Sebuah campaign brand yang beberapa bulan lalu cukup viral yang dilakukan oleh Burger King UK, dan kemudian muncul juga di Burger King Indonesia, tidak hanya mengajak untuk membeli di McDonald's, Burger King Indonesia juga menyebut beberapa brand nasional dan internasional, seperti KFC, Bakso Boedjangan, Sate Khas Senayan, Hokben, dan lainnya.
Sebetulnya gerakan ini sejak awal pandemi banyak dikerjakan oleh brand-brand lokal dengan melakukan campaign bareng untuk membeli brand lokal, namun yah beda gaung nya ketika brand internasional yang melakukannya, jadi lebih asik dibahas dari sisi creative marketingnya, karena brandnya terkenal.
Pertanyaan untuk apa? Bukannya malah aneh yah menganjurkan pergi berbelanja ke pesaing? Klo konsep yang di UK sedikit berbeda, ada unsur "downgrade" produk pesaing, coba ajah baca kalimatnya
"Getting a Whopper is always best, but ordering a Big Mac is also not such a bad thing" nah ini sih udah jelaskan, Big Mac itu yah OKELAH klo emang kepaksa order hehe..
Tapi di Indonesia tentu model campaign dengan copywriting tersebut akan menuai masalah, sehingga akhirnya diubah menjadi gerakan yang lebih simpatik untuk saling support antar brand.
Jadi apa tujuannya Burger King Indonesia melakukan ini jadi?
Pertama, tentu saja Brand Exposure dan Awareness nya jadi meningkat, yang juga akan mendorong image yang positif terhadap Burger King Indonesia. Dengan melakukan campaign ini, banyak campaign lain muncul dengan selalu menyertakan brand Burger King, sehigga brandnya benar-benar mendapatkan exposure yang luar biasa dalam beberapa hari ini. Very nice move.
Kedua, Brand Engage. Konsumen dan kita mungkin jadi muncul rasa RESPECT terhadap Burger King sebagai brand internasional yang juga peduli terhadap bisnis brand lain di masa-masa yang sulit seperti sekarang ini, bisnis bukan hanya soal kompetisi tapi juga saling support, lagi-lagi positive engage yang bisa di dapatkan oleh Burger King. Again keren sih.
Ketiga, mungkin Sales karena tentu kita punya datanya, namun bila campaign ini kemudian diikuti sebuah atau beberapa program sales, misalnya di GoFood, GrabFood, or ShopeeFood, ini menurut pendapat saya akan dapat mendorong terjadinya sales, ada romance moment beberapa hari ini yang mungkin sekali Burger King mendapatkan manfaatnya dari sisi sales.
So, temen-temen kuliner, banyak pelajaran dan insight kadang dari berbagai hal yang ada, itulah pentingnya update untuk kita bisa riding the hype or riding the Trend. So keep update with Foodizz.
BTW Foodizz ada kelas yang keren banget, pertama kalinya kelas ini dibuat berdasarkan permintaan dan banyaknya peminat untuk kelas Restaurant Manager.
Yuk segera daftarin Tim Outlet kita agar kita Owner bisa tidur tena karena timnya sudah ngerti apa yang harus dikerjakan.
Materi yang akan disampaikan di kelas Restaurant Manager:
Semoga Bermanfaat.
Foodizz
1st F&B EduTech in Indonesia
Belajar Bisnis Kuliner ..... Yah di Foodizz.
www.foodizz.id
www.sekolahkuliner.com
Join Telegram Group di t.me/foodizzid
*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.
Diunggah {{ article.formatted_published_at }}