Sales

Naikin Penjualan 500 Ribu Perhari, Gampang Ternyata Dengan Up Selling & Cross Selling.

  • Oleh: Admin Foodizz
  • Diunggah 24 Januari 2023
Sumber Gambar: Canva.com

 

Ketika sedang mengisi internal sharing di sebuah perusahaan yang sudah memiliki puluhan cabang, saya bertanya kepada seluruh peserta yang hadir saat itu, bagaimana kita bisa meningkatkan penjualan per outlet tanpa harus mengeluarkan biaya promosi?

Yang sudah biasa ikut kelas dan edukasi Foodizz sih pasti udah katam (hafal) dan tau apa yang harus dilakukan hehe, gampang jawabannya, lakukan Up Selling dan Cross Selling. Up Selling artinya kita menjual menu yang sama dengan menambah porsi / ukuran dan harga yang lebih tinggi, atau membundling dengan menu lain sehingga harga LEBIH TINGGI, Cross Selling artinya kita menjual menu BERBEDA setelah konsumen melakukan order sebuah menu.

 

Contoh:

 

Up Selling

  • Konsumen order 1 mangkok bakso, kemudian kasir atau waiter menawarkan untuk Up Size ke mangkok jumbo dengan hanya menambah 5 ribu rupiah ---> Tambah APC (Average Per Check) sebesar 5 ribu rupiah.
  • Order di Starbucks, ditawarkan mau Grande atau Venti , padahal masih ada ukuran Tall (yg paling kecil), klo order Grande (medium) tambah 4 ribuan, klo Venti (large) tambah 7 ribuan misalnya. Wuih.. udah langsung naik deh sales 4 ribu perak. Ini masih ditambah nanti kita di upselling buat ganti susu almond atau susu oat, dll.

 

Cross Selling

  • Order PAket HEmat di McDonald's, kemudian kasirnya bertanya, "kentangnya ga sekalian kak?"
  • Lagi makan di Sate Maranggi Hj. Yetty, eh banyak karyawan yang bawa gorengan 1 porsi (berapa belas or puluh ribu mungkin harganya), bawa air kelapa muda keliling, bawa nasi bakar keliling, padahal kita udah order sate, jadinya tergoda deh beli gorengan (Cross Selling).

 

Apa tujuan dari Cross Selling dan Up Selling?

Coba kita perhatikan rumus sales (omset) di bawah:

Sales = TC x APC
TC= Total Check (Jumlah Bill)
APC= Average Per Check (Nilai Bill)

TC= Mendatangkan traffic (jumlah) konsumen (iklan, KOL, dll)
APC= Mengusahakan konsumen MEMBELI LEBIH BANYAK.

 

Nah Cross Selling dan Up Selling adalah usaha untuk meningkatkan APC (Average Per Check) karena konsumen sudah datang atau sedang melakukan order, dalam bisnis kuliner hal ini sangat penting karena strategi Cross Selling dan Up Selling itu MURAH MERIAH tapi sangat IMPACTFUL, sayangnya sering kali strategi ini tidak dilakukan oleh banyak Sahabat Kuliner.

 

Ok, setuju nih penting banget, gimana dong cara kerjanya biar gampang diikuti Foodizz.

