Tahap pengembangan dalam bisnis kuliner ada beberapa. Dalam menjalani bisnis kuliner apabila kita ingin terus bisnis nya berkembang, kita harus memiliki target, di mana kita sekarang dan mau di tahap mana kita, kapan?
Seperti prinsip menetapkan goal di bawah ini:
S – Specific – Significant, Stretching, Simple
M – Measurable – Meaningful, Motivational, Manageable
A – Attainable – Appropriate, Achievable, Adjustable, Ambitious, Aligned, Action-focused
R – Relevant – Result-Based, Results-oriented, Resourced, Resonant, Realistic
T – Timely – Time framed, Timed, Time-based, Time-bound, Time-Specific, Timetabled
Dalam bisnis kuliner, tahapan pengembangan bisa dilihat dari gambar di bawah ini:
Tahap Inspired (Idea Validation)
Di tahap ini pebisnis memiliki keinginan untuk menjalani, memiliki, mengembangkan bisnis kuliner. Hal ini bisa diawali dari sering melihat keberhasilan dari mereka yang terlebih dahulu mempelajari bagaimana cara sukses di bisnis kuliner.
Tantangan dalam tahap ini:
Tahap Start (Product Validation)
Di tahap ini pebisnis sudah memulai mencoba dan melakukan "tes" atau validasi produk yang dimiliki... Oh bisnis kopi yang pakai vending machine bisa gede nih. Dari ide itu dicoba testing di 1 atau 2 lokasi, dugaan-dugaan dari apa yang mungkin berhasil dan mungkin gagal mulai terlihat hasilnya, di buktikan langsung oleh customer yang real.
Di tahap ini berbagai set up operasional, dan set up "proses bisnis" perlu mulai dilakukan agar saat customer bertambah jumlahnya, proses di dalamnya lancar sehingga bisa siap untuk menerima penambahan jumlah customer.
Tantangan dalam tahap ini:
Tahap Scale (Business Model Validation)
Di tahap ini, customer sudah ada yang kembali lagi, artinya business model nya sudah berjalan. Perlu apa lagi ya yang disiapkan dan bagaimana cara pengembangannya sehingga ga cuma ada 1 tapi bisa jadi 5, ga cuma ada 5 tapi bisa jadi 50 dan seterusnya.
Oh ternyata ada banyak cara untuk scale up... yang mana ya yang cocok dengan visi dan resources yang saya punya...
Tantangan dalam tahap ini:
Tahap Sustainability
Tujuan dari bisnis adalah "sustainability" artinya bisnis sudah bisa berjalan terus menerus, ada profit yang bertumbuh, ada customer yang balik lagi, ada customer yang merekomendasikan.
Produk dan inovasi baru terus diluncurkan untuk memberi solusi terus menerus bagi customer. Organisasi terus dikembangkan, karena business yang sustain tidak bergantung pada 1 orang atau sedikit orang saja, namun organisasi sudah bisa bergerak dan menciptakan inovasi dengan sendirinya.
Tantangan dalam tahap ini:
Tentunya kemampuan dan ilmu tidak hanya diri sendiri tapi juga tim, harus dipersiapkan secara pararel. Misal mau scale up, harus dipelajari sebelumnya. Dan juga banyak hal yang saling terintegrasi sehingga semakin banyak ilmu yang dimiliki dan wawasan yang luas akan membuat rencana pengembangan semakin cepat dan kuat.
Ilmu yang dibutuhkan di Tahap Inspired
Wawasan menyeluruh tentang memulai bisnis kuliner
Mengetahui bagaimana menyusun perencanaan untuk bisnis kuliner
Ada apa saja business model dalam bisnis kuliner
Menyusun kebutuhan modal dalam bisnis kuliner
Ilmu yang dibutuhkan di Tahap Start
Set Up Operasional agar kualitas produk dan layanan stabil
Menyusun strategi pemasaran dan social media
Ilmu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan Tahap Scale
Opsi mengembangkan cabang dan cara mendapatkan investor
Opsi mengembangkan sistem kemitraan
Mengirim training karyawan agar bisa mandiri secara operasional
Mengetahui cara men set-up dan mempersiapkan supply chain agar kualitas terjaga
Ilmu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan Tahap Sustainability
Cara menerapkan inovasi terus menerus dalam perusahaan
Semoga Bermanfaat.
Foodizz
1st F&B EduTech in Indonesia
Belajar Bisnis Kuliner ..... Yah di Foodizz.
www.foodizz.id
www.sekolahkuliner.com
Join Telegram Group di t.me/foodizzid
*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.
Sumber Gambar: Unsplash.com
Diunggah {{ article.formatted_published_at }}