sudah jadi hukum WAJIB NGONTEN, haram hukumnya sampe ga ngonten.
Hal ini tentu saja sangat menguntung bagi Starbucks secara brand dan produk kategori Ready to Drinknya, karena dengan begitu awarenessnya akan sangat massive dalam beberapa waktu ke depan. Dengan awareness yang massive, tentu impactnya mendorong traffic yang mencari produknya sangat tinggi, ga aneh nih hari ini coba minta tim Foodizz yang di Jakarta beli ternyata sudah SOLD OUT di beberapa mini market.
"Orang makan konten, baru beli produk" nah inilah mantra penting saat ini.
5. STOCKIST "Penimbun Dadakan"
Ini tipe konsumen "jeli liat peluang" wkwk.. karena demand lagi tinggi segera ajah beli dan timbun, toh biasanya tidak ada larangan di minimarket. Tujuannya apa? Yah dijual lagi lah lebih mahal dikit, misalnya si X kerja kerja di Bank Y, nah di kemudian WA broadcast di group kantor "guys ada yang mau Starbucks Kaleng ga nih"
Nah khan lumayan kalo ada 20 order, ambil selisih 2 ribu ajah udah 40 ribu modal borong dari minimarket hehe. Ini contoh skala "penimbun" receh yah, bisa jadi ada pemain yang lebih gede misalnya toko-toko yang memang menjual ready to drink juga di tempatnya.
Yah model gini sih ga umur panjang tentu, tinggal tunggu waktu distribusi produk merata dan FOMO menghilang.
6. REVIEWER & MEDIA
Nah tulisan Foodizz ini termasuk ke dalam tipe konsumen no 6, beli buat di review jadi tulisan hehe.. mirip-mirip konten kreator sih cuman lebih ke arah untuk memberikan edukasi dan informasi, karena tentunya Starbucks Ready to Drink ini menarik untuk dibahas, istilahnya bisa jadi "CLICK BAIT' banget nih karena lagi banyak yang membicarakan.
7. KOLEKTOR
Nah terkakhir ini entah ada ato enggak, kolektor kaleng edisi perdana wkwk.. mana tau 10 tahun lagi harga kaleng dan isinya jadi lebih mahal dijual karena EDISI PERDANA. Ditambah nantikan mungkin ada varian-varian baru lagi yang akan muncul, jadi klo mau koleksi khan akan lengkap dari edisi awal.
Nah Sahabat Foodizz masuk tipe konsumen yang mana nih? Semoga Bermanfaat.
www.foodizz.id
1st F&B Edtech in Indonesia
www.sekolahkuliner.com
Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol
www.vendorkuliner.com
Pusat Informasi Vendor Kuliner Terkurasi
*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.
Diunggah {{ article.formatted_published_at }}