Salah satu pertanyaan yg muncul beberapa hari lalu di kolom Q&A Foodizz yang jawabannya hanya penanya dan Tuhan yang tau gimana solusi nya hehe..
Temen-temen kuliner, setiap masalah jualan itu ada dua pokok bahasan penting, yaitu penyebab dan solusinya, jadi sebelum kita tau atau jump in to solusi kita harus cari tau dulu apa penyebab penjualan kita turun atau tidak naik-naik, jadi tanpa tau penyebabnya, solusi bisa jadi tidak efektif, bias ato malah membuat cost perusahaan makin naik.
Sebagai contoh, "Kok jualan beberapa bulan ini turun terus yah, ok segera pasang iklan di influencer" eh setelah pasang iklan, spending budget lumayan besar ternyata hasilnya PODO WAE, ga ada hasil apa-apa malah sales makin turun terus kita malah sibuk nyalahin influencernya, ga efektif lah, ga ok lah kontennya, dll, padahal kenyataannya konsumen sudah tidak lagi datang ke outlet kita karena BOSEN, produk kita sudah tidak RELEVAN lagi buat mereka sehingga REASON TO BUY nya udah ga ada. Lah klo seperti ini khan mau BAKAR budget berapapun akan berakhir tidak efektif sebetulnya.
Jadi kembali lagi, cari tau dulu apa penyebabnya, sehingga sales kita bisa turun dan tidak bisa mencapai targetnya dalam waktu beberapa bulan ke belakang. Ok, kemudian apa yang harus dicari tau, gitu kan yah pertanyaan selanjutnya, ada 3 hal yang perlu dicari tau jika bicara dalam konteks marketing untuk melakukan analisa penyebab sales tidak sesuai target atau cenderung terus turun
1. Konsumen.
Konsumen Existing
Calon Konsumen Baru
Dari cari tau ini kita akan mendapatkan INSIGHT atau "AHAA" yang akhirnya kita membuat program dan langkah yang tepat.
2. Kompetitor
Dari sini kita juga bisa mendapatkan INSIGHT dan "AHAA" sehingga tau akhirnya kenapa konsumen lebih memilih datang ke pesaing dan tau apa yang harus kita lakukan untuk bisa bersaing.
3. Company
Nah coba check lagi juga di internal perusahaan kita, jangan-jangan sales turun itu karena "KITALAH" sebabnya, misal:
Banyak tentu yang perlu di review terkait internal kita, tapi kembali lagi ketika kita tau FAKTA dan DATA di internal kita baru kita bisa membuat SOLUSI terhadap penurunan sales.
Mengabungkan ketiga hal di atas untuk di analisa SEBAB sales turun tentu yang terbaik karena kita bisa mendapatkan GAMBARAN yang jelas tentang sebab dan SOLUSI yang akan digunakan untuk mendorong kembali SALES.
Contoh, misalnya konsumen merasa brand kita sudah tidak KEREN dan RELEVAN, artinya solusinya adalah bagaimana caranya membuat kita kembali RELEVAN dan KEREN, misalnya meluncurkan MENU BARU yang KEKINIAN dengan media yg juga kekinian seperti TikTok serta mengaktivasi nano influencer misalnya.
Dari sisi design outlet juga kita remajakan kembali sehingga Millenial atau Gen Z banget.
Gimana klo tidak ada data yang jelas, tau-tau solusi kita ada pasang iklan SEPORADIS, PERCUMA khan karena bukan itu yang diingikan oleh konsumen ataupun target market kita, mereka ingin brand kita RELEVAN dan KEREN buat mereka.
Semoga bermanfaat
Foodizz
Buat yang belajar topik detail seputar kuliner silahkan langsung cek https://www.foodizz.id/online-course
Semoga Bermanfaat.
Foodizz
1st F&B EduTech in Indonesia
Belajar Bisnis Kuliner ..... Yah di Foodizz.
www.foodizz.id
www.sekolahkuliner.com
Join Telegram Group di t.me/foodizzid
*Buat temen-temen yang mau copas artikel silahkan ajah ga perlu minta izin asal mencantumkan sumber artikelnya, yaitu www.foodizz.id/blog. Yuk hargai karya dan usaha orang lain dalam membuat konten.
Sumber Gambar: unsplah.com
Diunggah {{ article.formatted_published_at }}