Brand & Branding

Perbedaan Antara Branding dan Marketing

  • Oleh: Foodizz Team
  • Diunggah 22 Juli 2021

 

Siapa diantara temen-temen kuliner yang menganggap bahwa marketing dan branding itu adalah hal yang sama? Dan apakah temen-temen sudah melakukan marketing untuk tujuan branding pada perusahaan? Jika iya, sebaiknya simak baik-baik artikel dibawah ini karena akan ada banyak perbedaan antara Branding & Marketing yang mungkin belum temen-temen kuliner ketahui sebelumnya.

Dalam sebuah bisnis, sudah pasti butuh marketing agar produk bisa sampai ke konsumen yang tepat. Di sisi lain, perusahaan juga butuh membesarkan nama agar produk bisa mudah melekat di benak para konsumen.

Sederhananya, Branding itu adalah "nama" dari bisnis kita, sedangkan Marketing adalah bagaimana cara kita membangun nama tersebut.

 

Dilihat dari sifatnya, branding ini sangat strategis, sedangkan marketing itu bersifat taktis.

 

Apa itu Branding?

Branding, berasal dari kata brand atau merek. Ketika temen-temen mendengar kata brand atau merek maka perhatian akan tertuju pada sebuah logo, nama, atau ikon sebuah perusahaan yang telah melekat pada benak manusia dan sudah bukan hal asing lagi. Mari ambil contoh, kalau orang bicara soal motor, maka pemikiran mereka otomatis akan langsung tertuju pada motor Honda. Kalau bicara soal air mineral kemasan pasti akan cenderung mengatakan AQUA. Itulah brand, dimana sebuah nama/logo/ikon/slogan dan lain-lain dari perusahaan yang sudah melekat di benak manusia.

 

Jadi branding itu merupakan sebuah cara atau proses menciptakan citra positif dari perusahaan dan bagaimana agar bisa melekat di benak konsumen.

Ketika sebuah perusahaan sudah memiliki brand yang kuat, maka secara otomatis akan memudahkan ketika proses penjualan dan marketing.
 

Apa itu Marketing?

 

Marketing (Pemasaran) merupakan sebuah proses yang digunakan untuk membangun hubungan antara perusahaan dengan pelanggan. Menciptakan hubungan itu ada banyak caranya, bisa melalui iklan, berjualan, melakukan jejak pendapat/survei, menciptakan produk berdasarkan permintaan pasar dan lain-lain. Semua itu bisa kita lakukan dengan strategi dan platform yang sudah ada untuk memudahkan pemasaran produk atau layanan perusahaan kita.
 

Meski marketing dan branding ini berjalan beriringan, namun ternyata memang ada perbedaannya. Pemasaran secara aktif mempromosikan produk, mengirim pesan kepada audiens yang sesuai target.

Brand lebih besar dari strategi pemasaran yang kita gunakan untuk berkontribusi agar lebih dikenal. Lagi pula, upaya pemasaran yang tersisa adalah brand. Strategi pemasaran yang kita gunakan adalah apa yang yang bisa mencetak brand di benak para pelanggan.

 

Sebuah merek akan memastikan loyalitas pelanggan kita, sementara pemasaran akan mendorong pelanggan untuk membeli produk atau layanan kita.

 

Semoga Bermanfaat.

Foodizz
1st F&B EduTech in Indonesia
Belajar Bisnis Kuliner ..... Yah di Foodizz.

www.foodizz.id
www.sekolahkuliner.com
Join Telegram Group di t.me/foodizzid

 

*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.

 

Sumber Gambar: Unsplash.com

 

Bebas Tanya Apa Saja Seputar Bisnis Kuliner disini
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru