(Artikel ini dilengkapi dengan Check list pesaing)
Riset pesaing dalam bisnis kuliner sesuatu yang SANGAT PENTING dan harus dilakukan secara kontinu setiap minggu / bulan. Mengapa? yah sederhananya mau konsumen BELI / DATANGNYA ke PESAING? Enggak khan.
Di sisi lain, INGAT PESAING itu bukan kumpulan "anak ingusan" yang dengan mudah kita taklukan dalam memperebutkan market share, mereka bisa terlihat masih umur belasan atau dua puluhan namun sudah sangat well educated, insightfull, dan juga sangat risk taker sehingga buat mereka pilihannya bisa scale atau worth to try, klo gagal? nanti tinggal coba lagi sehingga kembali lagi, penting sekali buat kita untuk punya MINDSET dan KEBIJAKAN di dalam perusahaan bahwa UNDERSTANDING YOUR COMPETITOR IS A MUST.
Apa yang perlu kita ketahui dari kompetitor kita? 5W + 1H
WHY: Mengapa kompetitor membuat penawaran / concept / strategy / program yang mereka kemudian lakukan
WHAT: Apa yang mereka jual / tawarkan /positioning apa yang mereka bangun untuk memenangkan persaingan, dll
WHERE: Platform apa ajah yang mereka gunakan, sales channel mana ajah yang mereka pakai untuk bisa dekat dengan konsumen
WHEN: Kapan ajah mereka melakukan penawaran, pada momen apa mereka membuat sebuah program
WHO: Ke siapa mereka menawarkan, siapa konsumen mereka, seperti apa perilaku konsumen mereka
HOW: Bagaimana mereka menawarkan / menjual atau membangun brandnya.
Nah dari 5W + 1H Ini kemudian kita jadikan check list data, fakta, informasi yang perlu kita kumpulkan terkait kompetitor kita sehingga setelah semua terkumpul kita bisa mengambil LANGKAH dan TINDAKAN untuk kemudian bisa bersaing dengan kompetitor kita.
Apa Ajah Check List yang perlu kita cari dari pesaing?
1. Social Media Check List
2. Analisa Outlet Pesaing On Spot
(Inti poin nya, gali sedetail mungkin terkait on spot strategy yang competitor kita gunakan)
3. Analisa KONSUMEN KOMPETITOR
(Inti poin nya, gali sedetail mungkin terkait konsumen yang kompetitor kita jadikan target market)
4. Analisa Marketing Strategynya
(Inti poin nya, gali sedetail mungkin terkait Marketing Strategy yang kompetitor kita gunakan)
Terakhir, Apa tujuan dari semua Check List di atas?
INSIGHT untuk mengalahkan kompetitor Anda dalam memperebutkan Market Share dan Wallet Share dari konsumen.
STRATEGY yang mungkin diperlukan untuk segera dijalankan agar membuat brand kita dapat terus bersaing
RESOURCES apa yang harus kita siapkan untuk bisa memenangkan persaingan dengan kompetitor kita
PROGRAM IDEA yang bisa dijalankan untuk membuat bisnis kita bisa lebih kuat, bertahan, serta tumbuh dan sustain.
Ribet ga? Enggak lah khan sudah dikasih check list nya di atas, lakukan secara rutin, klo ga sempet coba hire freelance / magang sehingga kita tau:
Klo kompetitor ajah kita BUTA, ga ada DATA, FAKTA, INFORMASI mengenai mereka, yah ga aneh ujungnya kita bingung sendiri kok SALES JELEK yah, tapi klo diliat-liat ke KOMPETITOR (baik DIRECT COMPETITOR maupun INDIRECT COMPETITOR) loh kok mereka PENUH?
Ini indikasi berarti yang menjalankan perusahaan GA NGERTI MARKETING dan SALES. (SALES & MARKETING MYOPIA)
Semoga bermanfaat
#KeepSharing
#KeepLearning
#SpreadKnowledge
#KulinerIndonesia
Foodizz
1st F&B EduTech in Indonesia
Belajar Bisnis Kuliner ..... Yah di Foodizz.
www.foodizz.id
www.sekolahkuliner.com
Join Telegram Group di t.me/foodizzid
*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.
Sumber Gambar: Unsplash.com
Diunggah {{ article.formatted_published_at }}