  1. Tetapkan TARGET dan GOAL dari implementasi Up selling dan Cross Selling, akan berapa besar dampaknya terhadap kenaikan OMSET dan PROFIT perusahaan.
  2. Pilih MENU UNGGULAN yang akan dijadikan Up Selling dan Cross Selling, tentu saja pilihlah atau ciptakanlah menu yang memang punya kontribusi bagus bagi perusahaan, artinya klo bisa HPP rendah tapi profit margin tinggi. Contohnya di McDonald's itu kentang, klo di Starbucks yah lewat ukuran gelasnya yang hanya perlu menambah sedikit susu untuk jadi ukuran lebih besar.
  3. Siapkan dan BUAT SOP untuk menjadikan Up Selling dan Cross Selling WAJIB dijalankan oleh Outlet Team.
  4. Lakukan TRAINING SETIAP HARI sebelum outlet beroperasi, untuk melatih SOP yang harus dijalankan oleh team terkait dengan Up Selling dan Cross Selling.
  5. Buat UKURAN PENCAPAIAN (measurement) untuk seluruh team yang terlibat, sehingga semua merasa ini merupakan kewajiban bersama dan untuk kepentingan bersama.
  6. Lakukan EVALUASI dan IMPROVEMENT secara berkala, jika berhasil tentu perlu untuk terus dipertahankan, jika tidak kita evaluasi apa yang salah dan membuat tidak berjalan sehingga perlu kita perbaiki dan improve.

 

Foodizz, ini khan SOP untuk Up Selling dan Cross Selling klo melibatkan karyawan, nah klo misalnya tidak melibatkan karyawan secara langsung bisa ga? TENTU BISA DONG, gimana caranya?

 

Pertama. MARKETING TOOLS
Misalnya kita jualan sop buntut, nah buat foto menu yang menarik sekali, kemudian di menu tersebut munculkan menu bundling atau menu Up Size dengan hanya tambah Rp. xxxx. Contoh lain seperti melakukan Up Selling dan Cross Selling di delivery platform, setelah check order 1 menu, tawarkan untuk tambah saos, tambah packaging, tambah Teh Botol, dll. Nah ini khan ga butuh manusia, tapi lebih ke Marketing Tools yang kita gunakan.

 

Kedua. PAKE TEKNOLOGI ordering system. 

Misalnya ada QR di meja (pake aplikasi dari POS or pihak ke 3), bisa juga buat Ordering APPS sendiri. Pernah ke McDonald's dan beberapa brand besar khan, nah di tablenya suka ada QR buat order sampai beberapa bisa bayar, atau di outletnya ada layar TV untuk order, nah seperti itu kira-kira.

 

Vendornya siapa yah?
Coba kontak ajah tim Aturkuliner di sini, salah satu rekomendasi yang mereka memang khusus membangun platform untuk bisnis kuliner sehingga fitur-fitur dan teknologinya lengkap dan mudah untuk diimplementasikan.

Tunggu apalagi? MAHAL ga? Bayangin kita bisa naikin jualan x% per outlet x jumlah outlet (jika ada beberapa outlet), berapa besar SALES yang bisa BERTAMBAH? Nah lakukan ajah perbandingan langsung. Misalnya:

Biaya Aturkuliner Rp. 300 ribu per bulan per outlet (tergantung size perusahaan)
Implementasi Up Selling dan Cross Selling bisa naikin sales 500 ribu per hari atau 250 ribu lah per hari. Sebulan berapa tuh? profit berapa tuh? Masih mau bilang mahal?

Belom lagi pake teknologi AturKuliner itu bukan soal Up Selling dan Cross Selling ajah loh, ini juga soal database, inventory, product analytic, COGS / HPP.

 

So, Yuk Sahabat Foodizz, mulailah adaptasi teknologi agar bisa kita bisa scale dan juga kita bisa lebih mudah melakukan kontrol bisnis kita.

www.foodizz.id
1st F&B Edtech in Indonesia

www.sekolahkuliner.com
Belajar Bisnis Kuliner Terstruktur dari Nol

https://lms.foodizz.id/
Kelola SOP dan Training lebih mudah dan murah

*Temen-temen jika ingin menggunakan artikel di Foodizz untuk kepentingan sosmed, edukasi, konten, silahkan dengan mencantumkan sumber artikelnya www.foodizz.id/artikel. Yuk kita hargai karya dan upaya orang lain dalam menghasilkan konten.

 

Jadi Member Foodizz klik disini I Belajar SEKOLAH BISNIS KULINER klik disini
{{ comment.length }} Comment
Sort By

Artikel Terkait

Artikel Terbaru