Banyak banget yang nanya soal iklan Instagram & TikTok, klo yang resmi apakah bisa digunakan untuk mendorong sales bisnis kuliner kita.
BISA dong. Justru kadang ini jauh lebih efektif, karena kita bisa TARGETING dengan sangat detail melalui iklan IG & TikTok resmi, kayak gimana tuh maksudnya?
ASEKKK khan, nah terus gimana langkah-langkahnya? Yuk coba simak beberapa penjelasan di bawah.
1. PAHAMI & PELAJARI PLATFORMNYA
NGERTI dulu cara pasang iklannya, bisa diulik dan dipelajari buat pasang sendiri (ada tuh kelas nya di www.foodizz.id) ato pake AGENCY IKLAN minta buat dipasangkan klo ga mau pusing apalagi omset dan profit udah MANTAP, pake agency ajahlah (ada biayanya klo ini, 10-15% dari budget iklan)
Klo mau berbayar kontak ke sini, ini gurunya langsung loh yang waktu itu mengajar di Foodizz Online Class.
Mas Syaiful +6285883345380
Minimal budget 1 juta blom termasuk Fee & PPN
(Biar ga nanya lagi ke siapa beriklannya)
2. TUJUAN
Nah tujuan pasang iklannya apa? "YA SALES, kok nanya lagi sih". Yah udah santai ajah, mana tau ada tujuan lain misalnya membangun AWARENESS karena nanti SETTING iklannya bisa beda dan biaya iklannya juga bisa berbeda karena yang satu untuk SALES (conversion) yg satu lagi untuk AWARENESS (reach) or bahasa lainnya biar banyak yg LIAT IKLAN KITA.
3. PENAWARAN yg USP
- Ultimate Message
- Strong Video & Visualization
- Push to Action
Apa pula ini? Intinya sederhana ajah, pastikan apa yang kita iklankan POWERFUL.
A. Ultimate Message
"DISCOUNT 50% Pembelian di MIE KEKINIAN PAK JAROT klo KLIK iklan ini"
Bakal klik ga kira2?
B. Strong Visualization
Pake foto produk misalnya mie nya terbalur CABE yang EKSTRIM ato MIE nya sampe tumpah-tumpah dari mangkok or lainnya yang punya efect WOW.
C. Push to Action
Klo orang udah klik gara-gara message + video / visual nah pastikan langsung masuk ke sebuah CALL to ACTION, apa itu?
- Klik ke nomor WA buat langsung order
- ato Klik diarahkan ke GoFood link toko kita
- ato Klik diarahkan untuk ke Tokopedia klo di market place
- ato Klik diarahkan untuk isi database baru nanti di follow up
- ato klik bisa jadi voucher yang bisa ditukar nanti di tempat (khusus dine in berarti)
- ato Klik ke nomor HP team sales, misalnya iklannya buat big order ato catering.
intinya Klik nya harus MENGHASILKAN ACTION yang membuat terjadinya SALES.
4. ALOKASI BUDGET
Nah setelah itu siapkan alokasi budget, jangan nafsu, bertahap ajah karena biasanya WINNING CAMPAIGN / iklan yang berhasil butuh proses, baik itu dari sisi IKLAN nya ataupun dari sisi pemilik BRAND nya.
yang pasti cobalah komitmen budget selama 1-3 bulan misalnya, biar kita betul-betul bisa mengukur apakah bentuk iklan ini efektif buat bisnis kita.
5. ACTION
Nah klo pake agency, semua di atas udah siap, yah BISMILLAH pasang iklannya. "udah gitu ajah" ga perlu panjang penjelasannya.
"Klo sendiri gimana?" Yah Bismillah juga, semoga ga salah pasang karena ga ngerti setting iklannya hehe. Ribet lah pasang pake agency ajah, enak bisa nanya-nanya juga dan kita fokus di evaluasi hasil ajah.
6. EVALUASI KONTEN & HASIL
Terakhir setelah iklan dipasang coba di TRACKING hasilnya setiap hari untuk menjadi bahan evaluasi, tergantung PUSH TO ACTION (Poin no 3 baca lagi) ke arah mana.
- Misal ke arah WA admin order, nah check berapa banyak yg nge WA
- Klo ke GoFood link, check berapa banyak yang order menu yg diiklankan, klo bisa bedain menu nya biar gampang trackingnya.
- Kalo ke tim Sales Big order ato catering, yah coba di check berapa banyak yg call dan terjadi closing.
Jelas yah.
Dalam beberapa kasus, kadang yang WA banyak tapi cuman tanya-tanya dan enggak beli juga, nah ini perlu di check kembali KONTEN nya udah tepat blom (poin no 3), bisa jadi ultimate message & strong video / visual yg ga menarik, singkatnya PENAWARANNYA ga ok , artinya perlu di review kembali. Satu dua kali tidak berhasil bukan berarti akan gagal seterusnya dan sebaliknya, klo berhasil tetap selalu ulang FORMULA di atas.
Semoga Bermanfaat & Keep Learning.
www.foodizz.id
1st F&B Edtech in Indonesia
www.sekolahkuliner.com
Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol
www.vendorkuliner.com
Pusat Informasi Vendor Kuliner Terkurasi
*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.
Diunggah {{ article.formatted_published_at }}