Operasional

S.M.A.R.T Dalam Bisnis Kuliner

  • Oleh: Foodizz Team
  • Diunggah 23 Juli 2021

 

Mohon ijn bertanya, mungkin kawan-kawan disini sudah ada yg pernah mengalami.. Bagaimana ya caranya agar daily activity karyawan/staff dapat terpantau dengan baik dan S.M.A.R.T??

Selain cara dari pengawasan crew leader.. Apakah perlu kita membuat format tugas-tugas yg harus dilakukan dan dilaporkan? Atau mungkin ada cara lain??


S.M.A.R.T dalam Operasional Restaurant Harian
 

1. SPECIFIC

- Tertulis

- Ada check list apa yang harus di kerjakan

- Ada cara mengerjakannya

- Ada training cara mengerjakannya

- Ada konsekuensi klo tidak sesuai apa yang tertulis

Nah spesifik ini bisa di implementasikan dalam buku panduan yg dipegang setiap karyawan dari setiap level tergantung dia bagian apa, klo Manager berarti dia punya buku panduan SMART nya sendiri.
 

2. MEASURABLE

- Apakah check list dikerjakan

- Apakah ada terkait angka

- Apakah ada terkait produktivitas

Intinya bisa diukur, paling sederhana diukur dari daftar Check List.

 

3. ACHIEVEABLE

- Check list dibuat memang sesuai job desc

- Pasti bisa dikerjakan, makanya pimpinan / owner harus turun lapangan biar ngerti proses

 

4. REALISTIC

Check list Job Desc dan KPI dibuat sesuai dengan KAPASITAS dan STANDAR INDUSTRI bukan datang dari khayangan, misalnya mengharapkan STAFF / CREW bertanggung jawab terhadap SALES, padahal level yang direkrut memang tidak punya KAPABILITAS dalam hal tersebut.

Poin utamanya adalah buatlah Job Desc, KPI, dll secara tertulis dan memang realistis untuk dikerjakan.

 

5. TIME BOUND

- Tetapkan waktu untuk terus dievaluasi, apakah mingguan, apakah bulanan, tergantung dengan MEASURE nya apa.

- Lakukan review terus menerus.

 

Implementasi S.M.A.R.T ini bisa dicustom untuk setiap bidang / bagian pekerjaan, tentu akan berbeda-beda, namun implementasi paling sederhana dalam operasional bisa dibuatkan dalam bentuk Buku Saku Panduan Operasional Karyawan.

 

Jadi di dalam check list atau buku panduan semua yg diatur memang pasti bisa dicapai atau dikerjakan, jangan membuat sesuatu yang tidak mungkin tercapai, misalnya minta staff papur juga harus bisa handling service konsumen.

 

Semoga Bermanfaat.

Foodizz
1st F&B EduTech in Indonesia
Belajar Bisnis Kuliner ..... Yah di Foodizz.

www.foodizz.id
www.sekolahkuliner.com
Join Telegram Group di t.me/foodizzid

 

*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.

 

Sumber Gambar: Unsplash.com

 

Bebas Tanya Apa Saja Seputar Bisnis Kuliner disini
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru