"Sedikit lebih beda, lebih baik daripada sedikit lebih baik #Kata Seth Godin" dikutip dari tweet nya Pandji Pragiwaksono. Foodizz suka sekali dengan kalimat ini karena sangat related dengan bisnis kuliner dalam menghadapi persaingan dan menaklukan hati dan pikiran konsumen, sehingga lebih memilih brand kita. Khususnya ketika kita menyadari kalo bisnis kita sih kecil, budget ga besar serta kita masih menjalankan operasional nya sendiri agar lebih efisien.
Produk saya "lebih enak", konsep design saya "lebih keren", harga saya "lebih murah", nah inilah yang membuat kita akhirnya sulit bersaing karena hanya menggunakan "LEBIH" bukan "BEDA", karena LEBIH akan mudah dipatahkan dan ditiru oleh pesaing, tapi BEDA itu lebih sulit untuk ditiru serta membuat pikiran konsumen bisa terbagi serta melakukan perbandingan dengan jelas antara brand kita dan pesaing.
Pertanyaannya adalah beda dalam hal apa yang membuat akhirnya konsumen tetap setiap dan bahkan konsumen dengan senang hati dan sukarela merekomendasikan dan mempromosikan brand kita kepada teman-teman nya, serta melalui social media mereka.
1. Layanan yang Luar Biasa = Customer Intimacy
"Selamat pagi Bro, sehat hari ini? Seperti biasa yah hot cappucino dengan double shoot?". Seneng ga kita kalo datang ke sebuah coffeeshop, mereka mengenali kita dan menyapa kita dengan ramah?"
"Bro gua ada product baru nih, gua kasih free yah buat lo pada, coba gua minta masukannya apakah mantep ato enggak nih produk baru .... (al kisah di sebuah rumah makan seafood)"
Berbeda dengan tempat lain di mana mungkin kita tidak dikenali, tidak ada sapaan yang membuat hati senang, semua hanya berdasarkan SOP (termasuk senyum SOP banget). Dua tempat di atas BEDA BANGET buat gua, jadi ga aneh biarpun kopi nya lebih mahal, seafoodnya lebih mahal tapi gua sangat loyal dengan kedua tempat tersebut.
Jadi cobalah untuk membuat kita BERBEDA dari sisi LAYANAN / service yang luar biasa, apalagi jika bisnis kita hanya 1 cabang ajah, wah ini sih possible banget untuk dilakukan.
2. Inovasi Produk yang Kuat = Product Innovation
"Wah di sini Chef / Ownernya memang konten kreator nasi goreng nih, sering banget coba-coba resep baru". BEDA di mana konsumen mengenali brand kita karena sering melakukan inovasi produk akan membuat konsumen lebih mudah untuk memutuskan datang dan membeli di tempat kita.
DIMS THE MEAT GUY contoh yang paling baru, di mana seorang konten kreator yang sering bereksperimen dengan olahan daging akhirnya membuka Meatguy Steakhouse yang brand nya sangat erat dengan berbagai inovasi produk yang tentu saja membuat konsumen jadi penasaran untuk mencoba berbagai produk dan teknik dalam pengelolaan daging.
Jadi cobalah dikenal sebagai tempat yang inovatif dari sisi produk, selalu ada hal baru yang diperkenalkan sehingga konsumen akan berpikir, nih tempat BEDA banget, sudah ada menu-menu baru yang inovatif.
3. Kekuatan Brand Personal = Personal Branding
Per BEDA an yang terkait dengan PERSONAL jelas sangat autentik karena kamu yah the only kamu. Terpenting adalah KAMU itu APA .................... atau kamu itu SIAPA ................... yang APA atau SIAPA ini punya SELLING POWER untuk membuat konsumen akhirnya selalu datang dan datang lagi serta merekomendasikan brand kita tentunya.
Misalnya, kita membangun PERSONAL BRANDING sebagai ahli nya NASI GORENG, membuat berbagai konten nasi goreng, inovasi nasi goreng baik itu di Youtube atau TikTok, kemudian kita kaitkan dengan bisnis kuliner kita yang juga NASI GORENG, nah ini bisa jadi BEDA yang sangat powerfull, tidak masalah bisnis kecil tapi BEDA nya bisa sangat signifikan dibandingkan pesaing tentunya.
4. Cerita yang Hanya Milik Kita = Original Story
Nggone Mbahmu, sebuah coffeeshop kecil di Klaten memberikan sentuhan orisinalitas di mana Mbah Kung dan Mbah Uti nya membangun "kedekatan" dengan konsumennya "cucu". Kehangatan, keramahtamahan, dan cerita yang orisinal membuat kita sebagai konsumen selalu KANGEN untuk kembali jika berkunjung ke Klaten.
Nah coba kita gali BEDA nya bisnis kita dengan bisnis orang lain dari sisi ORISINALITAS, kira-kira apa yang membuat kita berbeda? Bisa dari sisi perjalanan hidup "pengalaman", wawasan, keunikan, skill dan bakat, cerita yang mengahurukan, atau apapun yang membuat konsumen akan selalu ingat dengan kita.
5. Konsep yang Nyeleneh = Out of The Box
Yang lagi heboh sekarang Karen's Diners di mana konsep yang datang pasti mendapatkan pengalaman yang "tidak biasa / nyeleneh" di mana mereka bakal di jutekin, di cuekin, dan mungkin bagi sebagian orang Indonesia "kasar dan tidak sopan". Tapi jelas ini BEDA banget, sehingga dengan cepat brand awareness naik dan banyak yang ingin mendapatkan pengalamannya secara langsung.
Tentu dalam memilih konsep yang nyeleneh ini kita harus hati-hati serta secara core product tetap harus enak dengan harga yang "sesuai", jangan hanya nanti dapet viralnya saja, tapi tidak sustain dan bertahan dalam jangka panjang.
Nah Sahabat Foodizz semua, apa BEDA yang kamu miliki? Yuk dicari dan temukan agar bisa kita tidak sekedar Lebih, tapi BEDA karena seperti kata Pandji "Sedikit Lebih Beda, Lebih Baik, dari pada Sedikit Lebih Baik".
Semoga bermanfaat.
www.foodizz.id
1st F&B Edtech in Indonesia
www.sekolahkuliner.com
Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol
www.vendorkuliner.com
Pusat Informasi Vendor Kuliner Terkurasi
*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.
Diunggah {{ article.formatted_published_at }}